PEMBELAJARAN
REMIDIAL, PENGAYAAN &
NILAI REMIDIAL SERTA
PENGAYAAN
PADA KURIKULUM 2013
REVISI
Pembelajaran Remidial , dilakukan dengan cara :
1. Pemberian
pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda
2. Pemberian bimbingan
secara perorangan.
3. Pemberian tugas-tugas
atau latihan secara khusus,
4. Pemanfaatan tutor
sebaya
Pembelajaran Pengayaan, dilakukan dengan cara
:
1. Belajar kelompok,
2. Belajar mandiri,
3. Pemadatan kurikulum,
yaitu pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui
peserta didik.
Ø Belajar kelompok,
yaitu sekelompok peserta didik diberi tugas pengayaan untuk dikerjakan bersama
pada dan/atau di luar jam-jam pelajaran sekolah;
Ø Belajar mandiri,
yaitu peserta didik diberi tugas pengayaan untuk dikerjakan sendiri/individual;
Ø Pemadatan kurikulum,
yaitu pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui
peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk
memperoleh kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri
sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Nilai
Pengayaan dan Remidial :
1.
Nilai
akhir remedial untuk ranah pengetahuan dihitung dengan mengganti nilai
indikator yang belum tuntas dengan nilai hasil remedial, selanjutnya diolah
dengan rerata nilai seluruh KD.
2.
Nilai
akhir remedial untuk ranah keterampilan diambil dari nilai optimum.
3.
Penilaian
hasil belajar pengayaan berbentuk portofolio. ( NDJ).