SINTAK MODEL PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM
2013
REVISI
Descovery
Learning , Inquiry Terbimbing, Problem Based Learning,
Problem
Solving Learning jenis Trouble Shooting,
Project
Based Learning , Production
Based Trainning
Model Pembelajaran Descovery Learning
1)
Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan)
2)
Problem
Statement (Pernyataan/ Identifikasi Masalah)
3)
Data
Collection (Pengumpulan Data)
4)
Verification (Pengolahan
Data dan Pembuktian)
Generalization (Menarik Kesimpulan/Generalisasi)
Model
Pembelajaran Inquiry Terbimbing
1)
Orientasi masalah;
2)
Pengumpulan
data dan verifikasi
3)
Pengumpulan
data melalui eksperimen;
4)
Pengorganisasian
dan formulasi eksplanasi,
5)
Analisis proses inkuiri.
Model Pembelajaran Problem Based Learning
(Bransford
&Stein, dalam Jamie Kirkley /2003 : 3 )
1)
Mengidentifikasi
masalah;
2)
Menetapkan
masalah melalui berfikir tentang masalah dan menseleksi informasi-informasi
yang relevan;
3)
Mengembangkan
solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan
mengecek perbedaan pandang.
4)
Melakukan
tindakan strategis
5)
Melihat
ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan.
Model Pembelajaran Problem Solving Learning jenis Trouble Shooting
(David H. Jonassen (2011:93)
1)
merumuskan uraian masalah;
2)
mengembangkan kemungkinan penyebab;
3)
mengetes penyebab atau proses diagnosa;
4)
mengevaluasi “
Model Pembelajaran Project Based Learning
1)
Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question).
2)
Mendesain Perencanaan
Proyek
3)
Menyusun Jadwal (Create
a Schedule)
4)
Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the
Students and the Progress of the Project)
5)
Menguji Hasil (Assess
the Outcome)
6)
Mengevaluasi Pengalaman
(Evaluate the Experience)
Sintak Production
Based Trainning
1)
Perencanaan Produk
2)
Proses produksi
3)
Mengevaluasi Produk
(melakukan kendali mutu)
4)
Mengembangkan rencana
pemasaran
(G. Y. Jenkins, Hospitality 2005)