Kata Kerja Operasional ( Pengetahuan ) Pada Pelatihan Pembuatan RPP Kurikulum 2013 Revisi


Kata Kerja Operasional (KKO) PENGETAHUAN
Untuk mempermudah penyusunan Indikator  Pencapaian Hasil Belajar  dan Indikator Soal
Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi
                       
C 1
C2
C3
C4
C5
C6
Mengingat(remember)
Memahami(Understad)
Mengaplikasikan (Apply)
Menganalisis(Analyze)
Mengevaluasi(Evaluate)
Mencipta(Create)
Pengetahuan
Pemahaman
Penerapan
Analisis
Penilaian
Sintesis
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberiindeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan

Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Mentabulasi
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Mengkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan


Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi
Memberi kode
Mengenali
Menempatkan
Menerbitkan

Meng-inferensi
Melaporkan
Membandingkan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengelompokkan
Menggeneralisasi
Menggolongkan
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasi
Mengklasifikasi
Menterjemahkan
Melakukan
Mengimplementasikan
Menjalankan
Mempraktikan
Memilih
Memulai
Menyelesaikan

Memadukan
Membedakan
Mengstruktur
Memfokuskan
Menata
Menetapkan sifat/ciri
Mengatribusi
Mengorganisasi
Mengurai
Menyeleksi
Mengoreksi
Membangunkan

Memonitor
Mengecek
Mengkoordinasikan
Menguji
Membenarkan
Menyalahkan

Memunculkan
Menemukan
Menghasilkankarya
Mengingatkan
Mengkombinasikan
MengusulkanHipotesis
Memperbaharui
Menyempurnakan
Memperkuat
Memperindah
Mengubah
Membuat
Mengkonstruksi

Mendefinisikan
Mengetahui
Mengingat
Mengulangi
Menggarisbawahi

Menunjukkan
Menyatakan
Mengidentifikasi
Mengungkapkan
Mengenal
Menyarankan
Meringkas

Mengaplikasikan
Mengkonstruksi
Mendemonstrasikan
Mendramatisasi
Mengerjakan
Mencontohkan
Mengilustrasikan
Menginterpretasikan
Mengorganisasi
Memprediksi
Menjadwalkan
Membelanjakan
Mensketsakan
Menterjemahkan
Mengapresiasi
Menghitung
Mengkategorikan
Membandingkan
Mengkontraskan
Mengkritisi
Mendebat
Menentukan
Mendiferensiasi
Mencobakan
Memeriksa
Menginventarisir
Menanyakan
Menghubungkan
Mengapresiasi
Menaksir
Mengevaluasi
Meranking
Memperbaiki
Menskor

Mengkoleksi
Mengkonstruksi
Memformulasikan
Mengelola
Mengorganisasi
Menemutunjukan
Mempersiapkan
Memproduksi
Mengajukan



No
Kategori
Penjelasan
Kata Kerja Kunci
1.
Pengetahuan
Kemampuan menyebutkan ataumenjelaskan kembali
Contoh: menyatakan kebijakan
Mendefinisikan, menyusun daftar, menamai, menyatakan, mengidentifikasikan, mengetahui, menyebutkan, membuat rerangka, menggaris bawahi, menggambarkan, menjodohkan, memilih
2.
Pemahaman
Kemampuan memahami instruksi/masalah, menginterpretasikan dan menyatakan kembali dengan kata-kata sendiri
Contoh : Menuliskan kembali atau merangkum materi pelajaran
Menerangkan, menjelaskan , menguraikan, membedakan, menginterpretasikan, merumuskan, memperkirakan, meramalkan, menggeneralisir, menterjemahkan, mengubah, memberi contoh, memperluas, menyatakan kembali, menganalogikan, merangkum
3.
Penerapan
Kemampuan menggunakan konsep dalam praktek atau situasi yang baru
Contoh: Menggunakan pedoman/ aturan dalam menghitung gaji pegawai
Menerapkan, mengubah, menghitung, melengkapi, menemukan. membuktikan, menggunakan, mendemonstrasikan, memanipulasi, memodifikasi, menyesuaikan, menunjukkan, mengoperasikan, menyiapkan, menyediakan, menghasilkan.
4.
Analisa
Kemampuan memisahkan konsep kedalam beberapa komponen untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas atas dampak komponen-komponen terhadap konsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisa penyebab meningkatnya Harga pokok penjualan dalam laporan keuangan dengan memisahkan komponen- komponennya.
Menganalisa, mendiskriminasikan, membuat skema /diagram, membedakan, membandingkan, mengkontraskan, memisahkan, membagi, menghubungkan, menunjukan hubungan antara variabel, memilih, memecah menjadi beberapa bagian, menyisihkan, mempertentangkan
5.
Sintesa
Kemampuan merangkai atau menyusun kembali komponenkomponen dalam rangka menciptakan arti/pemahaman/ struktur baru.
Contoh: Menyusun kurikulum dengan mengintegrasikan pendapat dan materi dari beberapa sumber
Mengkategorikan mengkombinasikan, mengatur memodifikasi, mendisain, mengintegrasikan, mengorganisir, mengkompilasi, mengarang, menciptakan, menyusun kembali, menulis kembali, merancang, merangkai, merevisi, menghubungkan, merekonstruksi, menyimpulkan, mempolakan
6.
Evaluasi
Kemampuan mengevaluasi dan menilai sesuatu berdasarkan norma, acuan atau kriteria.
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kunci jawaban.
Mengkaji ulang, membandingkan, menyimpulkan, mengkritik, mengkontraskan, mempertentangkan menjustifikasi, mempertahankan, mengevaluasi, membuktikan, memperhitungkan, menghasilkan, menyesuaikan, mengkoreksi, melengkapi, menemukan






Taksonomi BloomRevisi
No
Kategori
Penjelasan
Kata Kerja Kunci
1.
Mengingat
Kemampuan menyebutkankembali informasi /pengetahuan yang tersimpandalam ingatan.
Contoh:menyebutkan arti taksonomi.
Mendefinisikan, menyusun daftar,menjelaskan, mengingat, mengenali,menemukan kembali, menyatakan,mengulang, mengurutkan, menamai,menempatkan, menyebutkan
2.
Memahami
Kemampuan memahamiinstruksi dan menegaskanpengertian/makna ide ataukonsep yang telah diajarkan baikdalam bentuk lisan, tertulis,maupun grafik/diagram
Contoh : Merangkum materiyang telah diajarkan dengankata-kata sendiri
Menerangkan, menjelaskan,menterjemahkan, menguraikan, mengartikan,menyatakan kembali, menafsirkan,menginterpretasikan, mendiskusikan,menyeleksi, mendeteksi, melaporkan,menduga, mengelompokkan, membericontoh, merangkum menganalogikan,mengubah, memperkirakan
3.
Menerapkan
Kemampuan melakukan sesuatudan mengaplikasikan konsepdalam situasi tertentu.
Contoh:Melakukan proses pembayarangaji sesuai dengan sistemberlaku.
Memilih, menerapkan, melaksanakan,mengubah, menggunakan,mendemonstrasikan, memodifikasi,menginterpretasikan, menunjukkan,membuktikan, menggambarkan,mengoperasikan, menjalankanmemprogramkan, mempraktekkan, memulai
4.
Menganalisis
Kemampuan memisahkankonsep kedalam beberapakomponen dan mnghubungkansatu sama lain untukmemperoleh pemahaman ataskonsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisis penyebabmeningkatnya Harga pokokpenjualan dalam laporankeuangan dengan memisahkankomponen- komponennya.
Mengkaji ulang, membedakan,membandingkan, mengkontraskan,memisahkan, menghubungkan, menunjukanhubungan antara variabel, memecah menjadibeberapa bagian, menyisihkan, menduga,mempertimbangkan mempertentangkan,menata ulang, mencirikan, mengubahstruktur, melakukan pengetesan,mengintegrasikan, mengorganisir,mengkerangkakan.
5.
Mengevaluasi/ menilai
Kemampuan menetapkanderajat sesuatu berdasarkannorma, kriteria atau patokantertentu
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kuncijawaban
Mengkaji ulang, mempertahankan,menyeleksi, mempertahankan, mengevaluasi,mendukung, menilai, menjustifikasi,mengecek, mengkritik, memprediksi,membenarkan, menyalahkan
6.
Mencipta
Kemampuan memadukan unsur-unsurmenjadi sesuatu bentukbaru yang utuh dan koheren,atau membuat sesuatu yangorisinil.
Contoh: Membuatkurikulum denganmengintegrasikan pendapat danmateri dari beberapa sumber
Merakit, merancang, menemukan,menciptakan, memperoleh,mengembangkan, memformulasikan,membangun, membentuk, melengkapi,membuat, menyempurnakan, melakukaninovasi, mendisain, menghasilkan karya