SILABUS SD AGAMA KRISTEN 1 2 3 4 5 6



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI


Satuan Pendidikan        :   SD

Kelas                              :  I (Satu)

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai ciptaan   Allah

2.1    Bertanggung jawab terhadap dirinya sebagai ciptaan  Allah

3.1    Memahami dirinya sebagai ciptaan Allah

4.1      Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap dirinya sebagai ciptaan Allah

Allah Mengasihiku

-     Aku ciptaan yang istimewa


Mengamati
·         Menyimak cara memperkenalkan dirinya sendiri
·         Mengamati tubuhnya dengan semua anggota tubuh yang ada untuk mengenal nama, letak, dan perbedaan anggota tubuh yang dimilikinya dengan teman-temannya.

Menanya
·         Menanyakan beberapa perbedaan antara dirinya dan temannya yang menunjukkan keistimewaan setiap peserta didik serta menunjukkan kemaha-kuasaan Allah

Mengeksplorasi
·        Menggali secara sederhana beberapa perbedaan, fungsi dan cara merawat anggota tubuh sebagai wujud ucapan syukur kepada Allah.
·       Menghubungkan berbagai anggota tubuh dengan fungsi yang dikehendaki Allah
·       Mengekspresikan kegunaan anggota tubuhnya dengan menggambar wajah tersenyum.

Mengomunikasikan
·        Mengucapkan syukur dengan menyanyikan lagu bertemakan anggota tubuh untuk mengenal anggota tubuhnya.
·        Mengucapkan syukur melalui doa sederhana atas tubuh istimewa yang diberikan Allah.

1.   Tes lisan tentang  pengalaman peserta didik menggunakan anggota tubuhnya.

2.   Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri anggota tubuhnya sebagai pemberian Allah.

3.   Penugasan (membuat atau mengucapkan doa sederhana).
5 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas I
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.2    Menerima dan mensyukuri
beragam kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah
2.2   Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah

3.2    Memahami beragam kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah

4.2    Merawat anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah



Aku merawat tubuhku
Mengamati
·       Mengamati anggota tubuhnya yang digunakan dalam berbagai kegiatan.
·       Mengamati fungsi setiap anggota tubuhnya.

Menanya
·       Menanyakan fungsi anggota tubuh yang dapat diamati
·       Menanyakan cara merawat tubuh yang benar

Mengeksplorasi
·       Mempraktikkan beberapa kegiatan yang melibatkan anggota tubuh
·       Mempraktikkan cara merawat anggota tubuh

Mengasosiasi
·       Menghubungkan beberapa kegiatan yang menunjukkan penggunaan anggota tubuh dengan benar atau salah.
·       Membandingkan manfaat yang terjadi apabila merawat tubuh dengan baik dan akibat tidak merawat tubuh dengan baik.

Mengomunikasikan
·       Melaporkan kegiatan pembiasaan yang dilakukan berkenaan dengan tindakannya  merawat dan menggunakan anggota tubuhnya dengan benar di rumah

1.    Tes lisan tentang pengalaman   
 peserta didik merawat tubuhnya.

2.    Penilaian diri (self assessment) dalam merawat tubuhnya sebagai pemberian Allah.

3.    Unjuk Kerja  mempraktikkan  kegiatan merawat anggota tubuhnya
 5 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas I
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.3     Menerima dan mensyukuri keberadaan keluarga dan  teman
2.3.1 Bersikap tulus dalam mengasihi keluarga dan teman
2.3.2 Bersikap santun dalam hidup bersama dengan orang lain
3.3.1 Menceritakan  cara mengasihi keluarga dan  teman
3.3.2 Menceritakan pengalaman hidup bersama dengan orang lain
4.3.1 Menunjukkan sikap mengasihi keluarga dan teman
4.3.2 Menunjukkan cara yang santun dalam hidup bersama dengan orang lain.
Keluarga dan Orang Lain (Teman dan Guru)


Mengamati
·        Menyimak memperkenalkan dirinya sebagai bagian dari keluarga
·        Mengamati bentuk tindakan guru dalam mendidik dirinya.

Menanya
·        Menanyakan siapa saja anggota keluarga dan orang lain yang dekat dengannya.
·        Menanyakan dengan siapa saja berteman dan alasan mereka berteman.
·        Menanyakan  cara mengasihi keluarga, teman dan guru.

Mengeksplorasi
·       Menceritakan dengan semangat tentang anggota keluarganya, misalnya dengan menunjukkan foto keluarganya.
·       Mengeksplorasi diri dengan menceritakan beberapa kegiatan  yang biasa dilakukan bersama keluarga di rumah.
·       Menggali ayat Alkitab Kejadian 21:1-7 sehubungan dengan keluarga.
·       Mengeksplorasi berbagai kegiatan yang dilakukan bersama temannya di rumah dan di sekolah.

Mengasosiasi
·       Menghubungkan beberapa kisah keluarga dalam  tokoh Alkitab lalu membandingkan kisah tersebut dengan pengalaman diri sendiri.
·       Menggambar wajah tersenyum atau cemberut pada gambar yang menunjukkan beberapa kegiatan bersama dalam keluarga.
·       Menghubungkan kisah pelayanan Yesus sebagai guru dan mendaftarkan sikap bersyukur atas gurunya sebagai pemberian Allah.

Mengomunikasikan
·       Menyanyikan dengan gembira beberapa lagu yang bertemakan keluarga yang saling mengasihi, misalkan lagu  “Kucinta K’luarga Tuhan,” “Allah mengasihi Keluarga,” atau “Tuhan Betapa Banyaknya.”
·       Mengekspresikan rasa terima kasih pada guru dengan membuat suatu karya sederhana di rumah misalnya doa, puisi, atau kartu ucapan terima kasih bagi guru dan menyerahkan kepada guru yang dimaksud.
·       Membuat laporan sederhana tentang kegiatan pembiasaan melakukan tindakan kasih kepada keluarga misalnya kegiatan selama seminggu.
·       Menuliskan  dan mengucapkan doa sederhana untuk keluarga.
·       Membuat karya yang menunjukkan kasih sayang kepada keluarga, teman, dan guru misalnya berbentuk kartu ucapan dan gambar.

1.   Tes lisan dan tertulis tentang pengalaman dirinya hidup dalam keluarga dan orang lain (teman dan guru)

2.   Penugasan: membuat karya  yang menunjukkan ucapan syukur atas keberadaan orang lain (keluarga, teman, dan guru); membuat doa; membuat laporan sederhana tentang pembiasaan yang dilakukan di rumah yang dipandu oleh orangtua.

3.   Penilaian diri (self assessment) terhadap kegiatan bersama dalam keluarga, dalam berteman dan juga terhadap guru

4.   Unjuk Kerja: mengekspresikan rasa terima kasih kepada teman dan guru di sekolah.


5 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas I
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.4    Menerima dan mensyukuri alam ciptaan Allah
2.4    Menunjukkan tanggung
        jawab dalam
        memelihara
        alam ciptaan Allah
3.4    Menyebutkan contoh
        tanggung jawab dalam
        memelihara alam  
        ciptaan Allah
4.4.1 Melakukan tindakan sederhana dalam memelihara alam ciptaan Allah
4.4.2 Menyanyikan lagu rohani anak-anak yang menunjukkan ucapan syukur atas dirinya, keluarga, teman, dan alam ciptaan Tuhan


Alam Ciptaan Allah
Mengamati
·       Mengamati  alam sekitarnya untuk melihat  keteraturan dan keindahan alam ciptaan Allah.
·       Mengamati adanya ketergantungan antara makhluk hidup dalam alam ciptaan Allah.
·       Mengamati pertumbuhan pada tanaman melalui kegiatan.

Menanya
·       Menanyakan manfaat ciptaan Allah misalnya  aneka binatang, tumbuhan dan benda-benda penerang di sekitarnya.
·       Menanyakan bentuk tanggung jawabnya terhadap  pemeliharaan alam ciptaan Allah.

Mengeksplorasi
·       Menggali pemahaman tentang manfaat alam ciptaan Allah bagi manusia.
·       Menggali pemahaman tentang saling ketergantungan alam ciptaan Allah.
·       Menggali pemahaman tentang alam ciptaan Allah berdasarkan Mazmur 8: 4-5.

Mengasosiasi
·       Menghubungkan adanya saling ketergantungan antara makhluk hidup; apabila satu di antaranya tidak ada maka akan berpengaruh pada yang lain.
·       Mengekspresikan ucapan syukur pada indahnya alam ciptaan Allah melalui berbagai kegiatan atau dengan gambar wajah tersenyum.

Mengomunikasikan
·        Melakukan beberapa tindakan memelihara ciptaan Allah sesuai kondisi.
·        Membuat laporan sederhana dari kegiatan pembiasaan diri.
·        Mengekspresikan ucapan syukur atas alam  ciptaan Allah melalui nyanyian atau doa sederhana.

1.    Tes lisan tentang pengamatannya tentang keteraturan alam ciptaan Allah; pengamatan pada pertumbuhan tanaman.

2.    Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri alam ciptaan Allah; dalam penugasan.

3.    Penugasan pada pembiasaan keterlibatan dirinya memelihara ciptaan Allah di rumah dengan dipandu oleh orang tua; membuat doa sederhana.

4.       Unjuk Kerja melakukan kegiatan menanam atau merawat tumbuhan di sekolah.





















6 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas I
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan        : SD

Kelas                              : II (Dua)

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Meyakini kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua sebagai wakil Allah di dunia.
2.1    Menunjukkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua
3.1.1  Memahami alasan   menghormati orangtua dan yang lebih tua berdasarkan  Alkitab.
3.1.2  Menceritakan wujud sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua berdasarkan pengalaman.
4.1      Mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua.

Allah Memeliharaku

-   Hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua

Mengamati
·         Menyimak cerita tentang sikap hormat kepada orangtua melalui cerita Alkitab.
·         Mengamati berbagai peran orangtua di sekitarnya dan di keluarga masing-masing.
·         Mengamati peran sikap hormat kepada orangtua dan mereka yang lebih tua.

Menanya
·         Menanyakan makna kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua.
·         Menanyakan wujud sikap yang harus dilakukan pada orangtua dan orang yang lebih tua.

Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi pengalaman bersama dengan orangtua (sebagai pengantar bahwa peserta didik membutuhkan orangtua).
·         Mengeksplorasi ayat Alkitab yang menunjukkan sikap terhadap orangtua dan orang yang lebih tua.
·         Mengeksplorasi  beberapa cerita tentang kisah keluarga dalam Alkitab dengan  fokus pada kehadiran orangtua sebagai wakil Allah di dunia.
·         Mengekplorasi beberapa contoh  perbuatan menghormati orangtua dan orang yang lebih tua berdasarkan pengamatan  dan pengalaman sendiri.
·         Mengidentifikasi siapa saja yang dianggap sebagai orangtua dalam hidupnya (di rumah, sekolah, gereja, lingkungan sekitar) dan menjelaskan alasan mereka dianggap sebagai orangtua misalnya dengan mengisi tabel.

Mengasosiasi
·         Menceritakan manfaat yang mereka rasakan dalam hubungan mereka yang akrab dengan orangtua dan orang yang lebih tua.
·         Mengucap syukur atas hadirnya orangtua dan orang yang lebih tua dalam membantu hidupnya yang dihubungkan dengan pesan Alkitab tentang peran orangtua

Mengomunikasikan
·         Mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua melalui tugas pembiasaan dan membuat laporan sederhana.
·         Menyanyi  lagu yang bertemakan menghormati orangtua dan orang yang lebih tua.
·         Membuat karya sebagai ungkapan syukur kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua.
·         Menuliskan  dan mengucapkan doa sederhana untuk kehadiran orangtua.

1.    Tes lisan dan tertulis tentang sikap terhadap orangtua dan yang lebih tua

2.    Penilaian diri (self assessment) dalam perannya mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan yang lebih tua yang dipandu oleh orangtua masing-masing di rumah

3. Penugasan pada pembiasaan keterlibatan dirinya menunjukkan sikap hormat kepada orangtua dan yang lebih tua  di rumah dengan dipandu oleh orangtua; membuat doa sederhana atau karya lainnya sebagai ungkapan syukur atas hadirnya orangtua dan orang yang lebih tua




 8 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas II
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.2    Menerima dan  mensyukuri keberadaan  keluarganya sebagai pemberian Allah.

2.2  Menunjukkan perilaku
       bertanggung jawab dalam
       keluarga melalui tindakan
       sederhana.

3.2  Menyebutkan contoh
  tanggung jawab dalam
  keluarga.

 4.2 Mempraktikkan
       tanggung jawab dalam
       keluarga melalui tindakan
       sederhana sesuai usia dan
       kemampuannya.
Keluarga Pemberian
Allah

Mengamati
·         Mengamati berbagai contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab anak dalam keluarga.
·         Menyimak cerita guru tentang sikap menerima keberadaan keluarga dan diri sendiri.
·         Menyimak cerita Alkitab  tentang tanggung jawab anak dalam keluarga.

Menanya
·         Menanyakan makna keluarga bagi dirinya.
·         Menanyakan bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan di tengah-tengah keluarganya.

Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi contoh tanggung jawab anak dalam keluarga, dimulai dari hal-hal yang paling sederhana.
·         Mengeksplorasi di Alkitab tentang contoh tanggung jawab anak dalam keluarga.
·         Menuliskan beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menunjukkan tanggung jawab pribadi dalam keluarga, misalnya membereskan peralatan sekolah, merapikan mainan, merapikan tempat tidur, dan lain-lain.
·         Mengeksplorasi berbagai  perbuatan bertanggung jawab dalam keluarga sebagai pembiasaan sehari-hari.

Mengasosiasi
·           Menghubungkan pesan Alkitab tentang keluarga dengan kehidupan keluarganya di rumah.
·           Menemukan pesan yang ada dalam lagu  rohani yang bertemakan keluarga, bagi keluarga dan bagi diri sendiri.

Mengomunikasikan
·         Mempraktikkan perbuatan bertanggung jawab dalam keluarga sebagai pembiasaan, mendaftarkan manfaat yang mereka rasakan dan membuat laporan sederhana.
·         Menyanyikan lagu bertemakan ucapan syukur atas keberadaan keluarga sebagai pemberian Allah, misalnya “Yesus Sayang Semua”.
·         Membuat doa sederhana berisi ucapan syukur atas keluarga pemberian Allah bagi dirinya.

1.    Tes lisan dan tertulis tentang keluarga dan tanggung jawab setiap anggota dalam keluarga; menganalisis pesan dalam sebuah lagu dengan tema keluarga

2.    Penilaian diri (self assessment) dalam melakukan contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab dalam keluarga

3.     Penugasan pada pembiasaan keterlibatan dirinya dalam menunjukkan tanggung jawab dalam keluarga melalui berbagai contoh sederhana sesuai dengan usianya di rumah dengan dipandu oleh orang tua; membuat doa sederhana atau karya yang dapat mengekspresikan contoh tanggung jawab dalam keluarga

4. Unjuk kerja melakukan kegiatan yang menunjukkan keluarga sebagai pemberian Allah



8 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa Pak Kelas II
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.3    Meyakini kerukunan di sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggal sebagai wujud ketaatan pada Allah
2.3    Membiasakan menjaga kerukunan  di sekolah dan lingkungan agar terjadi suasana damai dan harmonis
3.3.   Menceritakan cara menjaga kerukunan di sekolah dan lingkungan agar terjadi suasana damai dan harmonis
4.3.1 Turut menjaga kerukunan  agar terjadi suasana damai dan harmonis di keluarga dan lingkungan sekitar tempat tinggal
4.3.2    Menerapkan hidup rukun di sekolah dan lingkungan agar terjadi suasana damai dan harmonis
-  Hidup rukun di sekolah dan di lingkungan
Mengamati
·      Mengamati berbagai contoh tindakan yang menunjukkan hidup rukun di sekolah, rumah, dan di  lingkungan sekitar.
·      Menyimak pengalaman temannya  dalam menjaga kerukunan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar.
·      Menyimak cerita tentang hidup rukun dan tidak rukun di sekolah atau di lingkungan.
·      Menyimak cerita tentang menjaga kerukunan dalam keluarga dan lingkungan menurut cerita Alkitab.

Menanya
·         Menanyakan mengapa perlu menjaga  kerukunan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar agar tercipta suasana damai dan harmonis.
·         Menanyakan perannya dalam menjaga kerukunan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan sekitar agar tercipta suasana damai dan harmonis.

Mengeksplorasi
·         Mengadakan berbagai permainan sederhana yang menunjukkan kerukunan, misalnya permainan pesan berantai atau mewarnai satu gambar secara bersama-sama dalam kelompok kecil, dimana setiap anggota kelompok berhak mewarnai sesuai dengan pilihan warna kesukaannya.
·         Mengeksplorasi pengalaman pribadinya dalam menjaga hubungan dengan teman, bagaimana mereka saling menerima pendapat, saling mengalah dan bersikap sabar.
·         Mengeksplorasi hidup rukun berdasarkan cerita Alkitab.
·         Mendata beberapa perbuatan menjaga kerukunan di sekolah dan di lingkungan dan menyusunnya dalam tabel.
·         Mengeksplorasi keadaan kerukunan dari  lingkungan sekitar tempat tinggalnya, misalnya teman belajar, teman bermain di rumah, di lingkungan, atau di gereja.

Mengasosiasi
·         Menganalisis sebuah cerita sederhana dan menghubungkannya dengan pentingnya kerukunan.
·         Memberikan contoh hidup rukun dihubungkan dengan pengalaman kehidupan sehari-hari.

Mengomunikasikan
·         Menyanyikan lagu bertemakan kerukunan misalnya “Yesus Cinta Semua Anak,” “Rukun Cinta Satu Sama Lain,” dan “Hari Ini Kurasa Bahagia”.
·         Membuat kesepakatan sederhana di kelas sebagai usaha menjaga kerukunan di sekolah dan menempelkannya di kelas, misalnya “aku mau menghargai teman yang sedang berbicara, aku mau menjaga ketenangan belajar di kelas,” dll.
·         Membuat laporan sederhana dari tindakan pembiasaan menjaga kerukunan dan manfaat yang diperoleh dengan dipandu oleh orang tua.
·         Membuat doa sederhana berisi kerinduan untuk menjaga kerukunan.


1.   Tes lisan atau tulisan tentang menunjukkan perilaku hidup rukun di sekolah dan di lingkungan

2.    Penilaian diri (self assessment) dalam hal menciptakan dan menjaga kerukunan di sekolah dan di lingkungan

3.    Penugasan saat melakukan pembiasaan menjaga kerukunan di sekolah, keluarga, dan di lingkungan sekitar dengan dipandu oleh orang tua.

4.    Hasil karya: membuat karya berupa doa atau laporan sederhana tentang pelaksanaan hidup rukun di sekolah, di rumah, dan di lingkungan dalam melaksanakan disiplin.

5.    Unjuk kerja melakukan kegiatan menanam atau merawat tumbuhan di sekolah

   9 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas II
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.4    Meyakini disiplin sebagai wujud ketaatan pada Allah
2.4   Menunjukkan perilaku disiplin di sekolah dan di lingkungan
3.4   Menyebutkan bentuk disiplin di sekolah dan di lingkungan
4.4.1 Menerapkan perilaku disiplin di sekolah dan di lingkungan
4.4.2.Menyanyikan lagu rohani anak-anak yang menunjukkan ucapan syukur pemeliharaan Allah pada dirinya, keluarganya, dan lingkungannya
- Disiplin di sekolah dan di lingkungan

Mengamati
·         Membaca bersama peraturan atau disiplin yang ada di sekolah.
·         Menyimak pengalaman pribadinya tentang menaati peraturan sekolah yang ada.
·         Menyimak pesan moral lagu-lagu bertemakan disiplin.

Menanya
·         Menanyakan bentuk disiplin di sekolah dan di lingkungan.
·         Menanyakan perannya dalam menerapkan disiplin di sekolah dan di lingkungan.
·         Menanyakan bentuk disiplin dalam peraturan sekolah.

Mengeksplorasi
·         Mendiskusikan bentuk disiplin dalam peraturan sekolah, alasan peraturan tersebut dibuat, dan manfaatnya bagi peserta didik.
·         Mendata beberapa perbuatan disiplin di sekolah dan di lingkungannya dalam tabel.
·         Mendata kegiatan harian sejak ia bangun pagi sampai malam hari ia tidur, dengan mencantumkan waktu/jam saat melakukan kegiatan tersebut dalam tabel.
·         Menggali perlunya disiplin dari Alkitab.

Mengasosiasi
·         Menganalisis apa yang terjadi seandainya mereka tidak taat dan tidak tepat waktu dalam melakukan suatu kegiatan, misalnya terlambat bangun, tidak makan pagi, bermain terlalu lama, dll.

Mengomunikasikan
·         Menyanyikan lagu bertemakan disiplin, misalnya “Kawanku ini hari Minggu,” “Oh Ibu dan Ayah Selamat Pagi, dll”.
·         Mempraktikkan perbuatan disiplin sebagai bentuk pembiasaan dan dimonitoring oleh orangtua dan guru melalui laporan sederhana.
·         Membuat komitmen  dalam berbagai bentuk karya untuk hidup berdisiplin di sekolah dan di rumah.
·         Membuat doa sederhana berisi kerinduan untuk hidup disiplin.

1.    Tes lisan dan tulisan sehubungan dengan disiplin atau peraturan sekolah, serta disiplin di lingkungan

2.    Penilaian diri (self assessment) dalam hal  menerapkan disiplin sesuai peraturan sekolah, dan disiplin di lingkungan

3.    Penugasan saat melakukan pembiasaan melaksanakan disiplin di sekolah dan di lingkungan dengan dipandu oleh orangtua.
4.    Hasil karya: membuat karya komitmen untuk melaksanakan disiplin

5. Unjuk kerja melakukan kegiatan disiplin di sekolah dan di lingkungan


 9 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas II
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas II
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan        :  SD

Kelas                              : III (Tiga)

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Mensyukuri kehadiran Allah   melalui  iklim dan gejala-gejala  alam
2.1.  Menunjukkan kepedulian terhadap iklim dan gejala-gejala  alam
3.1 Menceritakan  kehadiran Allah dalam iklim dan gejala-gejala  alam
4.1 Menerapkan sikap kepedulian terhadap iklim dan gejala-gejala  alam
Allah Mahakuasa
-      Kehadiran Allah melalui iklim dan gejala alam

1.   Tes lisan dan tertulis mengenai kehadiran Allah melalui iklim dan gejala alam.
2.   Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri iklim dan gejala alam
3.  Penugasan: membuat doa dan pembiasaan
 9 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas III
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas III
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.2 Mensyukuri kehadiran Allah melalui keberagaman flora dan fauna di sekitarnya
2.2 Menunjukkan tanggung jawab dalam memelihara flora dan fauna  yang ada di sekitarnya
3.2 Menyebutkan contoh  tanggung jawab dalam memelihara flora dan fauna  di sekitarnya
4.2 Menunjukkan   tanggung jawab dalam memelihara flora dan fauna  di sekitarnya

-       Kehadiran Allah melalui keberagaman flora dan fauna
Mengamati
·         Mengamati kehadiran Allah melalui keberagaman flora dan fauna yang ada di sekitarnya.
·         Mengamati keberagaman flora dan fauna di Indonesia terutama di lingkungan sekitarnya.

Menanya
·         Menanyakan tanggung jawab manusia dalam memelihara flora dan fauna di sekitarnya.
·         Menanyakan contoh tanggung jawabnya dalam memelihara flora dan fauna.

Mengeksplorasi
·         Mengumpulkan beberapa contoh flora dan fauna yang ada di sekitarnya, lalu menuliskan beberapa bukti kehadiran Allah melalui kehadiran flora dan fauna tersebut dalam tabel.
·         Menggali ayat-ayat Alkitab yang menyatakan tanggung jawab manusia untuk memelihara flora dan fauna.
·         Menceritakan pengalaman memelihara flora dan atau fauna di sekitarnya.

Mengasosiasi
·         Bertanggung jawab memelihara ciptaan Allah agar tetap baik adanya seperti semula diciptakan.

Mengomunikasikan
·         Menyanyikan lagu yang bertemakan kehadiran Allah melalui keberagaman flora dan fauna serta menuliskan makna atau pesan lagu tersebut.
·         Membuat karya sehubungan dengan merawat flora dan fauna.
1.    Tes lisan dan tertulis tentang kehadiran Allah melalui keberagaman flora dan fauna.
2.    Penilaian diri (self assessment) dalam merawat dan mensyukuri aneka flora dan fauna
3.    Unjuk kerja ketika merawat tanaman atau hewan peliharaan.
4.    Penugasan: membuat doa dan pembiasaan merawat atau memelihara flora dan fauna
8 mg x 4 jp



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.3  Mensyukuri kehadiran Allah melalui keberadaan sesama manusia
2.3 Menunjukkan perilaku saling mengasihi sesama manusia
3.3 Memahami  alasan mengasihi sesama manusia berdasarkan Alkitab
4.3 Mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri

-     Kehadiran Allah melalui keberadaan sesama manusia
Mengamati
·         Menyimak cerita Alkitab tentang kehadiran Allah dalam hidup manusia.
·         Menyimak cerita beberapa tokoh Alkitab yang menerima tindakan kasih dari orang-orang di sekitarnya, misalnya kisah Rasul Paulus di Korintus melalui Akwila dan Priskila.

Menanya
·      Menanyakan alasan mengasihi sesama manusia.

Mengeksplorasi
·      Mendata orang-orang yang terlibat dalam hidupnya di rumah atau lingkungan tempat tinggal, di sekolah, di gereja atau di tengah masyarakat.
·      Mendata bentuk-bentuk kasih yang mereka terima dari kehadiran orang-orang di sekitarnya.
·      Menceritakan bentuk-bentuk tindakan kasih yang mereka terima melalui orang-orang di sekitarnya.
·      Mendiskusikan tindakan-tindakan sederhana sebagai wujud mengasihi sesama manusia.


Mengasosiasi
·      Menghubungkan kasih Allah dengan kasih yang mereka terima melalui kehadiran orang-orang di sekitarnya.


Mengomunikasikan
·         Menceritakan tindakan kasih yang diterima melalui orang-orang di sekitarnya.
·         Mempraktikkan beberapa tindakan kasih kepada orang-orang di sekitarnya sebagai kegiatan pembiasaan.

1.    Tes lisan dan tertulis mengenai mengasihi sesama manusia
2.    Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri keberadaan sesama
3.    Penugasan: membuat doa dan pembiasaan mengasihi sesama manusia

 8 mg x 4 jp


1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas III
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas III
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.4     Menerima dan mensyukuri kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa sebagai pemberian Allah

2.4.1   Menunjukkan sikap toleran terhadap orang lain dari berbagai budaya, suku, agama dan bangsa

2.4.2  Menolong orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan pertolongan tanpa membeda-bedakan

3.4.1 Memahami bahwa keberagaman budaya, suku, dan bangsa adalah kekayaan yang dikaruniakan Allah pada manusia

3.4.2  Memahami bahwa setiap orang adalah sama di hadapan Allah

4.4.1 Bergaul dengan sesama dalam kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa

4.4.2  Menyanyikan lagu rohani anak-anak yang menunjukkan ucapan syukur pada kepelbagaian budaya, suku, bangsa serta  flora dan fauna
-   Kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa
Mengamati
·         Menyimak cerita Alkitab mengenai Orang Samaria yang Baik Hati.
·         Mengamati contoh sikap toleran dan tolong-menolong di lingkungan sekitarnya.

Menanya
·         Mendiskusikan mengapa sikap saling menolong dalam kehidupan bersama itu penting.

Mengeksplorasi
·         Memperkenalkan budaya atau sukunya dengan mendaftarkan atau menunjukkan ciri khas suku atau daerah, misalnya: pakaian adat, makanan khas, lagu daerah, dsb.
·         Mendata tentang keberagaman budaya, suku, agama dan bangsa yang ada di daerahnya.
·         Mendaftarkan contoh sikap toleran dan perbuatan tolong menolong dalam hidup bersama dengan orang lain di lingkungan sekitarnya.

Mengasosiasi
·         Menghubungkan keragaman ciptaan Tuhan dengan keberagaman budaya, suku, agama dan bangsa yang ada di daerahnya.
·         Menghubungkan kasih Allah dengan sikap saling menolong sesama.

Mengomunikasikan
·         Menyanyikan lagu yang bertemakan Yesus mengasihi semua orang, misalnya lagu: “Yesus Cinta Semua Bangsa”, “Aku Gereja, Kamu pun Gereja”, “Bermacam-macam Anak di Seluruh Dunia”, dan menuliskan pesan lagu tersebut.
·         Mempraktikkan sikap toleran dan saling menolong dalam hidup bersama dengan orang lain di sekitarnya sebagai kegiatan pembiasaan.

1.    Tes lisan dan tertulis tentang mengapa orang Samaria dikatakan baik hati, apa yang disampaikan oleh Yesus melalui perumpamaan ini.

2. Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa

3. Penugasan: membuat doa dan pembiasaan

36 JP
(9    x 4 JP)
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas III
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas III
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan        : SD

Kelas                              : IV (Empat)

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menerima dan meyakini kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
2.1    Memiliki kepedulian terhadap kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam di lingkungan sekitarnya
3.1    Memahami kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
4.1    Menunjukkan perilaku bersyukur  dalam berbagai peristiwa kehidupan.
Kemahakuasaan Allah dalam berbagai Peristiwa Alam

Mengamati
·     Menyimak kuasa Allah dalam hidup manusia dengan membaca Mazmur 104:1-35.
·     Menyimak kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa melalui Kejadian 1:26-27, Kejadian 2:7 dan Matius 26:36-46.
·     Mengamati ciptaan Allah dan berbagai peristiwa alam di lingkungan sekitar misalnya: matahari yang bersinar, bintang, hujan turun, alam yang indah, dll.

Menanya
·   Menanyakan bentuk-bentuk kepedulian terhadap kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam.


Mengeksplorasi
·      Mendiskusikan kemahakuasaan Allah dalam menciptakan alam dan isinya berdasarkan pengalaman dan menyimak Mzm. 104: 1-35, Kisah Para Rasul 1: 6-8, dan Matius 26: 36-46.
·     Mengekplorasi pengalaman dalam menghadapi berbagai gejala dan peristiwa alam.

Mengasosiasi
·     Menulis pesan moral lagu rohani dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa.

Mengomunikasikan
·      Membuat puisi atau cerita singkat tentang kekagumannya pada kemahakuasaan Allah dalam hidupnya.
·     Menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan “kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa”.
·     Menulis doa syukur atau semboyan yang bertemakan tentang “Allah Berkuasa.”
1.      Tes lisan dan tertulis  mengenai kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
2.      Membuat karya yang  menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
3.      Penilaian diri (self assessment) dalam hal
      ucapan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
4.      Penugasan membuat doa
8 mg x 4 jp


1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas IV
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.2     Meyakini kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai kehidupan manusia
2.2    Memiliki kepedulian dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia di sekitarnya
3.2    Memahami kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia di sekitarnya
4.2    Menunjukkan perilaku bersyukur  dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia di sekitarnya


Kemahakuasaan Allah dalam Berbagai Peristiwa Rantai Kehidupan Manusia
Mengamati
·      Menyimak cerita tentang sikap menerima keberadaan diri sebagai ciptaan Allah dan membandingkan dengan sikap diri sendiri.
·      Membaca Kejadian 1:26-27, Kejadian 2:7 dan Matius 26:36-46.

Menanya
·      Menanyakan bentuk-bentuk kehadiran Allah dalam hidup manusia.
·      Menanyakan arti manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.

Mengeksplorasi
·       Mengeksplorasi Alkitab untuk mendata beberapa fakta tentang kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia.
·      Menjelaskan bentuk kehadiran Allah dalam hidupnya menurut Amsal 3:16-17.
·      Mengeksplorasi sikap diri sendiri terhadap penyakit kusta dan membandingkan sikap diri tersebut dengan peristiwa yang dialami Naaman, seorang panglima perang Aram serta mendata  bukti kemahakuasaan Allah dalam kehidupan Naaman.

Mengasosiasi
·         Menuliskan pengalaman saat berulang tahun dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah atas hidup manusia.

Mengomunikasikan
·         Menceritakan kemahakuasaan Allah dalam hidupnya dan orang lain dalam kelahiran, ulang tahun dsb, lalu menceritakan (berpasangan maupun berkelompok) tentang pengalaman ketika berhasil atau pun gagal melakukan sesuatu.
·         Menuliskan ucapan syukur atas kehadiran Allah dalam bentuk doa dan menulis sebuah janji untuk menjadi anak yang selalu bersyukur.
·         Menuliskan satu pengalaman tentang pertolongan Allah dalam hidupnya.
1.      Tes lisan dan tertulis mengenai kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia.
2.      Membuat karya yang  menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai hidupnya
3.      Penilaian diri (self assessment) dalam hal pertolongan Allah bagi hidupnya
4.      Penugasan membuat tulisan tentang pertolongan Allah

 8 mg x 4 jp


1.   Alkitab
2.   Standar Isi Kurikulum PAK
3.   Buku Siswa PAK Kelas IV
4.   Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV
5.   Konkordansi Alkitab
6.   Buku sumber lainnya
1.3    Menerima dan mengakui  keterbatasannya sebagai manusia 
2.3    Memiliki perilaku yang menunjukkan  kesadaran atas  keterbatasannya sebagai manusia dalam kaitannya dengan kemahakuasaan Allah
3.3    Menceritakan keterbatasannya sebagai manusia
4.3    Membuat karya yang mengekpresikan  keterbatasannya sebagai manusia

Menerima Keterbatasan Diri
Mengamati
·         Menyimak sebuah artikel tentang anak yang istimewa lalu membandingkan dengan pengalaman pribadi.
·         Menyimak kisah nabi-nabi misalnya Nabi Mikha yang dipakai Allah untuk menegur bangsa Israel yang berdosa.

Menanya
·         Menanyakan mengapa Allah memilih dan memakai manusia yang terbatas, seperti Nabi Amos untuk menegur bangsa Israel.

Mengeksplorasi
·          Menuliskan kelebihan dan kekurangan pribadi serta membandingkan dengan pengalaman Amos ketika dipanggil Allah untuk menegur bangsa Israel.
·          Mendata beberapa rencana mereka di masa depan dan menuliskan beberapa hal yang perlu mereka lakukan sehubungan dengan rencana tersebut.
·          Membuat kliping atau kolase yang menggambarkan keterbatasan manusia dan bukti bahwa manusia membutuhkan pertolongan Allah.

Mengasosiasi
·         Mendaftarkan bukti kemahakuasaan Allah atas keterbatasan manusia dihubungkan dengan pengalaman Mikha.
·         Menuliskan atau menceritakan teladan nabi-nabi yang patut dteladani, dihubungkan dengan tindakan yang bergantung pada kemahakuasaan Allah.

Mengkomunikasikan
·         Mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran Allah melalui sebuah doa.
·         Menceritakan keterbatasan sebagai manusia melalui sebuah tulisan atau karya kreatif lainnya.
1.      Tes lisan dan tertulis tentang keterbatasan manusia dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah.
2.      Membuat karya yang  menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai hidupnya
3.      Penilaian diri (self assessment) dalam hal menerima keberadaan diri sendiri


 9 mg x 4 jp


1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas IV
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.4  Menerima dan
       mensyukuri
  kebergantungan manusia
  pada kemahakuasaan     
  Allah
2.4.1 Menunjukkan sikap hidup bergantung pada kemahakuasaan Allah
2.4.2 Bersikap disiplin dan bertanggung jawab dalam mewujudkan  cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada Allah.
3.4.1 Menceritakan pengalaman kebergantungan manusia pada kemahakuasaan Allah
3.4.2 Memahami cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada Allah dalam hal disiplin dan bertanggung jawab
3.4.3 Memahami  kebergantungan manusia pada kemahakuasaan Allah
4.4.1  Menerapkan perilaku kebergantungan manusia pada kemahakuasaan Allah
4.4.2  Mencontohkan perilaku yang merupakan wujud cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada Allah.
4.4.3  Menyanyikan lagu rohani anak-anak yang menunjukkan ketergantungan kepada Allah
Hidup bergantung pada kemahakuasaan Allah
Mengamati
·          Membaca kitab Ayub 1:1-22 sampai dengan Ayun 2:1-10.
·          menyimak pengalaman hidup Ayub, seorang tokoh Alkitab yang hidup bergantung kepada Allah.
·          Membaca Markus 10:46-52 dan menyimak pengalaman seorang buta bernama Bartimeus yang disembuhkan oleh Yesus.
·          Membaca Kejadian 6:9 sampai dengan Kejadian 8:22 dan menyimak kisah hidup Nuh sekeluarga yang bersyukur atas keselamatan yang mereka terima dari Allah dalam peristiwa air bah.
·          Membaca Markus 4:35-41 dan menyimak contoh kemahakuasaan Allah melalui tindakan Yesus yang meredakan angin ribut.
·          Menyimak kisah atau cerita seorang peserta didik yang berdoa dan berusaha untuk menghadapi ujian.
·          Menyimak sikap hidup Nehemia serta perbuatannya yang menunjukkan bagaimana Nehemia hidup berserah kepada Allah.

Menanya
·         Merenungkan berbagai hal yang diberikan Allah dalam hidupnya, orangtua, keluarga atau semua kebutuhan hidupnya yang dicukupi Allah.
·         Mendiskusikan alasan manusia bergantung kepada Allah.
·         Menanyakan contoh-contoh tindakan nyata berserah kepada Allah.



Mengeksplorasi
·         Mendata penderitaan yang dialami Ayub dan bagaimana Ayub tetap hidup bergantung kepada Allah.
·         Mendata contoh perbuatan yang mencerminkan hidup bergantung kepada Allah.
·         Mendata bukti kebergantungan hidup manusia kepada Allah dan menyimak makna lagu “Dia sanggup.”
·         Mendata beberapa alasan mereka bersyukur kepada Allah.
·         Membandingkan pengalaman para murid dengan pengalaman diri sendiri dengan mendata bukti kebergantungannya pada pertolongan Allah.
·         Mendata bukti kebergantungan seorang anak kepada Allah serta perbuatan yang menunjukkan kebergantungan kepada Allah.
·         Mendata beberapa bukti kebergantungannya kepada Allah serta menuliskan perbuatan yang menunjukkan hidup berserah kepada Allah.
·         Mencari dan mendaftarkan contoh-contoh cerita Alkitab dari Injil Matius, Markus, Lukas atau Yohanes; yang menggambarkan kebergantungan manusia kepada Allah.

Mengasosiasi
·         Membuat tulisan atau karya kreatif yang menyatakan kebergantungan kepada Allah dihubungkan dengan pengalaman pribadi bergantung kepada Allah.
·         Mendaftarkan cara hidup bergantung kepada Allah yang dihubungkan dengan pengalaman hidup Nabi Nuh.
·         Menuliskan atau menceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang dihubungkan dengan tindakan Allah sebagai Penolong atau Penyelamat.

Mengomunikasikan
·         Menceritakan pengalaman menerima pertolongan Allah dalam hidupnya.
·         menuliskan sebuah doa atau puisi yang menyatakan rasa syukur kepada Allah.
·         Mencontohkan sikap hidup bergantung kepada Allah melalui permainan drama.
·         Menunjukkan rasa syukur atas kebergantungan kepada Allah melalui sebuah karya, doa, puisi, gambar, karangan atau kesaksian.
·         Menyanyikan lagu rohani yang menyatakan kebergantungan kepada Allah dan menuliskan pesan lagu tersebut.
1.      Tes lisan dan tertulis tentang kebergantungan manusia kepada Allah
2.      Membuat karya yang  menunjukkan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai hidupnya
3.      Unjuk kerja (bermain drama atau bermain peran)
4.      Penilaian diri (self assessment) dalam hal hidup berserah
 9 mg x 4 jp


1.   Alkitab
2.   Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas IV
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas IV
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan        :  SD

Kelas                              :  V (Lima)

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menerima bahwa manusia berdosa sehingga perlu bertobat
2.1  Menunjukkan sikap menolak cara hidup manusia berdosa
3.1  Menjelaskan bahwa manusia berdosa sehingga perlu bertobat
4.1  Mencontohkan perubahan cara hidup sebagai manusia berdosa yang sudah bertobat

Manusia Berdosa perlu Bertobat


Mengamati
·      Membaca kisah kejatuhan manusia dalam dosa
·      Membaca cerita atau kisah tokoh-tokoh Kristen atau tokoh Alkitab yang bertobat

Menanya
·      Menanyakan apa itu dosa
·      Menanyakan mengapa manusia berdosa
·      Menanyakan apa itu bertobat
·      Menanyakan mengapa manusia perlu bertobat

Mengeksplorasi
·      Menggali ayat-ayat Alkitab yang menceritakan perbuatan manusia yang berdosa sehingga perlu bertobat misalnya: Kejadian 3, 4:1-16
·      Menggali ayat-ayat Alkitab mengenai ajakan untuk bertobat misalnya: Matius 4:17 atau Lukas 15:11-32
·      Mendiskusikan perbuatan-perbuatan apa saja yang dapat membuat manusia berdosa
·      Membandingkan cara hidup manusia yang berdosa dengan cara hidup  manusia yang sudah bertobat

Mengasosiasi
·      Menemukan makna pertobatan dalam hubungan dengan pengalaman pribadi atau hidup orang lain.

Mengomunikasikan
·      Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan tekad untuk bertobat
·      Menyanyikan lagu yang bertemakan pengakuan dosa dan pertobatan, serta menuliskan pesan atau makna lagu tersebut
1.  Tes lisan dan tertulis tentang manusia berdosa perlu bertobat
2.  Penilaian diri (self assessment) dalam hal sikap hidup bertobat
3.  Penugasan membuat puisi, doa atau karya-karya kreatif lainnya yang menyatakan tekad untuk bertobat

8 mg x 4 jp


1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas V
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.2   Menerima dan mensyukuri karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
2.2  Membiasakan cara hidup orang bertobat yang sudah diselamatkan oleh Yesus Kristus
3.2  Memahami dan menjelaskan karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
4.2  Mempraktikkan cara hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan Allah dengan mengasihi sesama dan lingkungannya



Karya Penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus


Mengamati
·      Membaca kisah tentang penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
·      Membaca kisah pengorbanan Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia berdosa

Menanya
·      Menanyakan arti keselamatan
·      Menanyakan alasan Allah menyelamatkan manusia
·      Menanyakan mengapa Allah menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus

Mengeksplorasikan
·      Mendiskusikan mengapa manusia berdosa membutuhkan Penyelamat
·      Menggali ayat-ayat Alkitab yang menceritakan kisah pengorbanan Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia berdosa, misalnya: Markus 15:20b-40

Mengasosiasi
·      Menemukan arti keselamatan dari Allah bagi dirinya.

Mengomunikasikan
·      Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan rasa syukur atas keselamatan dari Allah
·      Menyanyikan lagu yang bertemakan ucapan syukur atas keselamatan dari Allah dan menuliskan makna lagu tersebut.
·      Membuat sebuah proyek bersama yang menunjukkan sikap mengasihi sesama dan lingkungan sebagai cara hidup orang yang sudah diselamatkan

1.  Tes lisan dan tertulis tentang karya penyelamatan Allah
2.  Unjuk karya membuat sebuah proyek bersama yang menunjukkan sikap mengasihi sesama dan lingkungan sebagai cara hidup yang sudah diselamatkan
3.  Penilaian diri (self assessment) mengenai hidup yang sudah diselamatkan Allah
4.  Penugasan membuat puisi atau doa tentang ucapan syukur sudah diselamatkan Allah

9 mg x 4 jp


1. Alkitab
2. Standar Isi Kurikulum PAK
3. Buku Siswa PAK Kelas V
4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V
5. Konkordansi Alkitab
6. Buku sumber lainnya
1.3   Meyakini peran Roh Kudus dalam proses pertobatan
2.3  Menunjukkan peran Roh Kudus dalam proses pertobatan dengan hidup mengasihi sesama
3.3  Memahami dan menjelaskan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang yang sudah diselamatkan
4.3  Membuat karya-karya kreatif sebagai ungkapan syukur atas pertolongan Roh Kudus dalam hidup orang yang sudah diselamatkan
Peran Roh Kudus dalam Kehidupan
Mengamati
·      Membaca cerita atau kesaksian yang menunjukkan peran Roh Kudus dalam proses pertobatan seseorang
·      Membaca kisah-kisah tokoh Kristen yang bertobat karena pertolongan Roh Kudus

Menanya
·      Menanyakan apa itu Roh Kudus
·      Menanyakan bagaimana Roh Kudus bekerja dalam proses pertobatan seseorang

Mengeksplorasikan
·      Menggali teks-teks Alkitab yang menceritakan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang yang sudah diselamatkan, misalnya: Kisah Para Rasul 27:14-44, Yohanes 14:15-26, Roma 8:14-16
·      Mendiskusikan cara Roh Kudus bekerja dalam kehidupan orang yang sudah diselamatkan

Mengasosiasi
·      Menceritakan pengalaman pribadi atau kesaksian orang lain yang menyatakan peran Roh Kudus sehingga mereka bertobat.
·      Menceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang merasakan pertolongan Roh Kudus dalam menjalani hidup sesudah bertobat (diselamatkan)

Mengomunikasikan
·      Menulis kesaksian, puisi, doa atau karya-karya kreatif yang menyatakan rasa syukur atas pertolongan Roh Kudus
·      Menyanyikan lagu yang bertemakan ucapan syukur atas pertolongan Roh Kudus dalam hidupnya dan menuliskan makna lagu tersebut.
1.   Tes lisan dan tulisan tentang peran Roh Kudus dalam kehidupan.
2.   Penilaian diri berupa refleksi tentang pertolongan Roh Kudus dalam kehidupan
3.  Penugasan dengan membuat puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif lainnya yang menyatakan rasa syukur atas pertolongan Roh Kudus.


8 mg x 4 jp



1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum Pak
3.    Buku Siswa PAK Kelas V
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.4   Menerima  cara hidup manusia baru sebagai perilaku orang yang sudah bertobat
2.4  Menunjukkan sikap bertanggung jawab sebagai tanggapan manusia berdosa yang telah bertobat
3.4  Menceritakan contoh cara hidup manusia baru yang sudah bertobat
4.4  Mempraktikkan cara hidup manusia baru dengan menjadi teladan bagi sesama

Cara Hidup
Manusia Baru
Mengamati
·      Membaca cerita atau buku teks mengenai cara hidup manusia baru
·      Membaca kisah-kisah tokoh Kristen yang bertobat dan menjadi teladan bagi sesama


Menanya
·      Menanyakan apa artinya manusia baru.
·      Menanyakan bagaimana cara hidup manusia baru.

Mengeksplorasikan
·      Menggali ayat-ayat Alkitab yang memberi informasi mengenai contoh cara hidup manusia baru, misalnya: Galatia 5:16-26, Efesus 5:1-21
·      Mendiskusikan perbedaan cara hidup manusia lama dengan cara hidup manusia baru

Mengasosiasi
·      Menceritakan pengalaman pribadi atau kesaksian orang lain dihubungkan dengan cara hidup manusia baru yang sudah bertobat

Mengomunikasikan
·      Bermain drama atau bermain peran yang menunjukkan cara hidup manusia baru.
·      Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan tekad untuk menjadi teladan bagi sesama.
·      Menyanyikan lagu yang menyatakan tekad untuk menjadi teladan bagi sesama dan menuliskan pesan lagu tersebut.
·      Membuat sebuah proyek bersama yang menunjukkan teladan bagi sesama.

1.  Tes lisan dan tulisan tentang cara hidup manusia baru.
2.  Penilaian diri berupa refleksi tentang sikap hidup sebagai manusia baru.
3.  Unjuk karya dengan bermain drama atau bermain peran  tentang cara hidup manusia baru.
4.  Penugasan:
     membuat puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif  lainnya, yang menyatakan tekad untuk menjadi teladan bagi sesama; serta membuat suatu proyek bersama yang menunjukkan teladan bagi sesama.

8      mg x 4 jp

1.   Alkitab
2.   Standar Isi Kurikulum PAK
3.   Buku Siswa PAK Kelas V
4.   Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V
5.   Konkordansi Alkitab
6.   Buku sumber lainnya



SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan        :  SD

Kelas                              :  VI (Enam)

Kompetensi Inti              : 
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Meyakini ibadah yang berkenan    
 kepada  Allah.
2.1  Mengembangkan sikap beribadah   
       yang berkenan kepada Allah.
3.1  Memahami arti ibadah yang
       diperkenan Allah.
4.1  Melakukan ibadah yang
       berkenan kepada Allah.








Ibadah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah



Ibadah yang berkenan kepada Allah





















Mengamati
·       Mengamati bentuk-bentuk ibadah yang dilakukan oleh berbagai pemeluk agama.

Menanya
·       Menanyakan mengapa orang perlu beribadah.

Mengeksplorasi
·       Mencari makna ibadah dari Alkitab dan berbagai sumber. 
·       Diskusi kelompok tentang alasan orang Kristen beribadah kepada Tuhan Allah yang diimaninya.
·       Mengeksplorasi Kitab Amos dan Yeremia mengenai Ibadah yang berkenan kepada Allah.

Mengasosiasi
·        Menghungkan makna ibadah dengan pengalamannya beribadah selama ini.


Mengomunikasikan
·        Menceritakan pengalaman ketika mengikuti ibadah di sekolah Minggu maupun gereja: bagaimana suasana, apa yang dirasakan, siapa saja yang terlibat, dsb. 
·        Mempresentasikan hasil diskusi tentang alasan orang Kristen beribadah.
·        Menulis refleksi atau puisi mengenai makna ibadah bagi dirinya.

1.   Tes lisan dan tulisan tentang mengapa orang perlu beribadah dan makna ibadah.
2.   Penugasan mengamati apa saja bentuk ibadah yang dilakukan oleh berbagai pemeluk agama.
3.   Penilaian diri berupa refleksi tentang makna ibadah bagi dirinya.
4.   Hasil karya berupa puisi tentang makna ibadah.
8 mg x 4 jp
1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas VI
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.2.     Mengakui pentingnya  menjalin hubungan akrab dengan Allah secara terus menerus sebagai wujud ibadah.

2.2.     Memiliki hubungan akrab dengan Allah secara terus menerus sebagai wujud ibadah.

3.2.  Memahami pentingnya menjalin hubungan akrab dengan Allah secara terus menerus sebagai wujud ibadah.
4.2.     Membiasakan diri beribadah dengan cara mengikuti ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab.













Aku setia beribadah













Mengamati
·      Mengamati unsur-unsur ibadah dan  berbagai bentuk liturgi dalam ibadah.

Menanya
·        Menanyakan apa saja unsur-unsur dalam ibadah Kristiani: di ibadah Minggu pada hari Minggu biasa, ibadah Perjamuan Kudus, Minggu Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus ke surga dan Pentakosta.

Mengeksplorasi
·        Membuat daftar mengenai aktivitasnya dalam mengikuti ibadah di sekolah Minggu, di gereja maupun di sekolah.

·        Mengeksplorasi makna ibadah khusus gerejawi: Perjamuan Kudus, Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus ke surga, dan Pentakosta dari berbagai sumber.

·        Mengkaji doa Bapa Kami untuk menemukan unsur-unsur dalam doa.

Mengasosiasi
·        Menghubungkan makna ibadah dengan perintah Allah dalam Keluaran 20: 3 – 10, dan Matius 22: 37 – 38.
Mengomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil eksplorasi mengenai unsur-unsur dalam ibadah dan bentuk-bentuk liturgi, dan makna ibadah khusus.
·      Menceritakan tentang pengalaman membangun hubungan dengan Allah: Apakah mereka menyediakan waktu secara khusus untuk berdoa dan membaca Alkitab?
·      Menyusun doa permohonan kepada Tuhan Allah agar menolong dirinya setia beribadah dan bersekutu dengan saudara-saudara seiman.
1. Tes lisan dan tulisan tentang unsur-unsur penting dalam ibadah hari Minggu dan ibadah pada hari-hari raya gerejawi dan tentang unsur-unsur dalam Doa Bapa Kami.
2. Penugasan tentang makna ibadah (boleh pilih salah satu): Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus, Pentakosta.
3. Penilaian diri tentang pengalamannya beribadah, apakah menunjukkan ketekunan dan kerinduan membangun hubungan akrab dengan Tuhan.
4. Hasil karya berupa doa, puisi, gambar, poster, dsb. tentang makna ibadah sebagai wujud membangun hubungan yang akrab dengan Tuhan dan sesama secara terus menerus.
8 mg x 4 jp


1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas VI
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.3.     Meyakini  kesempatan melayani sesama sebagai ibadah kepada Allah.
2.3.  Memiliki sikap melayani
        sesama sebagai salah satu
        ungkapan ibadah kepada 
        Allah.

3.3.1  Menceritakan  ibadah yang berkenan kepada  Allah dengan mengacu pada Amos 5: 21-27.

3.3.2 Menjelaskan keterkaitan
         beribadah kepada Allah  
         dengan melayani sesama

4.3    Melayani sesama sebagai salah satu ungkapan ibadah kepada Allah




Melayani sesama sebagai wujud Ibadah kepada Allah
Mengamati
·        Mengamati perbuatan “melayani” yang pernah dilakukannya di rumah, di sekolah dan di gereja atau Sekolah Minggu.

Menanya
·        Menanyakan arti “melayani.”
·        Menanyakan kaitan antara “melayani” dengan “ibadah.”


Mengeksplorasi
·        Mengeksplorasi Kitab Amos 5:21-27 mengenai arti ibadah yang berkenan kepada Allah.
·        Melakukan wawancara dengan dua orang aktivis/pelayan di gereja, menanyakan alasan mereka “melayani” di gereja, dan apa saja persiapan yang dilakukan untuk “melayani.”
·        Mengkaji dari berbagai sumber tentang arti “melayani.”

Mengasosiasi
·        Mencari hubungan antara melayani dengan ibadah.

Mengomunikasikan
·        Menceritakan perbuatan “melayani” yang pernah dilakukannya di rumah, di sekolah dan di gereja atau Sekolah Minggu.
·        Melaporkan hasil wawancaranya terhadap dua orang aktivis/pelayan.
·        Melaporkan hasil kajian tentang ibadah yang berkenan kepada Allah.
·        Menulis puisi tentang “melayani sesama sebagai ibadah.”
1.    Tes lisan dan tulisan tentang arti “melayani” dan kaitan antara “melayani” dengan “ibadah.”

2.  Penugasan: melakukan wawancara terhadap dua aktivis/pelayan di gerejanya, tentang arti “melayani” menurut mereka.

3. Penilaian diri tentang apa saja bentuk-bentuk “melayani” yang pernah dilakukannya.

4.    Hasil karya berupa kajian tentang arti “ibadah yang diperkenan Allah” yang diperolehnya dari berbagai sumber. Karya-karya lainnya boleh berupa tulisan hasil refleksi, atau puisi, lirik lagu, yang berisi tentang kerinduan beribadah, atau ibadah yang diperkenan Allah, atau tentang melayani sesama.
8 mg x 4 jp


1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas VI
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya
1.4.  Meyakini seluruh hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan
2.4    Menunjukkan sikap hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan

3.4  Memahami sikap hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan
4.4  Mengekspresikan  sikap hidupnya sebagai ibadah yang sejati kepada Tuhan







Ibadah Yang Sejati
Mengamati
·       Mengamati tentang ibadah yang “sejati.”

Menanya
·       Menanyakan beda antara ibadah “sejati” dengan ibadah yang “tidak sejati.”

Mengeksplorasi
·       Mengeksplorasi tentang arti ibadah yang “sejati.”
·       Mengkaji apakah selama ini mereka telah melakukan ibadah yang “sejati” dalam hidupnya.
·       Mengeksplorasi “ibadah sejati” sebagai ekspresi hidup orang beriman.
·       Menuliskan berbagai bentuk “ibadah  yang sejati” yang dapat dilakukan di rumah, di sekolah maupun di gereja.

Mengomunikasikan
·       Melaporkan hasil kajian mengenai ibadah yang sejati sebagai ekspresi hidup orang beriman.
·       Melaporkan rencana untuk meningkatkan kualitas ibadahnya dalam tiga bulan ke depan.
1.    Tes lisan dan tulisan tentang perbedaan antara ibadah “sejati” dan ibadah “tidak sejati.”

2.    Penugasan: membuat laporan tentang apa saja bentuk-bentuk dan makna  ibadah “sejati’”

3.  Penilaian diri tentang apakah ia sudah melakukan ibadah “sejati.”

4.  Hasil karya berupa rencana untuk meningkatkan kualitas ibadahnya dalam tiga bulan ke depan. Karya-karya lainnya boleh berupa tulisan hasil refleksi, atau puisi, lirik lagu, yang berisi tentang makna ibadah yang sejati.
8 mg x 4 jp


1.    Alkitab
2.    Standar Isi Kurikulum PAK
3.    Buku Siswa PAK Kelas VI
4.    Buku Petunjuk Guru PAK Kelas VI
5.    Konkordansi Alkitab
6.    Buku sumber lainnya




0 Response to "SILABUS SD AGAMA KRISTEN 1 2 3 4 5 6 "

Post a Comment