KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) KETRAMPILAN
Untuk mempermudah penyusunan Indikator Pencapaian Hasil Belajar dan Indikator Soal
Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi
Menirukan P1
|
Memanipulasi P2
|
Pengalamiahan P3
|
Artikulasi P4
|
||
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
|
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
|
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
|
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Mensketsa
Melonggarkan
Menimbang
|
Taksonomi Psikomotor “Dave”
P1
Imitasi
|
P2
Manipulasi
|
P3
Presisi
|
P4
Artikulasi
|
P5
Naturalisasi
|
Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
mematuhi
|
Kembali membuat
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan
|
Menunjukan
Melengkapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan
|
Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Mengintegrasikan
Meng-adaptasi
Mengembangkan
Merumuskan
Memodifikasi
|
Mendesain
Menentukan
Mengelola
|
Meniru
|
Menciptakan kembali
Menunjukan
Mengimplementasikan
|
Mendemonstrasikan
Mengontrol
|
Mengkonstruksikan
Memecahkan
Mengkombinasikan
Mengkoordinasikan
Memformulasi
|
Merancang
Menspesifikasi
|
Domain Psikomotor “Dave”
|
||||
Kategori
|
Deskripsi Perilaku
|
Contoh Aktivitas yang diukur
|
Kata Kerja
|
|
1
|
Imitasi (Imitation)
|
Meniru tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati
kemudian mereplikasi
|
Mengamati guru atau pelatih kemudian menirukannya: aktivitas
proses.
|
Meniru, mengikuti, mereplikasi, mengulangi,
|
2
|
Manipulasi (Manipulation)
|
Mereproduksi aktivitas dari pelatih atau ingatannya
|
Melakukan tugas dari instruksi tertulis atau verbal
|
Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan,
melaksanakan, mengimplementasikan
|
3
|
Presisi (Precision)
|
Melakukan keterampilan tanpa bantuan orang lain
|
Mempertunjukkan keahlian melaksanakan tugas atau aktivitas tanpa
bantuan atau instruksi, mampu menunjukkan aktivitas pada siswa lain.
|
Mendemonstrasikan, melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan,
mengkalibrasi, mengontrol.
|
4
|
Artikulasi (Articulation)
|
Mengadaptasi dan mengintegrasikan keahlian
|
Mengaitkan dan mengkombinasikan aktivitas untuk mengembangkan metoda
|
Mengkonstruksikan, memecahkan, mengkombinasikan,
mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi, mengembangkan, memformulasi
|
5
|
Naturalisasi (Naturalization)
|
Melkukan aktivitas secara terkait dengan tingkat keterampilan
yang telah dimiliki
|
Mendefinisika tujuan, pendekatan dan strategi untuk melakukan
aktivitas untuk keperluan
|
Merancang, menspesifkasi, mengelola,
|
Domain
Psikomotor “Simpson”
No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Persepsi
|
Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam menginterpretasikan nya dalam
memperkirakan sesuatu
Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu ruangan panas
|
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan,
mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi.
|
2.
|
Kesiapan
|
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik, dan emosi, dalam
menghadapi sesuatu.
Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan, menerima kelebihan dan
kekurangan seseorang.
|
Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu, memperlihatkan mempersiapkan
diri, menunjukkan, mendemonstrasikan
|
3.
|
Reaksi yang diarahkan”
|
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan bantuan /
bimbingan dengan meniru dan uji coba.
Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.
|
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan, mengerjakan,
membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi.
|
4.
|
Reaksi natural (mekanisme)
|
Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada tingkat ketrampilan tahap yang
lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan siswa akan terbiasa melakukan tugas
rutinnya.
Contoh: menggunakan computer
|
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki,
melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit,
mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani.
|
5.
|
Reaksi yang kompleks
|
Kemampuan untuk melakukan kemahirannya dalam melakukan sesuatu, dimana
hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan efektivitasnya.
Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa ragu.
Contoh: Keahlian bermain piano
|
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki,
melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit,
mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani,
mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur
|
6.
|
Adaptasi
|
Kemampuan mengembangkan keahlian, dan memodifikasi pola sesuai dengan
yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan secara cepat dan tepat terhadap
kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang ada
|
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi, mengatur kembali,
merancang kembali, memodifikasi
|
7.
|
Kreativitas
|
Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang sesuai dengan kondisi/situasi
tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi
kreativitas diri.
Contoh: membuat formula baru, inovasi, produk baru
|
Merancang, membangun, menciptakan, mendisain, memprakarsai,
mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer
|
(NDJ )