SILABUS AGAMA KRISTEN BERKARAKTER ( EDIT LAGI YA )



SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )  BERKARAKTER
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                     :  I / I MENYANYI DAN BERDOA
Standar Kompetensi               :  Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya dalam relasi dengan ciptaan lainnya.
Waktu                                                 :  32 Jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8

1. Siswa mampu menerima keberadaan  dirinya sebagai pemberian Allah


1. Siswa menerima dirinya sebagai pemberian Allah dengan cara merawat tubuhnya, menghargai dirinya serta memiliki   karakter yang baik Terhadap bangsa dan negara

1.    Bersyukur pada Allah atas keberadaan dirinya melalui doa dan nyanyian.




2.    Menceritakan keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah






3.    Bersuka cita atas keberadaan dirinya






4. Hidup bersih dan teratur

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil


1.    Memuji Allah melalui Nyanyian
2.    Memuji Allah melalui doa
3.    Memuji Allah melalui nyanyian dan doa dengan benar  



1.    Manusia pertama ciptaan Allah yang paling mulia








1.    Fungsi anggota tubuh
2.    Hubungan anggota tubuh






1. Kebersihan tubuh

1.1     Menyebutkan alasan perlu mensyukuri keberadaan dirinya
1.2     Menceritakan cara bersyukur melalui pemeliharaan tubuhnya
1.3     Mempraktekkan cara berdoa dan bernyanyi dengan benar

2.1     Bersyukur melalui nyanyian dan doa
2.2     Menyebutkan beberapa contoh ciptaan Allah
2.3     Menceritakan keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah
2.4     Mengamati ciptaan Allah yang ada di sekitar sekolah
2.5     Mengakui bahwa dirinya adalah ciptaan Allah

3.1 Menggambarkan dirinya sebagai ciptaan Allah
3.2 Menceritakan fungsi dan kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Bersuka cita atas keberadaan dirinya melalui nyanyian

4.1 Menyebutkan alasan perlunya hidup bersih
4.2 Menceritakan pengalaman memebersihkan diri dan kesulitan yang di hadapi
4.3. Mengemukakan pendapat tentang bahaya jika hidup kotor: misalnya muncul penyakit.
4.4 menyukai hidup bersih melalui cara memakai baju, sepatu, tas buku yang bersih




4 Jam







4 Jam








4 Jam








4 Jam




4         Jam




Sumber :
·  Alkitab
· Buku nyanyian anak
·Buku teks
·Pengalaman siswa

Alat :
·  Gambar,radio, tape,
·  kaset lagu rohani,
·  alat musik daerah,
·   Perlengkapan mengambar


·  Lisan/tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya



Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
2.Siswa mampu
Menjawab kasih Allah dengan cara mengasihi keluarga



1. Siawa mensyukuri kasih Allah dengan cara
1.   Menjelaskan makna pemeliharaan Allah atas keluarganya dan sebagai anak bangsa  dengan cara hidup disiplin, bertanggung-jawab, saling menghormati perbedaan , mau hidup gotong-royong serta bersikap tingkah laku yang baik.

2.   Mensyukuri kasih Allah yang di alami dalam keluarga 




3.   Mengasihi anggota keluarga










4.   Menjawab kasih orang tua melalui perbuatan baik

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil











1. Tanggung Jawab anggota keluarga











2. Hak dan kewajiban anggota keluarga





3.   Saling mengasihi diantara anggota keluarga










4.   Contoh perbuatan baik dan buruk

1.1  Menyebutkan beberapa alasan mengapa manusia perlu dipelihara hidupnya oleh Allah
2.1    Menceritakan cara orang tua merawat dirinya seperti Allah merawat dirinya
3.1    Berm ain drama tetntang tanggung jawab sebagai anggota keluarga
4.1  Mengakui dirinya membutuhkan pemeliharaan Allah agar hidupnya sehat
5.1 Menghormati perbedaan yang ada di dalam keluarga
2.1 Menyebutkan wujud kasih yang dirasakan dari orang tua sebagai kasih Allah.
2.2 Menceritakan pengalamannya dikasihi dalam keluarganya
2.3 Bersyukur melalui doa atas kasih Allah kepada keluarganya
3.1 Menyebutkan alasan mengapa harus mengasihi anggota keluarga
3.2 Menceritakan pengalamannya mengasihi anggota keluarga, misalnya membantu orang tua, saling membantu, memberi kado dll.
3.3    Mempraktekkan Siakp Saling menghormati, hidup bergotong royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam keluarga .
3.4    Mengasihi anggota keluarga
4.1 Menyebutkan alasan mengapa perlu bersyukur atas kehadiran keluarga bagi dirinya
4.2 Menceritakan kesulitan jika tidak memiliki keluarga yang mengasihinya
4.3 Mengamati kehidupan keluarga yang mengasihinya serta melakukan perbuatan yang baik
4.4 Menuruti nasehat orang tua

4 jam












4 jam





4 jam

Sumber :
·  Alkitab
· Buku nyanyian anak
·Buku teks
·Pengalaman siswa

Alat :
·  Gambar,radio, tape,
·  kaset lagu rohani,
·  alat musik daerah,
·   Perlengkapan mengambar


·  Lisan/tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya





SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                 :  I / 2
Standar Kompetensi                          :  Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya dalam relasi dengan ciptaan lainnya..
Waktu                                                   :  32 Jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
3. Siswa mampu mensyukuri alam ciptaan Tuhan











4. Siswa mampu mensyukuri hidup bersama dengan orang lain

1.Siswa mampu mensyukuri ciptaan Allah dengan cara memelihara alam ciptaan Allah









1. Siswa  menunjukkan sikap saling membutuhkan
  orang lain dalam hidupnya













2. Siswa membangun kehidupan bersama orang lain dalam hidup pribadi pertemanan dan persahabatan
1.  Menceritakan bahwa Allah pencipta bumi dan segala isinya





2. Memelihara ciptaan Allah di lingkungan
nya




1.    Bersyukur bahwa Allah menciptakan manuisia tidak sendirian





2.    Menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya








1. Memenrima keberadaan orang lain yang berbeda dengan dirinya

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil

1. Allah menciptakan bumi dan segala isinya





1.    Pemeliharaan ciptaan Allah








1.    Cara Bersyukur






1. Saling membutuhkan
( contoh Kejujuran )










1. Menghargai perbedaan
1.1  Menyebutkan ciptaan Allah tentang alam semesta
1.2  Membedakan ciptaan Allah dengan buatan manusia
1.3 Bersyukur atas alam semesta ciptaan Allah yang terus dipelihara

2.1 Menyebutkan ciptaan Allah yang ada di sekitar sekolah dan rumahnya
2.2 mempraktekkan pengalamannya memelihara ciptaan Allah, misalnya binatang kesayangan, tanaman dan laian-lain.
2.3 menghargai dan memelihara ciptaan Allah yang ada dilingkungannya

      - Menyebutkan  alasan mengapa dirinya memerlukan teman dan saudara
      -Bermain drama tentang perlunya hidup bersama dengan orang lain
      -Bersyukur melalui nyanyian kepada Allah karena dirinya tidak sendirian

      -Menyebutkan mengapa dirinya membutuhkan orang lain ( teman , dll)
      -Menceritakan pengalaman jika tidak memiliki teman atau sahabat
      -Bermain drama tentang hidup yang saling menghargai dan tolong menolong
      -Mengakui bahwa dirinya membutuhkan teman dan sahabat

-Menyebutkan contoh sikap berteman dan bersahabat yang benar
                -Menceritakan pengalamannya memiliki sahabat dan teman
-Bermain peran tentang hidup bersama dalam perbedaan
-Membangun persahabatan dan pertemanan di sekolah


6 Jam





6 jam










6 Jam



6 jam

Sumber :
·     Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·     Gambar


·     Lisan / tertulis
·     Penampilan
·     Unjuk kerja
·     Unjuk Karya


SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                      : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                    :  II / I
Standar Kompetensi                             :  Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui  tanggung-jawabnya
   dalam kelurga.
Waktu                                                    :  32 Jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
5. Siswa mampu mensyukuri  kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa



























6. Siswa mampu mengasihi teman dan guru di sekolah dengan benar
5.    Siswa mensyukuri  kenyataan –kenyataan pluralisme yang ada





























Siswa bergaul, mengasihi semua orang tanpa melihat perbedaan yang ada
1.    Menyebutkan bermacam-macam suku bagsa,agama dan bahasa di Indoonesia







2. Menyebutkan beberapa bangsa








2.        Menceritakan bahwa Allah mencintai semua suku dan bangsa









1. Mempraktekkan sikap mengasihi teman-teman yang berasal dari berbagai latar belakang

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil




Berbagai macam suku, bangsa , agama dan bahasa








Beberapa macam nama bangsa di dunia, khususnya yang ada di Indonesia






Tuhan mengasihi semua bangsa










Berteman tanpa membedakan latar belakang

1.1     Menyebutkan bermacam-macam suku, bangsa, bahsa dan agama
1.2     Menceritakan pengalamannya memiliki teman dan saudara yang berbeda suku, bangsa, agama
1.3     Bersayukur melalui  nyanyian bahwa dirinya bersama dengan orang lain berbeda.

2.1 Menyebutkan nama macam-macam bangsa
2.2 Mencritakan ciri khas yang membedakan satu bangsa dengan bangsa lain
2.3 Bermain drama tentang sikap yang tepat terhadap bangsa-bangsa yang adas disekitarnya
2.4 Menghargai perbedaan tiap bangsa
3.1 Menyebutkan alasan mengapa perlu menghargai bangsa-bangsa ciptaan Allah
3.2 Bernyanyi dengan gerakan tangan dan kaki bahwa Allah mencintai semua bangsa.
3.3 Bermain peran tentang perlunya saling mengasihi diantara bangsa-bangsa
3.4 Memiliki sikap saling mengasihi antara bangsa-bangsa

1.1 menyebutkan contah bagaimana sikap seorang siswa kristen dalam berteman dengan berbeda latar belakangnya
1.2 Menceritakan pengalaman yang pernah dialaminya dengan teman yang berbeda latar belakangnya





7 Jam










7 Jam









7 jam






Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya





















Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8









2.    Bergaul dengan semua teman tanpa memilih-milih






3.    Menjalin persahabatan dengan teman-teman









4.    Mengasihi semua orang tanpa melihat perbedaan yang ada

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil










Berteman tanpa membedakan latar belakang



Bergaul dengan semua teman tanpa memilih-milih






Menghargai Perbedaan









Mengasihi semua orang

1. 3 Mewarnai gambar tentang perlunya saling mengasihi dengan teman yang berbeda latar belakang
1.4  Mengasihi teman tanpa membedakan latar belakang

2.1 Menyebutkan nama teman dan sahabatnya
2.2 Menceritakan pengalaman tentang sikap bergaul yang baik
2.3 Bersyukur memiliki  teman melalui nyanyian tentang persahabatan dengan semua teman-temannya

Menyebutkan alasan perlunya menjalin persahabatan
Menceritakan makna persahabatan dengan teman-temannya
Bermain simulasi tentang persahabatan
Membangun hubungan persdahabtan dengan teman-temannya

Menyebutkan alasan pentingnya mengasihi sesasma
Bermainperan tentang orang Samaria yang baik hati
Menceritakan kepada siapa saja dirinya pernah menunjukkan kasihnya
Mengasihi semua orang tanpa membeda-bedakan











6 Jam




6 jam










7 jam

Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya






SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                      : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                    :  II / 2
Standar Kompetensi                             :  Menerapkan arti mengasihi dan menghargai manusia dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada
Waktu                                                    :  32 Jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
7. Siswa mampu menghargai teman dan guru tanpa memandang perbedaan















8. Siswa mampu menolong orang yang sedang menderita / kesulitan yang ada disekitarnya









1.    Siswa menyadari bahwa Allah mengasihi semua orang tanpa terkecuali








2.  Siswa menerima perbedaan tiap orang dan menghargainya



1.    Siswa dapat menunjukkan sikap simpati dan empati pada orang yang menderita


2. Siwa memberikan pertolongan pada orang yang membutuhkan pertolongan



1.    Menjelaskan bahwa orang kaya dan orang miskin dikasihi Allah










1. mempraktekkan sikap dapat menerima perbedaan tiap orang dari  perbuatan, kemampuan dll


1.    menjelaskan arti/ makna empati dan simpati





2.    Menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya






·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil








1. Contoh orang miskin dan orang kaya dikasihi Allah










1. Sikap dapat menerima






1.    Contoh empati dan simpati











2.    Makna empati dan simpati





            Mengidentifikasi tentang orang kaya dan miskin
1.2 Membedakan orang miskin dan orang kaya dari gambar yang disiapkan guru
1.3 Menjelaskan ada orang miskin dan orang kaya
1.4 Memperagakan sikap yang harus dimiliki orang kaya kepada orang miskin
1.5 percaya bahwa setiap orang miskin dan kaya dikasihi oleh Allah
1.1 Mengidentifikasi perbedaan dirinya dengan teman-temannya
1.2 Menyesuaikan diri dengan perbedaan yang ada di lingkungannya
1.3 Menyetujui dan menghargai perbedaan
1.1 menuliskan arti sikap empati dan simpati
1.2  menunjukkan sikap empati dan simpati dari ganbar yang disiapkan oleh guru
1.3 menuliskan contoh  sikap empati dan simpati  terhadap temannya yang kehilangan
1.4 menunjukkan sikap empati dan simpati terhadap sesamanya
1.5 memilki sikap simpati dan empati terhadap temannya yang menderita
2.1 menuliskan kepada siapa saja bersikap empati dan simpati
2.2 memberi alasan mengapa  berempati dan simpati terhadap sesama
2.3 meyakini bahwa sikap empati dan simpati membina kebersamaan
2.4 Menunjukkan sikap empati dan simapti terhadap sesama
6 Jam













6 jam







6 jam











6 jam

Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya


Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8



3. .Berempati dan simpati dengan penderitaan orang lain disekitarnya






























·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil







3. Saling membutuhkan











4. Peduli terhadap penderitaan orang lain


Menuliskan alasan manusia saling membutuhkan
Menggambarkan manusia yang hidup sendirian
Menuliskan hubungannya dengan anggota keluarganya dan orang lain
Menunjukkan saling membutuhkan dengan semua orang dari  berbagai profesi



4.1     menunjukkan sikap peduli terhadap orang lain dari gambar yang disiapkan guru
4.2     Menuliskan bentuk-bentuk penderitaan yang dialami manusia
4.3     Menuliskan bentuk kepedulian terhadap berbagai jenis penderitaan
4.4     Memposisikan dirinya sebagai anak yang peduli terhadap penderitaan orang lain



6 jam












6 jam

Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya








SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                      : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                    :  I I I/ 1
Standar Kompetensi                             :  Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga
Waktu                                                    :  32 Jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
9. Siswa mampu  mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga dan sesama manusia




















1.    Siswa mnembangun hubungan kasih didalam keluarganya




2. Siswa mensyukuri pemeliharaan Allah terhadap sesama dengan cara menyebutkan contoh pemeliharaan Allah pada manusia dan tanggung jawabnya terhadap pemeliharsaan Allah







1.    Menjelaskan peran masing-masing anggota keluarga kristen dalam mensyukuri pemeliharaanNya




2. mempraktekkan sikap saling mengasihi  di dalam keluarga






3. Menyebutkan beberapa contoh pemeliharaan Allah kepada manusia




4. Mempraktekkan tanggapan manusia terhadfap pemeliharaan Aallah
·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil







1.    Konsep peran anggota keluarga masing-masing.

2.    Peran masing-masing anggota kerluarga



1.   merencanakan kegiatan untuk menyatakan kasih kepada anggota keluarga




1. contoh pemeliharaan Allah pada manusia






1. menceritakan contoh tindakan kasih yang sudah dilakukan dalam keluarga





1.1 Mewnuliskan bentuk tanggung jawab sebagai anggota keluarga
1.2 bermain peran tentang sikap dan tanggung jawab sebagai anggota keluarga
1.3 menghormati anggota keluarganya melalui sikap dalam kehidupan sehari-hari

1.1 Menuliskan hak dan kewajiban anggota keluarga
1.2 menunjukkan bentuk hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga
1.3 menyadari hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga


1.1    menyebutkan pengalaman dipelihara Allah
1.2   menceritakan pengalamannya dipelihara Allah
1.3   Bersyukur kepada Allah atas pemeliharaannya melalui doa dan nyanyian

1.1 menuliskan ayat nas atau puisi atas pemeliharaan Allah
1.2 menunjukkan sikap terhadap pemeliharaan Allah terhadap dirinya
1.3 menyatakan kesetiaannya terhadap pemeliharaan Allah
1.4 bersyukur atas pemeliharaan Allah dalam keluarga
1.5 Rajin membaca Alkitab atas pemeliharaan Tuhan


6 Jam










6 jam







6 jam









6 jam

Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya




Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
10. Siswa mampu memberikan yang tyerbaik bagi keluarga
Siswa berperilaku saling menghormati dengan anggota keluarga dalam kehidupan sehari-hari
1.    menghormati orang tua dengan sungguh-sungguh











2.    Menjalani kehidupan sehari-hari dengan teratur





3.  berperilaku yang menyukakan seluruh anggota keluarga


·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil














1. hormat kepada orang tua yang dituakan










1.    kehidupan keluarga yang teratur







1. tindakan kasih dalam keluarga



            Menyebutkan bunyi hukum Tuhan ke 5
            Menuliskan pengalamannya ketika menolong salah satu anggota keluarganya
            Menunjukkan perbuatan kasih dalam keluarga
            Mengasihi orang tua dan keluarga
            Mengungkapkan perasaannya saat menolong anggota keluarganya

1.1 menyusun jadwal  kegiatansehariu-hari
1.2 menceritakan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
1.3 mentaati perintah orang tua dalam kehidupan sehari-hari
            menunjukkan sikap hormat kepada orang yang lebih tua

1.1  menuliskan contoh hormat yang benar kepada orang tua
1.2   melaksanakan jadwal yang telah dibuatnya dengan penuh tanggung jawab
1.3  menceritakan tetntang perilaku seorang  yang taat dalam keluarga
1.4  menunjukkan perilaku kasih kepada keluarga sebagai anak Tuhan

5  jam













5jam








5 jam

Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya




SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                      : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                    :  I I I/ 2
Standar Kompetensi                             :  Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawab dalam keluarga
Waktu                                                    :  32 Jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
11. Siswa mampu  ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga








Siswa hidup rukun dengan anggota keluarganya












1. membangun kerukunan dalam kehidupan keluarga





2. menghindari percekcokkan dalam keluarga













3. berusaha untuk saling menolong dan memperhatikan




·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil

1. Makna kerukunan dalam hidup keluarga






1.    menghindari percekcokkan dalm keluarga

2.    Kerugian percekcokkan dalam keluarga









1.  contoh saling menolong dan mempersatukan
2. usaha konkrit menolong dan memperhatikan dalam keluarga
1.1 Menceritakan tentang hidup rukun dalam keluarga keluarga
1.2 Menunjukkan cara hidup rukub dalam keluarga
1.3 membedakan hidup rukun dalam keluarga


2.1 Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pertengkaran
2.2 menuliskan kerugian yang dialami akibat pertengkaran dalam keluarga
2.3 menceritakan perilaku baik untuk mengindari terjadinya pertengkaran
2.4 mengungkapkan perasaan  ketika terjadinya pertengkaran dalam keluarga
2.5 sikap saling menghargai perbedaan dalam keluarga


1.1    menyebutkan orang –orang yang perlu mendapatkan peretolongan
1.2   menuliskan bentuk-bentuk pertolongan bagi merteka yang membutuhkan
1.3   Bermain perancara menolong orang yang membutuhkan pertolongan
1.4 mendoakan mereka yang membutuhkan pertolongan



3 Jam










8 jam












8 jam










Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya






Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
12. Siswa mampu memelihara alam ciptaan Tuhan
Siswa mampu melaksanakan kegiatan memelihara alam di lingkungan sekolah dan tempat tinggal
1.   menjelaskan bahwa seluruh ciptaan Allah ada manfaatnya bagi manusia







2.    Menjelaskan pentingnya kesadaran umat manusia untuk membangun, memelihara dan melestarikan alam








3.    menjelaskan bahwa Allah berkuasa atas alam






4.    Melaksanakan program kegiatan melestarikan alam di lingkungan sekolah/ tempat tinggal

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil











1.    konsep ciptaan
2.    manfaat ciptaan Allah








1.    peran manusia dalammengembangkan memelihara alam
2.    dampak kelalaian  manusia dalam memelihara alam






1.Allah maha kuasa
2. Bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya



1. tindakan melestarikan alam dilingkungan sekolah/ tempat tinggal

            Menuliskan manfaat dari ciptaan Allah
            Memahami ciptaan Allah bagi manusia
            Menunjukkan manfaat matahari bagi manusia
            Bersyukur atas ciptaan Allah



Menuliskan usaha-usaha untuk memelihara dan melestarikan alam
Menyebutkan akibat dari kelalaian manusia dalam memelihara alam
Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekolah
Membuat kliping tentang bencana alam
Perlu menyadari kebersihan lingkungan

            Menceritakan kemahakuasaan Allah menghentikan angin ribut
            Mengekspresikan melalui gambar peristiwa angin ribut
            Bersyukur kepada Allah atas kemahakuasaanNya

1.1 menuliskan program kegiatan melestarikan alam di lingkungan sekolah dan tempat tinggal
1.2 menanam bunga di lingkungan sekolah dan tempat tinggal
1.3 merawat tanaman

7  jam











6 jam











5 jam







2 jam

Sumber :
·                  Alkitab
·     Buku teks
·     Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya





SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                 :  IV / 1
Standar Kompetensi                          :  Mendeskripsikan wujud tindakan manusia yang dapat menunjukkan pemahaman dan pengakuan keberadaan Allah dan manusia serta menjelaskan
                                                                    Kemahakuasaan Allah yang menyebabkan manusia dapat bergantung sepenuhnya kepada Allah
Waktu                                                   :  32 jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8

13.Siswa mampu memahami kemahakuasaan Allah   







Siswa mengakui kemahakuasaan Allah dan menyakininya

1.mendaftarkan berbagai hal tentang kemahkuasaan Allah dalam penciptaan








2.   Menyebutkan berbagai penyembuhan yang dilakukan Yesus Kristus







3.   Menceritakan kuasa Yesus Kristus mengubah air menjadi anggur

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil


1.   Konsep  kemaha kuasaan Allah dalam penciptaan
2.   Hubungan antara ciptaan dan penciptaan
3.   Peran Allah dalam penciptaan




Contoh perbuatan Yesus menyembuhkan orang sakit








Mukjizat air menjadi Anggur

1.   mendata ciptaan karya Allah dalam kitab kejadian 1 : 1-2
2.   memelihara lingkungan alam sebagai ciptaan Tuhan
3.   mengumpulkan gambar tentang kuasa Allah dalam penciptaan
4.   memelihara kesehatan tubuh sebagai ciptaan Allah
5.   Percaya kepada Allah yang berkuasa dalam penciptaan

1.   menuliskan contoh 2 karya penyembuhan yang dilakukan Yesus
2.   menceritakan mukjizat yang dibuat oleh Yesus
3.   merenungkan penyembuhan yang dilakukan oleh Yesus
4.   Percaya kepada Yesus yang memiliki kuasa penyembuhan
5.   mengucap syukur atas mukjizat penyembuhan

1.   menulis ulangg dengan garis besar cerita tentang air menjadi anggur
2.   menerangkan makna cerita air menjadi anggur
3.   merenungkan cerita tentang air menjadi anggur
4.   menghargai kuasa Tuhan Yesus membuat mukjizat air menjadi anggur


4Jam











2         jam











2         jam







Sumber :
·     Alkitab
Kejadian 1:1-2
·Buku teks
·Pengalaman siswa

Alat :
·                  Gambar



Mat.9 :1-8
Luk. 5:17-26










Yoh.2:1-11

·                  Lisan / tertulis
·                  Penampilan
·                  Unjuk kerja
·                  Unjuk Karya



Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8




















14. Siswa mengakui keterbatasannya sebagai manusia dan ketergantungan pada kemahakuasaan Allah




















Siswa  mengekspresikan pengakuannya terhadasp kemahakuasaan Allah melalui doa
4.  menceritakan kuasa yesus Kristus memberi makan 5000 orang









5. Membuat syair pemujaan terhadap kuasa Allah







1.    siswa mampu berdoa sebagai wujud pengakuannya terhadap kemaha kuasaan Allah






2.    Mempraktekkan hidup sesuai doanya








·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil

Mukjizat tentang memberi makan 5000 orang









 1. membuat syair pemujaan terhadap kuasa Allah

2. Pengakuan  terhadap kemahakuasaan Allah


1. Doa sebagai alat komunikasi dengan Allah
2. Doa sebagai alat mengekspresikan pengakuannya terhadap kemahakuasaan Allah

Menyusun doa sesuai kebutuhan hidupnya misalnya doa syukur, penyembuhan
1. Menulis makna cerita yesus tentang memberi makan 5000 orang
2. menerangkan makna mukjizat Yesus memberi makan 5000 orang
3. memperagakan peran tentang Yesus memberi makan 5000 orang
4. percaya bahwa  Yesus sumber kehidupan manusia

1. menyusun puisi tentang pemujaan  kepada kuasa Allah
2. membacakan syair pemujaan terhadap kuasa allah
3. menjiwai tentang syair  pemujaan terhadap kuasa Allah
4. senang membaca syair pemujaan terhadap kuasa Allah

1. Menulis teks doa kepada Allah
2. membacakan teks tentang doa
3. memperagakan sikap doa yang benar tentang kemahakuasaan Allah
4. membuat gambar orang yang berdoa kepada Allah
5. meyakini doa sebagai alat komunikasi kepada Allah

1.  menuliskan contoh doa sesuai pengalaman pribadinya
2. menjelaskan arti doa menurut iman kristen
3.  berdoa sesuai dengan kebutuhannya
4. memiliki sikap hidup sesuai dengan doanya
5. percaya bahwa doa dapat menolong hidupnya


2  jam











4jam








4jam









4jam





Sumber :
·     Alkitab
Lukas 9:10-17
Mat. 14:13-21
Yoh.6:1-14
Mark.6:30-46
·    Buku teks
·    Pengalaman siswa
Alat :
·                  Gambar

Maz. 23








Maz.19:1-7
Filifi 4:6


·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya







SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                 :  IV / 2
Standar Kompetensi                          :  Menyebutkan  wujud tindakan manusia yang  menunjukkan pemahaman dan pengakuan keberadaan Allah dan manusia serta menjelaskan
                                                                    Kemahakuasaan Allah yang menyebabkan manusia dapat bergantung sepenuhnya kepada Allah
Waktu                                                   :  32 jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8

15.Siswa mampu menyebutkan wujud tindakan manusia yang sepenuhnya bergantung kepada Allah  







Siswa mempercayakan hidupnya kepada  kemahakuasaan Allah

1.Menceritakan tentang ketergantungan umat Israel kepada Allah ketika mengembara di padang belantara









2. Menyebutkan beberapa bukti bahwa hidup kita bergantung pada pengasihan Allah









3. Menyusun puisi / syair tentang ketergantungan manusia pada Allah


·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil


Konsep keterbatasan manuisa.
Contoh-contoh keterbatasan manusia









Bukti ketidak mampuan manusia tanpa pertolongan Allah










Syair ketergantungan manusia pada Allah

1.   membuat ringkasan keterbatasan umat Israel. Ketika mengembara di padang gurun
2.   Membuat contoh-contoh tindakan umat Israel bergantung kepada Allah
3.   Menceritakan alasan mengapa umat Istael bergantung kepada Allah
4.   Mengakui ketergantungan kepada Tuhan Allah melalui sikap sehari-hari
1.   Menuliskan contoh-contoh bahwa hidup kita bergantung kepada pengasihan Allah
2.   Menjelaskan alasan mengapa manusia bergantung kepada Allah
3.   Bermain peran / berpantomin tentang : Elia di tepi sungai Kerit, Elia dan Janda di Zaryad
4.   Mengharap dan percaya terhadap pertolongan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari

1.   Membuat puisi/syair tentang ketergantungan manusia kepada Allah
2.   Memperagakan puisi/syair tentang manusia yang bergantung pada Allah
3.   Menghargai karya dan mengkoleksi puisi atau syair yang bertemakan ketergantungan kepada Allah

4Jam













4Jam













4jam




Sumber :
·     Alkitab
Keluaran 16,17
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
·     Gambar




















·                  Lisan / tertulis
·                  Penampilan
·                  Unjuk kerja
·                  Unjuk Karya


Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
16. Siswa mampu mensyukuri kemahakuasaan Allah dan keterbatasan manusia
Siswa dapat mengucap syukur atas kemahakuasaan Allah dalam segala hal
1. membuat doa syukur atas kemampuan Allah terhadap berbagai kejadian




·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil


Contoh-contoh syukur atas kemahakuasaan Allah dalam berbagai kejadian











Syair ucapan syukur kepada Allah atas kemahakuasaan Allah
1. Membuat doa syulkur atas kemahakuasaan Allah
2. Menjelaskan makna tentang doa syukur kepada Tuhan
3. Mengumpulkan contoh doa syukur terhadap kemahakuasaan Allah
4. Mengucapkan syukur atas kemahakuasaan Allah
5. Menmuji Tuhan melalui doa syukur tentang kemahakuasaan Allah



1. Membuat puisi yang bertema ucapan syukur atas penguasaan Allah
2. Membacakan puisi yang bertema ucapan syukur atas penguasaan Allah
3. Mengkoleksi Puisi, gambar, Nyanyian ucapan syukur
4. Bersyukur kepada Tuhan dalam hidup sehari-hari

4  jam














6 jam

Sumber :
·     Alkitab
Mazmur 27:1-14
Kisah R.16:25-32
·    Buku teks
·    Pengalaman siswa
Alat :
·                  Gambar











·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya











SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                 :  V / 1
Standar Kompetensi                          :  Menjelaskan bahwa manusia berdosa tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
Waktu                                                   :  32 jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
17.Siswa mampu menjelaskan bahwa manusia itu berdosa






Siswa menyadari kenyataan bahwa manusia itu berdosa
1.Menjelaskan awal kejatuhan manusia ke dalam dosa











2. Menjelaskan bahwa dosa merupakan sikap manusia yang menentang kehendak Allah






3. Memiliki sikap menjauhi dosa

·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil

1.   Kecenderungan manusia utnuk melakukan yang tidak baik

2.   Manusia memiliki kebebasan untuk memilih





1.   konsep dosa
2.   Kesombongan manusia sebagai ciptaan yang mulia






1.perbedaan  dosa dan kesalahan
2.Akibat dosa



1.   Menuliskan proses kejatuhan manusia ke dalam dosa (Kej.3)
2.   Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan dosa manusia sehari-hari
3.   Menuliskan pengalaman siswa melakukan pelanggaran
4.   Memperagakan peran peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa ( kej. 3)
5.   Menyadari kemungkinan siswa dapat jatuh ke dalam dosa.
1.   Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan manusia yang menentang kehendak Allah
2.   Mengungkapkan bentuk-bentuk perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan kehendak Allah
3.   Menjauhkan diri dari perbuatan yang menentang kehendak Allah

1. Menuliskan kembali dengan kata sendiri cerita Yusuf di rumah Fotifar
2. Menceritakan sikap Yusuf di rumah Potifar
3. Menghindari godaan-godan yang menimbulkan dosa

6 Jam














2 Jam









3 jam





Sumber :
·     Alkitab
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
·     Gambar




















·                  Lisan / tertulis
·                  Penampilan
·                  Unjuk kerja
·                  Unjuk Karya







Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
18. Menunjukkan kerinduan untuk diampuni dosa-dosanya
Menyadari pentingnya memohon ampun pada Allah atas dosa-dosanya.
 Bersedia memaafkan orang lain
1.    menjelaskan perlunya memohon pengampunan dari Allah



2.    Menjelaskan bahwa Allah mengampuni orang yang menyesali dosanya








3.    memiliki sikap pemaaf







4.    Meneladani sikap Yesus yang mengampuni


·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil





Konsep Pengampunan





1.    Allah Maha pengampun
2.    Perlunya pengampunan bagi manusia
3.    cara memohon pengampunan kepada Allah




1.    konsep penyesalan
2.    Arti pertobatan
3.    Kesulitan mengampuni sesama
4.    contoh sikap pemaaf

meneladani Kristus yang mau mengampuni manusia


1. Menuliskan doa  pengakuan dosa
2. Menngungkapkan doa pengakuan dosa
3. Memahami  arti pengampunan dosa

1. Menguraikan cara manusia menyatakan penyesalan dosanya
2. Menuliskan kisah hidup Paulus
3. Mendemostrasikan kisah hidup Paulus
4. Mempercayai bahwa Allah itu sumber pengampunan
5. menerapkan pentingnya arti memaafkan orang lain
6. berani meminta maaf atas kesalahannya

Mengembangkan sikap pemaaf kepada sesama






1.   menuliskan berbagai perkataan Yesus kepada orang berdosa
2.  menceritakan sikap Yesus terhadap orang berdosa
3. meneladani sikap Yesus yang pengampun


3  jam

















3      jam







3 jam

Sumber :
·     Alkitab
·    Buku teks
·    Pengalaman siswa
Alat :
·                  Gambar











·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya










SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                 :  V / 2
Standar Kompetensi                          :  Menjelaskan bahwa manusia berdosa tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
Waktu                                                   :  32 jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8

19.Menjelaskan bahwa Allah adalah penyelamat manusia







Memahami dan menyadari keselamatan yang diberikan Allah melalui Yesus Kristus

1.   Menjelaskan karya penyelamatan Allah di dalam Yesus Kristus







2.   Menjelaskan makna hidup dalam keselamatan










3.   Menjelaskan bahwa Allah mengampuni semua orang yang menyesali dosanya termasuk dirinya



·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil


1.   konsep keselamatan
2.   Tujuan kelahiran,kematian dan kebangkitan Yesus Kristus
3.   Yesus sebagai Juru Selamat


Menyerahkan hidupnya pada Yesus











Beriman kepada Yesus sebagai Juru selamat

1.   Membuat karangan peristiwa kelahiran Yesus Kristus
2.   mendramakan peristiwa kelahiran Yesus Kristus
3.   Memahami karya penyelamatan Allah kepada manusia melalui Yesus Kristus


1.   menguraikan arti hidup manusia yang mendapatkan keselamatan dalam kehidupannya
2.   Menyapa orang lain dengan penuh kasih
3.   menampilkan sikap hidup yang bermakna dalam kehidupan imannya
4.   menuliskan cerita Raja Daud yang berbuat dosa dan memohon ampun

1.   bermain peran dalam peristiwa nabi Natan menegur raja Daud karena DosaNya
2.   berani menyatakan kesalahannya ketika ia berbuat dosa

3Jam








3 jam












3 jam




Sumber :
·     Alkitab
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
·     Gambar




















·                  Lisan / tertulis
·                  Penampilan
·                  Unjuk kerja
·                  Unjuk Karya








Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
20. Siswa mampu menunjukkan sikap sebagai orang yang sudah diselamatkan
Siswa menanggapi penyelamatan Allah di dalam Yesus Kristus dengan menjadi saksinya
1.    menanggapi penyelamatan Allah dalam hidupnya sehari-hari melalui sikap hidup yang baik dan benar







2.    Menjelaskan arti menjadi saksi Kristus







3.    menjadi saksi Kristus bagi lingkungannya



·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil




Tindakan atau respon yang baik sebagai bentuk ucapan syukur atas karya Allah








Menjadi saksi keselamatan







1.   konsep saksi Kristus

2.    Tindakan konkrit menjadi saksi Kristus bagi lingkungannya
1.     Mendaftarkan perbuatan yang baik sebagai ucapan syukur atas karya Allah dalam hidup
2.    mendemontrasikan contoh perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari
3.    memberi teladan dalam perbuatan baik


1.    membuat karangan kesaksian hidup yang berkenan kepada Allah
2.    melakukan kesaksian melalui sikap dan perbuatan
3.    menjalin kerjasama dengan sesamanya



1.    Mendaftarkan sikap umat Kristen di lingkungannya sesuai ajaran Yesus Kristus
2.    Mempraktekkan cara menyapa orang lain dengan kasih
3.    mengembangkan sikap toleransi di lingkungannya


3  jam









3 jam











3 jam






Sumber :
·     Alkitab
·    Buku teks
·    Pengalaman siswa
Alat :
·                  Gambar











·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya










SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                 :  VI / 1
Standar Kompetensi                          :  Menerapkan arti ibadah yang sesunggunya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia
Waktu                                                   :  32 jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
21.Siswa mampu memahami makna Ibadah





1. Siswa memehami makna ibadah























Siswa membangun relasi pribadi dengan Allah melalui doa
1.Menjelaskan makna ibadah

























2. Membangun relasi pribadi dengan Allah melalui doa, dan membaca Alkitab
·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil

1.   konsep ibadah sebagai kegiatan ritual

2.   bentuk-bentuk ibadah

3.   Mengenal peribadatan dalam agama lain
















1.   Pentingnya membaca Alkitab
2.   pentingnya membina relasi dengan Allah
3.   Cara membangun relasi dengan Allah
1.     Menuliskan konsep tentang ibadah menurut PL dan PB
2.   Membuat laporan kegiatan di gereja masing-masing
3.   Membuat daftar bentuk-bentuk ibadah di gereja masing-masing ( misalnya kebaktian sekolah minggu, keluarga, dll ).
4.   membuat daftar bentuk-bentuk ibadah agama lain
5.   Menjelaskan konsep ibadah menurut PL dan PB secara kelompok
6.   memperagakan bentuk-bentuk ibadah yang rutin dilakukan siswa
7.   Mengemukakan bentuk-bentuk ibadah pada agama lain
8.   menghargai berbagai bentuk ibadah
9.   menghayati perlunya ibadah
10. menghargai bentuk-bentuk ibadah yang dilakukan orang lain  
1.   Membuat teks doa
2.   membuat tanggapan pribadi tentang pentingnya membina relasi dengan Allah
3.   membacakan puisi atau menyanyikan lagu yang diciptakan
4.   rajin membaca Alkitab
5.   rajin berdoa
6.   berperilaku sesuai dengan makna dari puisi atau lagu yang diciptakannya

6 jam

























6 jam


Sumber :
·     Alkitab
Keluaran 23
Imamat 23
1Tim 4
ibrani 10
Roma 12
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
·     Gambar













Timotius 3
Mazmur 119

·                  Lisan / tertulis
·                  Penampilan
·                  Unjuk kerja
·                  Unjuk Karya



Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8













22.  siswa mampu memahami bahwa kegiatan sehari-hari sebagai ibadah ungkapan syukur kepada Allah













Siswa menjalankan tugas dan kewajiban di rumah dan di sekolah sebagai bagian dari ibadah
3.    menjelaskan makna ibadah melalui kegiatan sehari-hari










Menjalankan tugas dan kegiatan sehari-hari dengan bertanggung jawabsebagai ibadah kepada Allah
·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil



1.    membuat ibadah melalui kegiatan sehari-hari
2.    contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari







3.   Menjalankan tugas dan kegiatan sehari-hari sebagai ibadah kepada Allah
1.    membuat renungan singkat tentang makna ibadah dalam kehidupan sehari-hari
2.    mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang termasuk ibadah secara tertulis
3.    mempraktekkan kegiatan sehari-hari yang termasuk ibadah denagn penuh tanggung-jawab




1.    mendaftar aktifitas sehari-hari yang termasuk ibadah dan aktifitas yang tidak termasuk ibadah
2.    mendiskusikan aktifitas sehari-hari yang termasuk ibadah dan aktifitas yang tidak termasuk ibadah
3.    mempraktekkan ibadah didalam kehidupan sehari-hari
4.    menghargai orang lain
6jam












4 jam















Sumber :
·     Alkitab
·    Buku teks
·    Pengalaman siswa
Alat :
·                  Gambar











·  Lisan / tertulis
·  Penampilan
·  Unjuk kerja
·  Unjuk Karya











SILABUS PENDIDIKAN AGAMA  KRISTEN  SEKOLAH  DASAR ( SD )
Mata Pelajaran                                  : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester                                 :  VI / 2
Standar Kompetensi                          :  Menerapkan arti ibadah yang sesunggunya, khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia
Waktu                                                   :  32 jam
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Karakter Budaya Bangsa

Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan/ Alat
Penilaian
1
2
3

4
5
6
7
8
23.Siswa mampu melayani Allah dan Sesama sebagai ungkapan Syukur kepada Allah





1. Siswa melayani sesama dalam bentuk yang sederhana, sesuai talenta, usia dan kemampuannya























Siswa membangun relasi pribadi dengan Allah melalui doa
1.       Menjelaskan arti melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur




2.       Mempraktekkan sikap melayani sesama sebagai ungkapan syukur








3.       Merancang program kegiatan melayani sesama sesuai kemampuannya
·     Religius

·     Jujur

·     Santun

·     Disiplin

·     Tanggung- Jawab

·     Cinta Ilmu

·     Ingin tahu

·     Percaya diri

·     Menghargai keberagaman

·     Patuh pada aturan

·     Sosial

·     Bergaya hidup sehat

·     Sadar akan hak dan kewajiban

·     Bekerja keras
·     Adil

1.    Arti melayani






2.    Konsep Iman Kristen




3.    Melayani sebagai Ibadah
4.    Melayani dalam iman Kristen dan juga bagi orang lain
5.    Bentuk-bentuk pelayanan terhadap sesama
6.    Merencanakan Program kegiatan pelayanan terhadap sesama di lingkungan terdekat  sebagai bentuk ungkapan syukur.

1. Memahami arti melayani
2. Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan melayani
3.Meladani Pelayanan-pelayanan yang pernah dilakukan Oleh Tuhan Yesus di dunia.
1.Memahami bahwa melayani dalam iman Kristen sebagai bentuk ungkapan syukur kita kepada Allah
2. mempraktekkan hidup melayani menurut iman Kristen

-  mempraktekkan hidup melayani
dalam kehidupan sehari-hari.

-   Meneladani sikap hidup melayani tokoh pelayan Tuhan dalam hidup sehari-hari

-   Mengidentifikasi bentuk-bentuk pelayanan yang dapat dilakukan terhadap sesama.

-   Membuat rencana /program kegiatan pelayanan yang dapat dilakukan kepada sesama di lingkungan terdekat sebagai bentuk ungkapan syukur.



5Jam

























5 jam

Sumber :
·     Alkitab
-Lukas 22:27
-Matius 6
-Matius 20:28,
-Matius 22:37-39
-Markus 10:45

·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
·     Gambar





·                  Lisan / tertulis
·                  Penampilan
·                  Unjuk kerja
·                  Unjuk Karya






1 Response to "SILABUS AGAMA KRISTEN BERKARAKTER ( EDIT LAGI YA )"

  1. salam pertemanan, tolong masukan silabus ini pada blok saya : dengan alamat : jeslin807@gmailcom

    ReplyDelete