RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )
Satuan
Pendidikan : SMP ------------------------
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/
Semester :
VII (Tujuh) / 1
Alokasi
Waktu : 6 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
Ki.1 Ki.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Ki.2 Ki.2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Ki.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Ki.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar, dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
1.4
Menghayati sikap rendah hati, peduli, dan solidaritas terhadap sesama
mengacu pada Alkitab
2.4
Bersikap rendah hati, peduli, dan solidaritas terhadap
sesama mengacu pada Alkitab
3.4
Menganalisis sikap rendah hati, peduli, dan solidaritas
terhadap sesama dengan mengacu pada Alkitab
4.4 Membuat proyek yang berkaitan dengan sikap rendah hati, peduli, dan
solidaritas
C.
Indikator
1. Menjelaskan
arti rendah hati, peduli dan solidaritas
2. Mengidentifikasi contoh perilaku rendah hati, peduli dan
Solidaritas ditengah masyarakat yang majemuk.
3. Menceritakan secara singkat
solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah Orang Samaria yang baik
hati dalam Lukas 10: 25-37.
4. Menceritakan sikap yang perlu di teladani
dari kisah orang Samaria.
5.
Mengeksplorasi contoh sikap solidaritas
di tengah masyarakat majemuk berdasarkan pengalaman yang pernah dialami peserta
didik.
6. Mengeksplorasi sikap solidaritas yang
diajarkan dalam Alkitab.
7.
Merancang program kegiatan sosial yang dilakukan ditengah masyarakat yang
majemuk
Melaksanakan
program kegiatan sosial dalam tugas proyek selama seminggu.
8.
Mempresetasikan hasil tugas proyek melakukan kegiatan sosial perkelompok.
D. Materi Pembelajaran
Membangun Solidaritas
di tengah Masyarakat Yang Majemuk
E.
Sumber
Belajar
·
Alkitab
·
Buku Siswa dan Buku guru
·
Situs Internet
·
Lingkungan Masyarakat sekitar
·
Sumber belajar lain yang mendukung
F.
Media
dan Alat Pembelajaran
·
Slide Power Point
·
Film Cerita Daud dan Yonatan, naskah
drama Orang Samaria yang murah hati
·
Bahan Tugas Proyek mengunjungi Panti
sosial.
G. Langkah – langkah Kegiatan
Pembelajaran
1) Pendahuluan ( 10 menit )
-
Peserta didik memberi salam kepada Guru
-
Guru mengecek kehadiran peserta didik
-
Doa Pembukaan
-
Bernyanyi : “ Oh Betapa Indahnya, dan
betapa eloknya bila saudara hidup dalam persatuan”
-
Apersepsi pemahaman peserta didik
tentang materi yang lalu tentang Solidaritas di tengah kehidupan Jemaat yang
pertama.
2) Kegiatan Inti ( 100 menit )
-
Peserta didik menjelaskan arti peduli dan solidaritas
-
Mengidentifikasi alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai
masyarakat majemuk.
-
Memahami arti solidaritas dalam
masyarakat majemuk.
-
Menanya dan menceritakan secara
singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah orang Samaria yang
murah hati dalam Lukas 10: 25-37.
-
Menanya dan menjelaskan sikap yang
perlu di tauladani dari kisah orang Samaria yang baik hati.
-
Mengeksplorasi dan berbagi pengalaman tentang contoh sikap
solidaritas di tengah masyarakat majemuk berdasarkan pengalaman yang pernah
dialami peserta didik.
-
Mengeksplorasi dan menyebutkan sikap
solidaritas yang diajarkan dalam Alkitab.
-
Merancang program kegiatan sosial yang
dilakukan ditengah masyarakat yang majemuk.
-
Melaksanakan program kegiatan sosial
dalam tugas proyek selama seminggu.
-
Mempresetasikan hasil tugas proyek melakukan
kegiatan sosial per-kelompok.
3)
Penutup (
10 menit )
-
Peserta didik dan Guru membuat
kesimpulan tentang arti serta contoh sikap solidaritas dalam masyarakat
majemuk.
-
Berdoa dipimpin oleh Peserta didik.
H. Penilaian
1)
Pengetahuan :
Tes
Lisan dan Tes Tertulis
Jawablah
dengan uraian yang jelas dan tepat !
1.
Jelaskan arti peduli dan solidaritas !
2.
Mengapa masyarakat Indonesia disebut
sebagai masyarakat majemuk?
3.
Ceritakan secara singkat solidaritas
yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah
Orang
Samaria yang baik hati dalam Lukas 10:
25-37 !
4.
Jelaskan sikap yang perlu di tauladani
dari kisah orang Samaria!
5.
Sebutkan dua contoh sikap solidaritas
di tengah masyarakat majemuk berdasarkan pengalaman yang pernah dialami peserta
didik!
Penilaian = scor yang diperoleh X 100
5
Contoh : 4 x 100 = 80
5
2)
Penilaian
Diri : Angket
Dibawah ini sikap yang berkaitan
dengan solidaritas dalam masyarakat majemuk.
Tentukan
pilihanmu, apakah sikap-sikap tersebut salah
atau benar. Berilah tanda √ ( ceklis) pada sikap yang menurut kamu benar
atau salah !
No.
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Ketika
terjadi banjir di lingkungan tempat tinggalmu kebetulan rumahmu tidak terkena
banjir. Keluargamu memutuskan untuk menolong korban banjir. Tapi yang akan
ditolong hanya orang yang beragama Kristen dan sama sukunya dengan
keluargamu. Apakah sikap ini benar jika dikaitkan dengan solidaritas dalam
masyarakat majemuk?
|
||
2.
|
Ketika
pulang sekolah dengan teman-teman, di jalan ada seorang kakek minta tolong
pada kalian untuk mengantarnya ke mesjid terdekat, teman-temanmu tidak mau
menolong karena kakek itu bukan orang Kristen. Akhirnya kamu sendiri yang
mengantar kakek itu karena semua temanmu meninggalkanmu.
|
||
3.
|
Ada teman
yang mengajak kamu dan teman-teman lain untuk membuat kelompok yang hanya
terdiri dari remaja yang agamanya sama dan sama-sama kaya.
|
||
4.
|
Kamu tahu
bahwa temanmu yang beragama Islam tengah menjalani puasa di bulan Ramadhan
tetapi kamu makan makanan yang lezat di depan dirinya.
|
||
5.
|
Di tempatmu
terjadi kekacauan karena ada seorang pendatang dari daerah lain yang
menyakiti penduduk setempat. Orang di lingkungan desamu mencari semua orang
yang berasal dari daerah yang sama dengan orang itu untuk melakukan
pembalasan.
|
(Masing-
masing nomor memperoleh skor 10)
Penilaian : 50
x 100 = 100
50
Contoh : 40 x 100 = 80
50
3)
Ketrampilan : Membuat
Program kegiatan sosial, Melaksanakan
proyek kerja
kegiatan sosial di tengah masyarakat
majemuk.
LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN
PENILAIAN TUGAS PROYEK
Nama Kelompok : ………………….....
Anggota :
……………………. …………………..
……………………. …………………..
Kelas / Semester :
…………………….
Materi : Membangun solidaritas di Tengah
Masyarakat Majemuk
Kisi-kisi
No
|
Tahap
|
Indikator
|
Nilai
(1-4)
|
1.
|
Perencanaan
|
Ø Menentukan
proyek
Ø Merancang
langkah-langkah kunjungan dari awal sampai akhir
Ø Menyusun
Jadwal pelaksanaan
|
|
2.
|
Pelaksanaan
Laporan
|
Ø Menyelesaikan
proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru
Ø Mempresentasikan
hasil proyek kunjungan
|
|
3.
|
Laporan
Proyek
|
Ø Evaluasi
Proses
Ø Evaluasi
hasil
Ø Kesan dan
pengalaman iman yang diperoleh
|
Skor
: Jumlah skor yang diperoleh
X 100 = (5x4 ) X 100 = 100
Skor
Maksimal 20
Rubrik Penilaian :
No
|
Tahap
|
Indikator
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Perencanaan
1) Merancang
langlah-langkah kunjungan dari awal sampai akhir
2) Menyusun
Jadwal pelaksanaan
|
Apakah
kegiatan dan judul kunjungan Sosial sesuai
yang diinformasikan ?
Apakah jadwal yang disusun sesuai dengan yang
dilaksanakan?
|
||
2.
|
Pelaksanaan
Laporan
3) Menyelesaikan
proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru
4) Mempresentasikan
hasil proyek kunjungan
|
Apakah
jadwal pelaksanaan sudah direncanakan dengan matang?
Apakah terdapat kerjasama yang kerja baik dalam kelompok mengunjungi Panti
social ?
|
||
3.
|
Laporan Proyek
5)
Evaluasi Proses
Evaluasi hasil
Kesan dan
pengalaman iman yang diperoleh
|
Apakah
pengalaman iman didapatkan ?
|
Skor
: Jumlah skor yang diperoleh
X 100
Skor
Maksimal
Contoh
= ( 4x4 ) X 100 = = 16 X 100 = 160 = 80
20 20
20
Jakarta, ..................
Mengetahui :
Kepala
Sekolah SMP …………… Guru
Agama Kristen
…………………………………… ……………………………..
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah :
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………