RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : II / 2
AlokasiWaktu : 4 jam pelajaran
A. Kompetensi Inti
Ki 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
Ki 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun,
peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
Ki 3: Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dengan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Ki4: Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan
menanyakan
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan
Tuhnan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah di sekolah dan tempat bermain
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menerima
kehadiran orang tua dan orang yang lebih tua sebagai wakil Allah di dunia
2.1 Menunjukkan
sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua
3.1 Memahami
alasan menghormati orangtua dan yang lebih tua berdasarkan Alkitab
4.1 Mempraktikkan
sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua
C. Indikator
1. Mengidentifikasi
siapa saja yang disebut sebagai orang tua di
rumah dan sekolah
2. Memahami peran
orang tua melalui cerita atau film.
3.
Mengeksplorasi
Alkitab tentang tokoh yang mengasihi orang
tuanya melalui cerita atau film
(Daud/Timotius)
4.
Mendata tugas
dan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya.
5.
Mengeksplorasi sikap mengasihi orang tua
berdasarkan
pengalaman
6.
Menunjukkan sikap bersyukur atas orang tua
dengan membuat
kartu kasih
7.
Menunjukkan pembiasaan mengasihi orang tua
dalam tugas
proyek selama seminggu
D. Materi Pembelajaran
Hormat
kepada orang tua dan orang yang lebih tua
E. Sumber Belajar
Alkitab
Buku
Siswa dan Guru
Video
“Luka tangan mama”
Gambar-gambar
tentang tugas orang tua
Sumber
bahan belajar lain yang mendukung
F. Media Pembelajaran
Slide
Power point
Film “Luka tangan
mama atau Keluarga Harmonis”
Bahan
dan alat membuat kartu kasih kepada orang tua
G. Langkah –langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10
menit)
-
Peserta
didik memberi salam kepada guru
-
Guru
mengecek kehadiran peserta didik
-
Doa
dipimpin oleh guru
-
Bernyanyi
“Yesus sayang semua” dipimpin oleh guru
-
Apersepsi
pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran yang lalu tentang kasih
2. Kegiatan inti (120
menit)
-
Peserta
didik mengidentifikasi siapa saja yang disebut sebagai orang tua di sekolah,
gereja, maupun di rumah melalui gambar-gambar yang disiapkan oleh guru
-
Peserta
didik memahami peran orang tua melalui cerita atau film.
-
Peserta
didik menanya dan menjelaskan tugas orang tua terhadap anaknya.
-
Peserta
didik menanya dan menjelaskan peran atau tanggung jawab anak pada orang tuanya.
-
Peserta
didik berbagi pengalaman tentang sikap mengasihi orang tua dan orang yang lebih
tua yang dilakukannya melalui model snowball throwing.
-
Peserta
didik menjelaskan tokoh Alkitab yang mengasihi orang tuanya melalui film atau
cerita yang disampaikan guru.
-
Peserta
didik mendata dan menjelaskan sikap mengasihi orang tua yang tepat.
-
Peserta didik membuat
produk kartu kasih pada orang tua dan memberikan kartu tersebut kepada orang
tuanya.
-
Peserta
didik melakukan rencana perbuatan mengasihi orang tua yang dilakukan selama
seminggu sebagai pembiasaan dalam keluarganya dan dipresentasikan pada
pertemuan berikutnya
3.
Penutup (10 menit)
Peserta didik
dan guru membuat kesimpulan tentang alasan mengasihi orang tua dan sikap
mengasihi orang tua yang benar
Berdoa
dipimpin oleh peserta didik dibantu oleh guru.
H. Penilaian.
- Pengetahuan : tes lisan dan tertulis mengenai sikap mengasihi orang tua
Tes
Lisan dan Tertulis :
1.
Siapa sajakah yang kita sebut sebagai
orang tua?
2.
Tuliskan 2 tugas orang tua terhadap
anaknya!
3.
Jelaskan 2 perbuatan mengasihi orang
tua yang pernah kamu lakukan!
4.
Mengapa kita harus mengasihi orang
tua?
5.
Siapakah tokoh Alkitab yang mengasihi
orang tuanya?
- Penilaian diri : angket dengan rating scale
Penilaian
diri mengenai sikap mengasihi orang tua :
No.
|
Pernyataan
|
TP
|
J
|
S
|
T
|
1.
|
Saya sangat mengasihi orang tua
|
4
|
|||
2.
|
Saya bersyukur memiliki orang tua
|
4
|
|||
3.
|
Saya mau menolong orang tua dengan senang
|
3
|
|||
4.
|
Saya mau mendoakan orang tua
|
2
|
|||
5.
|
Saya mau mendengarkan nasihat orang tua
|
3
|
Keterangan :
TP = Tidak
Pernah = 1
J = Jarang = 2
S = Sering = 3
T = Terbiasa =
4
Penilaian : skor
yang diperoleh x 100
20
Contoh: 16 x 100 = 80
20
- Keterampilan : membuat kartu kasih pada orang tua (rubrik terlampir)
Lampiran
3 (Keterampilan)
Peserta didik
membuat sebuah kartu yang menjelaskan rasa kasihnya kepada orang tuanya. Pola
dapat disiapkan oleh guru, namun tidak menutup kemungkinan jika peserta didik
ingin membuat pola sendiri maka ia boleh melakukannya. Isi kartu tersebut dapat
berupa doa untuk orang tuanya ataupun kata-kata ungkapan rasa sayang kepada
orang tuanya.
Produk membuat kartu kasih pada orang
tua
AKU MENGASIHI ORANG TUAKU
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Persiapan
|
Memenuhi 1
kriteria
|
Memenuhi 2
kriteria
|
Memenuhi 3
kriteria
|
Membawa
karton buffalo, gunting, lem, hiasan
|
Isi
|
Memenuhi 1
kriteria
|
Memenuhi 2
kriteria
|
Memenuhi 3
kriteria
|
Doa atau
ucapan sesuai tema, tulisan terbaca, kerapihan, kreativitas
|
Waktu
|
Dibawa
pulang dan dikumpulkan pada hari berikutnya
|
Setelah
pelajaran selesai dalam hari yang sama
|
Tepat waktu
pelajaran selesai
|
Sebelum
waktu pelajaran selesai
|
Penilaian : Skor
yang diperoleh x 100
12
Contoh:
10 x 100 = 83, 33 (dibulatkan menjadi 83)
12
Jakarta,
Mengetahui,
Kepala
SD … Guru
PAK-BP
............................. ..........................
Lampiran
tugas proyek yang dilakukan di rumah
Perbuatan
mengasihi orang tua (dilakukan selama seminggu)
No.
|
Perbuatan
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Minggu
|
1
|
Belajar tanpa disuruh
|
|||||||
2
|
Merapikan buku/mainan
|
|||||||
3
|
Melakukan perintah orang tua
|
|||||||
4
|
Mendoakan orang tua
|
Kesan dan pesan orang tua :
...........................................................................................................................
Lampiran Katu Kasih.