Kata Kerja Operasional /KKO ( Ketrampilan ) Pada Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum 2013 Revisi

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)  KETRAMPILAN
Untuk mempermudah penyusunan Indikator  Pencapaian Hasil Belajar  dan Indikator Soal
Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi


Menirukan P1
Memanipulasi P2

Pengalamiahan P3
Artikulasi P4

Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur

Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus

Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Mensketsa
Melonggarkan
Menimbang



Taksonomi Psikomotor Dave
P1
Imitasi
P2
Manipulasi
P3
Presisi
P4
Artikulasi
P5
Naturalisasi
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
mematuhi
Kembali membuat
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan

Menunjukan
Melengkapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan

Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Mengintegrasikan
Meng-adaptasi
Mengembangkan
Merumuskan
Memodifikasi
Mendesain
Menentukan
Mengelola

Meniru

Menciptakan kembali
Menunjukan
Mengimplementasikan

Mendemonstrasikan
Mengontrol

Mengkonstruksikan
Memecahkan
Mengkombinasikan
Mengkoordinasikan
Memformulasi
Merancang
Menspesifikasi



Domain Psikomotor “Dave”

Kategori
Deskripsi Perilaku
Contoh Aktivitas yang diukur
Kata Kerja
1
Imitasi (Imitation)
Meniru tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi
Mengamati guru atau pelatih kemudian menirukannya: aktivitas proses.
Meniru, mengikuti, mereplikasi, mengulangi,
2
Manipulasi (Manipulation)
Mereproduksi aktivitas dari pelatih atau ingatannya
Melakukan tugas dari instruksi tertulis atau verbal
Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan, mengimplementasikan
3
Presisi (Precision)
Melakukan keterampilan tanpa bantuan orang lain
Mempertunjukkan keahlian melaksanakan tugas atau aktivitas tanpa bantuan atau instruksi, mampu menunjukkan aktivitas pada siswa lain.
Mendemonstrasikan, melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol.
4
Artikulasi (Articulation)
Mengadaptasi dan mengintegrasikan keahlian
Mengaitkan dan mengkombinasikan aktivitas untuk mengembangkan metoda
Mengkonstruksikan, memecahkan, mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi, mengembangkan, memformulasi
5
Naturalisasi (Naturalization)
Melkukan aktivitas secara terkait dengan tingkat keterampilan yang telah dimiliki
Mendefinisika tujuan, pendekatan dan strategi untuk melakukan aktivitas untuk keperluan
Merancang, menspesifkasi, mengelola,






Domain Psikomotor Simpson
No.
Kategori
Penjelasan
Kata Kerja Kunci
1.
Persepsi
Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu
Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu ruangan panas
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan, mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi.
2.
Kesiapan
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik, dan emosi, dalam menghadapi sesuatu.
Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan, menerima kelebihan dan kekurangan seseorang.
Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu, memperlihatkan mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan
3.
Reaksi yang diarahkan”
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan bantuan / bimbingan dengan meniru dan uji coba.
Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan, mengerjakan, membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi.
4.
Reaksi natural (mekanisme)
Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada tingkat ketrampilan tahap yang lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan siswa akan terbiasa melakukan tugas rutinnya.
Contoh: menggunakan computer
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani.
5.
Reaksi yang kompleks
Kemampuan untuk melakukan kemahirannya dalam melakukan sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa ragu.
Contoh: Keahlian bermain piano
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani, mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur
6.
Adaptasi
Kemampuan mengembangkan keahlian, dan memodifikasi pola sesuai dengan yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan secara cepat dan tepat terhadap kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang ada
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi, mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi
7.
Kreativitas
Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi kreativitas diri.
Contoh: membuat formula baru, inovasi, produk baru
Merancang, membangun, menciptakan, mendisain, memprakarsai, mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer

 (NDJ )