Pembelajaran Remidial, Pengayaan & Nilai Remidial Serta Pengayaan Pada Kurikulum 2013 Revisi



PEMBELAJARAN REMIDIAL, PENGAYAAN &
NILAI REMIDIAL SERTA PENGAYAAN
PADA KURIKULUM 2013 REVISI

Pembelajaran  Remidial , dilakukan dengan cara :
1.  Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda
2.  Pemberian bimbingan secara perorangan.
3.  Pemberian tugas-tugas atau latihan secara khusus,
4.  Pemanfaatan tutor sebaya

Pembelajaran Pengayaan, dilakukan dengan cara :
1.  Belajar kelompok,
2.  Belajar mandiri,
3.  Pemadatan kurikulum, yaitu pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik.

Ø Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik diberi tugas pengayaan untuk dikerjakan bersama pada dan/atau di luar jam-jam pelajaran sekolah;
Ø Belajar mandiri, yaitu peserta didik diberi tugas pengayaan untuk dikerjakan sendiri/individual;
Ø Pemadatan kurikulum, yaitu pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Nilai  Pengayaan dan Remidial :
1.    Nilai akhir remedial untuk ranah pengetahuan dihitung dengan mengganti nilai indikator yang belum tuntas dengan nilai hasil remedial, selanjutnya diolah dengan rerata nilai seluruh KD.
2.    Nilai akhir remedial untuk ranah keterampilan diambil dari nilai optimum.
3.    Penilaian hasil belajar pengayaan berbentuk portofolio. ( NDJ).