Kata Kerja Operasional (KKO) PENGETAHUAN
Untuk mempermudah penyusunan Indikator Pencapaian Hasil Belajar dan Indikator Soal
Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi
C
1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Mengingat(remember)
|
Memahami(Understad)
|
Mengaplikasikan (Apply)
|
Menganalisis(Analyze)
|
Mengevaluasi(Evaluate)
|
Mencipta(Create)
|
Pengetahuan
|
Pemahaman
|
Penerapan
|
Analisis
|
Penilaian
|
Sintesis
|
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberiindeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
|
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan
|
Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Mentabulasi
|
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Mengkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
|
Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
|
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi
|
Memberi kode
Mengenali
Menempatkan
Menerbitkan
|
Meng-inferensi
Melaporkan
Membandingkan
Memprediksi
Menafsirkan
Menampilkan
Menceritakan
Mengabstraksikan
Mengartikan
Mengelompokkan
Menggeneralisasi
Menggolongkan
Mengilustrasikan
Menginterpolasi
Menginterpretasi
Mengklasifikasi
Menterjemahkan
|
Melakukan
Mengimplementasikan
Menjalankan
Mempraktikan
Memilih
Memulai
Menyelesaikan
|
Memadukan
Membedakan
Mengstruktur
Memfokuskan
Menata
Menetapkan sifat/ciri
Mengatribusi
Mengorganisasi
Mengurai
Menyeleksi
Mengoreksi
Membangunkan
|
Memonitor
Mengecek
Mengkoordinasikan
Menguji
Membenarkan
Menyalahkan
|
Memunculkan
Menemukan
Menghasilkankarya
Mengingatkan
Mengkombinasikan
MengusulkanHipotesis
Memperbaharui
Menyempurnakan
Memperkuat
Memperindah
Mengubah
Membuat
Mengkonstruksi
|
Mendefinisikan
Mengetahui
Mengingat
Mengulangi
Menggarisbawahi
|
Menunjukkan
Menyatakan
Mengidentifikasi
Mengungkapkan
Mengenal
Menyarankan
Meringkas
|
Mengaplikasikan
Mengkonstruksi
Mendemonstrasikan
Mendramatisasi
Mengerjakan
Mencontohkan
Mengilustrasikan
Menginterpretasikan
Mengorganisasi
Memprediksi
Menjadwalkan
Membelanjakan
Mensketsakan
Menterjemahkan
|
Mengapresiasi
Menghitung
Mengkategorikan
Membandingkan
Mengkontraskan
Mengkritisi
Mendebat
Menentukan
Mendiferensiasi
Mencobakan
Memeriksa
Menginventarisir
Menanyakan
Menghubungkan
|
Mengapresiasi
Menaksir
Mengevaluasi
Meranking
Memperbaiki
Menskor
|
Mengkoleksi
Mengkonstruksi
Memformulasikan
Mengelola
Mengorganisasi
Menemutunjukan
Mempersiapkan
Memproduksi
Mengajukan
|
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Pengetahuan
|
Kemampuan menyebutkan ataumenjelaskan kembali
Contoh: menyatakan kebijakan
|
Mendefinisikan, menyusun daftar, menamai, menyatakan,
mengidentifikasikan, mengetahui, menyebutkan, membuat rerangka, menggaris
bawahi, menggambarkan, menjodohkan, memilih
|
2.
|
Pemahaman
|
Kemampuan memahami instruksi/masalah, menginterpretasikan dan menyatakan
kembali dengan kata-kata sendiri
Contoh : Menuliskan kembali atau merangkum materi pelajaran
|
Menerangkan, menjelaskan , menguraikan, membedakan, menginterpretasikan,
merumuskan, memperkirakan, meramalkan, menggeneralisir, menterjemahkan,
mengubah, memberi contoh, memperluas, menyatakan kembali, menganalogikan,
merangkum
|
3.
|
Penerapan
|
Kemampuan menggunakan konsep dalam praktek atau situasi yang baru
Contoh: Menggunakan pedoman/ aturan dalam menghitung gaji pegawai
|
Menerapkan, mengubah, menghitung, melengkapi, menemukan. membuktikan,
menggunakan, mendemonstrasikan, memanipulasi, memodifikasi, menyesuaikan,
menunjukkan, mengoperasikan, menyiapkan, menyediakan, menghasilkan.
|
4.
|
Analisa
|
Kemampuan memisahkan konsep kedalam beberapa komponen untuk memperoleh
pemahaman yang lebih luas atas dampak komponen-komponen terhadap konsep
tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisa penyebab meningkatnya Harga pokok penjualan dalam
laporan keuangan dengan memisahkan komponen- komponennya.
|
Menganalisa, mendiskriminasikan, membuat skema /diagram, membedakan,
membandingkan, mengkontraskan, memisahkan, membagi, menghubungkan, menunjukan
hubungan antara variabel, memilih, memecah menjadi beberapa bagian, menyisihkan,
mempertentangkan
|
5.
|
Sintesa
|
Kemampuan merangkai atau menyusun kembali komponenkomponen dalam rangka
menciptakan arti/pemahaman/ struktur baru.
Contoh: Menyusun kurikulum dengan mengintegrasikan pendapat dan materi
dari beberapa sumber
|
Mengkategorikan mengkombinasikan, mengatur memodifikasi, mendisain,
mengintegrasikan, mengorganisir, mengkompilasi, mengarang, menciptakan,
menyusun kembali, menulis kembali, merancang, merangkai, merevisi,
menghubungkan, merekonstruksi, menyimpulkan, mempolakan
|
6.
|
Evaluasi
|
Kemampuan mengevaluasi dan menilai sesuatu berdasarkan norma, acuan atau
kriteria.
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kunci jawaban.
|
Mengkaji ulang, membandingkan, menyimpulkan, mengkritik, mengkontraskan,
mempertentangkan menjustifikasi, mempertahankan, mengevaluasi, membuktikan,
memperhitungkan, menghasilkan, menyesuaikan, mengkoreksi, melengkapi,
menemukan
|
Taksonomi BloomRevisi
No
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Mengingat
|
Kemampuan menyebutkankembali informasi /pengetahuan yang tersimpandalam
ingatan.
Contoh:menyebutkan arti taksonomi.
|
Mendefinisikan, menyusun daftar,menjelaskan, mengingat,
mengenali,menemukan kembali, menyatakan,mengulang, mengurutkan,
menamai,menempatkan, menyebutkan
|
2.
|
Memahami
|
Kemampuan memahamiinstruksi dan menegaskanpengertian/makna ide ataukonsep
yang telah diajarkan baikdalam bentuk lisan, tertulis,maupun grafik/diagram
Contoh : Merangkum materiyang telah diajarkan dengankata-kata sendiri
|
Menerangkan, menjelaskan,menterjemahkan, menguraikan,
mengartikan,menyatakan kembali, menafsirkan,menginterpretasikan,
mendiskusikan,menyeleksi, mendeteksi, melaporkan,menduga, mengelompokkan,
membericontoh, merangkum menganalogikan,mengubah, memperkirakan
|
3.
|
Menerapkan
|
Kemampuan melakukan sesuatudan mengaplikasikan konsepdalam situasi tertentu.
Contoh:Melakukan proses pembayarangaji sesuai dengan sistemberlaku.
|
Memilih, menerapkan, melaksanakan,mengubah,
menggunakan,mendemonstrasikan, memodifikasi,menginterpretasikan,
menunjukkan,membuktikan, menggambarkan,mengoperasikan,
menjalankanmemprogramkan, mempraktekkan, memulai
|
4.
|
Menganalisis
|
Kemampuan memisahkankonsep kedalam beberapakomponen dan mnghubungkansatu
sama lain untukmemperoleh pemahaman ataskonsep tersebut secara utuh.
Contoh: Menganalisis penyebabmeningkatnya Harga pokokpenjualan dalam
laporankeuangan dengan memisahkankomponen- komponennya.
|
Mengkaji ulang, membedakan,membandingkan, mengkontraskan,memisahkan,
menghubungkan, menunjukanhubungan antara variabel, memecah menjadibeberapa
bagian, menyisihkan, menduga,mempertimbangkan mempertentangkan,menata ulang,
mencirikan, mengubahstruktur, melakukan pengetesan,mengintegrasikan,
mengorganisir,mengkerangkakan.
|
5.
|
Mengevaluasi/ menilai
|
Kemampuan menetapkanderajat sesuatu berdasarkannorma, kriteria atau
patokantertentu
Contoh: Membandingkan hasil ujian siswa dengan kuncijawaban
|
Mengkaji ulang, mempertahankan,menyeleksi, mempertahankan, mengevaluasi,mendukung,
menilai, menjustifikasi,mengecek, mengkritik, memprediksi,membenarkan,
menyalahkan
|
6.
|
Mencipta
|
Kemampuan memadukan unsur-unsurmenjadi sesuatu bentukbaru yang utuh dan
koheren,atau membuat sesuatu yangorisinil.
Contoh: Membuatkurikulum denganmengintegrasikan pendapat danmateri dari
beberapa sumber
|
Merakit, merancang, menemukan,menciptakan, memperoleh,mengembangkan,
memformulasikan,membangun, membentuk, melengkapi,membuat, menyempurnakan,
melakukaninovasi, mendisain, menghasilkan karya
|