Operet Drama Natal



OPERET DRAMA NATAL

(Tentang Kelahiran Yesus Kristus )

Karya : Nanang Dwi Jaryanto, S.Th


Sumber cerita diambil dari : Kitab Lukas 1 :26-38, Lukas 2 : 1-18, Matius 1 : 18-2 : 1-23 )

Narator :
Pada mulanya adalah Firman, lalu Firman itu digenapi oleh Allah, yaitu dengan diberikannya Sang Juru Selamat, dimana Tuhan sendiri yang datang ke dunia menjilma menjadi manusia di dalam diri Yesus Kristus ,untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa-dosa.

…………… PEMERAN “ MARIA & YUSUF “ Masuk ke panggung berjalan bareng/ bersama

Narator :
Di sebuah kota kecil di Galelia yang bernama Nazaret, tinggallah  suatu keluarga dari  seorang perawan yang bernama Maria. Kala itu Maria sudah bertunangan dengan Yusuf dari keluarga Daud. Mereka saling mengasihi dan mereka adalah orang yang taat, patuh serta beriman pada Tuhan.

( Setelah Narator berhenti membaca………. )

………PEMERAN YUSUF KELUAR PANGGUNG ( Maria tetap berada di panggung )


Narator ( pengisi suara Yusuf ) berkata : …..“ Maria, saya pamit pulang dulu ya!”

Narator ( pengisi suara Maria )  berkata:   …“Baiklah !”



Narator :
Malam kian bertambah larut, Maria lalu masuk ke dalam kamarnya.
Malam itu Tuhan Allah menyuruh Malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galelia yang bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang telah bertunangan dengan Yusuf, yaitu Maria.

………. PEMERAN “ MALAIKAT “ Masuk Ke panggung ………

Narator ( pengisi suara Malaikat ) berkata :
“Salam, hai engkau yang diberkati, Tuhan menyertai engkau.

Narator :
Maria terkejut mendegar perkataan itu, lalu bertanya dalam hatinya, apa arti salam itu ?”

Narator ( pengisi Suara Malaikat ) berkata :

“ Jangan takut hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia dihadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus, karena Dialah  yang akan menyelamatkan umatNya dari dosa . Hal itu terjadi supaya genaplah yang diFirmankan Tuhan melalui para Nabi.


Narator ( pengisi suara Maria  ), berkata :

“ Bagaimana hal itu mungkin terjadi ?”, karena aku belum bersuami ?”


Narator ( pengisi suara Malaikat), berkata :

“Roh Kudus akan turun atasmu, dan Kuasa Allah Yang Maha tinggi akan menaugi engkau, sebab anak yang akan kamu kandung itu akan disebut  Kudus, anak Allah.
“Sebab bagi Allah tidak ada sesuatu yang mustahil “



Narator ( pengisi suara Maria ), berkata :
“Sesungguhnya aku ini adalah hambaMu Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanMu  itu “.


……………….Lalu MALAIKAT KELUAR DARI PANGGUNG .

……………… TAK LAMA MALAIKAT5 KELUAR PANGGUNG, Maria menyusul keluar dari panggung

…………………YUSUF Masuk panggung Sendirian………..
( Yusuf berjalan masuk panggung sedih, merenung, bingung )


Narator :
Ketika  Yusuf mengetahui bahwa Maria tunangannya kini telah mengandung, Yusuf bermaksud ingin menceraikan Maria secara diam-diam.  Tujuan Yusuf yaitu agar tidak mencemarkan nama baik Maria, karena Yusuf belum tahu kejadian yang sebenarnya saat itu.
Yusuf tampak murung, bingung, dan masih mempertimbang-timbangkan keinginannya itu. ….Tiba-tiba… datanglah Malaikat Tuhan menjumpai Yusuf ….


PEMERAN  MALAIKAT ………… Memasuki panggung lagi, lalu menjumpai Yusuf.


Narator ( pengisi suara Malaikat ), berkata :

“ Yusuf anak Daud, janganlah Engkau takut mengambil Maria sebagai istrimu, sebab bayi yang dikandungnya itu adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus hal itu terjadi supaya genaplah yang di Firmankan Tuhan kepada para Nabi “.


Narator :
Sesudah mengetahui kejadian yang sebenarnya dari Malaikat Tuhan, Yusuf pun mengurungkan niatnya untuk menceraikan serta meninggalkan Maria.

…………PEMERAN YUSUF …. Keluar dari panggung.

…………PEMERAN YUSUF DAN MARIA…. Berjalan memasuki panggung berdua, terlihat hubungan mereka terlihat sangat rukun.

Narator :
Kini Maria dan Yusuf sudah mengetahui bahwa bayi yang dikandung Maria adalah karena Kuasa Roh Kudus, dan bayi yang dikandungnya adalah “Sang Juru Selamat “.
Mereka berdua menjaga bayi yang dikandung Maria dengan baik dan bertanggung jawab, sebagi hamba Tuhan yang setia. Yusufpun menikahi Maria, Yusuf berjanji sebelum lahir bayi Yesus tak akan menyentuh Maria

……………...Pemeran Kaisar, prajurit, petugas sensus masuk panggung ……….

Narator  :
Sebagai hamba Tuhan yang setia dan sebagai warga negara yang baik serta bertanggung jawab, ketika Kaisar Roma memerintahkan rakyatnya untuk mendaftarkan dirinya untuk di catat atau di sensus, Maria dan Yususfpun pergi ke kota Nazaret ke Betlehem untuk ikut dicatat sebagai rakyat di negeri Roma. Maria kala itu sudah mengandung 9 bulan, berjalan berdua dengan Yususf pergi ke kota Betlehem.

………..( Karena hari sudah malam, sensus penduduk dilanjutkan besok lagi ) …..

 ………….. Pemeran Kaisar, Prajurit, petugas sensus keluar panggung ………


Pemeran MARIA & YUSUF memasuki panggung berjalan , menuju tempat sesus tetapi sudah tutup.

……. MARIA & YUSUF ….. tetap berjalan di panggung …………


Narator :
Maria dan Yusuf sampai di Betlehem, tetapi sudah terlambat. Hari mulai malam, mereka pun sudah kelihatan sangat letih, terlebih Maria yang telah mengandung 9 bulan lebih.
Maria dan Yusufpun  akhirnya mencari tempat penginapan untuk beristirahat. Satu persatu penginapan mereka datangi, namun semuanya telah penuh sesak oleh orang , karena hari itu banyak orang datang dari penjuru daerah kekuasaan Roma datang ke Betlehem  untuk ikut sensus. Tak putus asa mereka mencari penginapan lain, tetapi tidak satupun kamar yang kosong. Semua kamar telah penuh, hingga larut malampun mereka tidak mendapat tempat penginapan utuk beristirahat. Karena sudah sangat lelah, Maria dan Yususf yang tidak mendapatkan tempat untuk menginap akhirnya beristirahat di sebuah kandang domba yang kosong, kotor, bau, dan sangat tidak layak untuik beristirahat.

PEMERAN …MARIA & YUSUF menuju ke kamdang domba dan beristirahat ….., Yusuf tetap tejaga dan memperhatikan Maria


Narator :
Di tengah keheningan dan kesunyian malam, di sebuah kandang domba tempat Maria dan Yusuf beristirahat, tiba-tiba perut Maria terasa sakit dan serasa akan melahirkan, tak lam kemudian terdengar suara … “Oek….. Oek…..Oek,….. tangis seorang bayi lahir.
Dialah Yesus sang Juru Selamat yang telah dinanti-nantikan itu kini telah lahir ke dunia ini. Maria pun lalu membungkus bayi Yesus dengan kain, lalu meletakkannya di dalam sebuah palungan. Mereka berdua sangat gembira, bahagia , lalu duduk menyembah Dia.

…………… PARA GEMBALA ………….. mendekat Panggung, naik di pinggir panggung…


Narator :
Didaerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang rumput menjaga kawanan ternak mereka. Tiba-tiba berdirilah Malaikat Tuhan di dekat mereka, dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka, dan mereka sangat ketakutan.

…………… MALAIKAT … Masuk panggung, ….


Narator ( pengisi suara MALAIKAT ), Berkata :
“ Jangan takut , sebab sesungguhnya aku datang untuk memberitahukan kesukaan besar untuk seluruh bangsa. Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yakni Kristus, Tuhan di kota Daud. Daninilah tandanya: “Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus lampin dan terbaring di dalam palungan”.

Narator ( pengisi suara GEMBALA ) : “ Kemuliaan Bagi Allah di tempat yang maha tinggi”

……. Salah satu  gembala berkata : “ Marilah kita pergi dan mencari sang juru selamat seperti yang telah diberitahukan Malaikat kepada kita !”

……(PARA GEMBALA PUN PERGI  mencari sang Juru Selamat) , …..

….setelah naik ke panggung berputar, pemeran Gembala melihat bayi Yesus di palungan  
…..lalu berkata …..







Narator ( pengisi suara GEMBALA ) :

“ Kemuliaan Bagi Allah di tempat yang maha tinggi”  Terpujilah Allah , terpujilah Engkau Yesus , Sang Juru Selamat kami”

“ Salam Bunda Maria dan Bapa Yusuf, kami sangat senang Allah telah datang dalam diri Yesus, yang aka menyelamatkan kita semua dari dosa, yang akan menebus dosa kita”
“Betapa senang dan bahgia kami melihat Sang Mesias , Sang Juru Selamat”

“ Salam Bunda Maria dan Bapa Yusuf, terima kasih kami akan melanjutkan tugas kami, terpujilah Allah kekal selamanya. Damai Sejahtera buat kita semua.


GEMBALA …. Meninggalkan panggung,sambil berteriakmemberitakan kabar kesukaan


: “Puji Tuhan , Kristus telah datang, sang Juru selamt telah lahir ke bumi, terpujilah namaNya kekal selamanya !”

Narator :
Sesudah Yesus dilahirkan di kota Betlehem, di tanah Yudea, orang-orang Majus dari Timur datang ke Yerusalem untuk mencari dan menyembah Yesus.Orang Majus bertanya-tanya kepada Herodes, namun Dia tidak tahu. Bahkan Herodes secara diam-diam akan mencari dan menyuruh Prajuritnya untuk membunuh Sang Mesias, Yesus sang raja. Herodes tak ingin tersaingi.
Perkataan Herodes itu didengar oleh orang-orahng Majus,. Orang Majus pergi dan mencari sendiri .

Orang Majus terus berjalan tak kenal lelah , pergi mencari Sang Juru Selamat, Sang Mesias yang telah lahir itu . Orang Majus hanya mengandalkan cahaya sinar bintang yang diyakini akan menunjukkan  tempat dimana Sang Mesia berada.

Memang benar, bintang  terang yang bersinar itu telah menunjukkan kepada orang majus kepada tempat dimana bayi Yesus sang Mesias berada.

Akhirnya Orang majus menemukan bayi Yesus, …


Narator ( Pengisi Suara Orang Majus ) :
“ Puji Tuhan Halleluya, akhirnya Tuhan menunjukkan tempat dimana Sang Mesias Berada.”
“Sal;am Bapa Yusuf dan Bunda Maria, kami bahagia dapat diperkeankan Tuhan melihat langsung Sang Mesias, Sang juru Selamat   , Yesus Kristus Allah yang telah menjelma menjadi manusia untuk menebus dosa kita “

 ….. Beberapa saat kemudian orang MAJUS  memberikan persembahan bagi Sang Juru Selamat, yaitu : Mas, Mur dan Kemenyan “


Narator :
Sebelum Orang Majus pergi dari tempat dimana Yesus dilahirkan, orang Majus berpesan agar Maria dan Yusuf segra pergi, karena sang Raja Herodes berniat jahat kepada mereka serta kepada bayi Yesus.

Narator ( Pengisi Suara Orang Majus ) :
‘Ijinkan kami melanjutkan perjalanan, dan segeralah Bapa Yusuf serta  Bunda Maria pergi untuk membawa Sang Mesias.

(… Orang Majus pun pergi …. )






Narator :
Setelah mendengar kabar dari orang Majus itu,  Maria dan Yusuf pun lalu membereskan bekal mereka dan membawa bayi Yesus pergi dari tempat itu menuju ke kota lain, agar tidak ditemukan oleh Raja Herodes. Yesus akhirnya datang menyelamatkan kita dari dosa, kelahirannya, kehadirannya membawa damai sejahtera bagi kita semua  . Amin 

Demikian tadi operet Drama Natal tentang kelahiran Yesus Kristus. Tuhan memberkati.


Semua Pemain masuk panggung, lalu menyanyikan lagu : “ Kesukaan Bagi Dunia “


………………selesai ………………….

Keterangan :

Jumlah Pemain                                  : ………………………………………………

1.  Pemain / Pembaca Narator                     : ……………………………………………..
2.  Pemeran    Maria                                      : …………………………………………….
3. Pemeran  Yusuf                                        : …………………………………………….
4. Pemeran Malaikat I                                  : ……………………………………………
5. Pemeran Malaikat II                                 : …………………………………………….
6. Pemeran Gembala I                                  : ……………………………………………
7. Pemeran Gembala II                                : …………………………………………….
8. Pemain Gembala III                                 : …………………………………………….
9. Pemain Raja Herodes                               : …………………………………………….
10. Pemain Prajurit I                                    : …………………………………………….
11. Pemain Prajurit II                                   : …………………………………………….
12. Pemain Prajurit III                                 : …………………………………………….
13. Pemain Petugas Sensus                           : …………………………………………….
14. Pemeran Orang Majus I                         : ……………………………………………
15. Pemeran Orang Majus II                       : ……………………………………………
16. Pemeran Orang majus III                      : ……………………………………………





-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

0 Response to "Operet Drama Natal "

Post a Comment