Untuk mempermudah penyusunan Indikator Pencapaian Hasil Belajar dan Indikator Soal
Pada Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi
Menerima
|
Menanggapi
|
Menilai
|
Menghayati
|
Mengamalkan
|
Menerima (Receiving)
|
Merespon (Responding)
|
Menghargai (Valuing)
|
Mengorganisasi
(Organization)
|
Karakterisasi (Characterization)
|
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
|
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan
|
Mendengar
Menanyakan, Menahan diri/
Mengendalikan diri, Mengidentifikasi,
Memperhatikan, Menjawab
|
Mentaati,
Memenuhi,
Mendiskusikan, Melakukan,
Menyajikan, Mempresentasikan,
Menceritakan, Menulis,
Menginterpretasikan, Menyelesaikan,
Mempraktikkan
|
Menunjukkan, Mendemonstrasikan, Memilih,
Membedakan, Mengikuti,
Meminta,
Memenuhi, Menjelaskan, Membentuk,
Berinisiatif, Melaksanakan,
Menjustifikasi, Melaporkan,
Menginterpretasikan, Membenarkan,
Menolak,
Menyatakan pendapat / Mempertahankan
pendapat
|
Mentaati,
Mematuhi, Merancang, Mengatur,
Mengidentifikasikan,
Mengorganisir, Merumuskan, Menyamakan,
Menghubungkan,
Mengintegrasikan, Menjelaskan, Mengaitkan,
Menggabungkan, Memperbaiki, Menyepakati,
Menyusun, Menyempurnakan, Menyatukan pendapat, Menyesuaikan, Melengkapi,
Membandingkan, Memodifikasi
|
Membiasakan
Melakukan, Melaksanakan,
Memperlihatkan, Membedakan, Memisahkan,
Memodifikasi,
Mempraktikkan, Mengusulkan, Merevisi,
Memperbaiki, Membatasi, Mempertanyakan,
Mempersoalkan, Menyatakan, Bertindak,
Mempertimbangkan
|
No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Penerimaan
|
Kemampuan untuk menunjukkan atensi dan penghargaan terhadap orang lain
Contoh: mendengar pendapat orang lain, mengingat nama seseorang
|
menanyakan, mengikuti, memberi, menahan / mengendalikan diri,
mengidentifikasi, memperhatikan, menjawab
|
2.
|
Responsif
|
Kemampuan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan selalu termotivasi
untuk segera bereaksi dan mengambil tindakan atas suatu kejadian.
Contoh: berpartisipasi dalam diskusi kelas
|
Menjawab, membantu, mentaati, memenuhi, menyetujui, mendiskusikan,
melakukan, memilih, menyajikan, mempresentasikan, melaporkan, menceritakan,
menulis, menginterpretasikan, menyelesaikan, mempraktekkan.
|
3.
|
Nilai yang dianut (Nilai diri)
|
Kemampuan menunjukkan nilai yang dianut untuk membedakan mana yang baik
dan kurang baik terhadap suatu kejadian/obyek, dan nilai tersebut
diekspresikan dalam perilaku.
Contoh: Mengusulkan kegiatan Corporate Social Responsibility sesuai
dengan nilai yang berlaku dan komitmen perusahaan.
|
Menunjukkan, mendemonstrasikan, memilih, membedakan, mengikuti, meminta,
memenuhi, menjelaskan, membentuk, berinisiatif, melaksanakan, memprakarsai,
menjustifikasi, mengusulkan, melaporkan, menginterpretasikan, membenarkan,
menolak, menyatakan / mempertahankan pendapat
|
4
|
Organisasi
|
Kemampuan membentuk sistem nilai dan budaya organisasi dengan
mengharmonisasikan perbedaan nilai.
Contoh: Menyepakati dan mentaati etika profesi, mengakui perlunya
keseimbangan antara kebebasan dan tanggung jawab
|
Mentaati, mematuhi, merancang, mengatur, mengidentifikasikan,
mengkombinasikan, mengorganisir, merumuskan, menyamakan, mempertahankan, menghubungkan,
mengintegrasikan, menjelaskan, mengaitkan, menggabungkan, memperbaiki,
menyepakati, menyusun, menyempurnakan, menyatukan pendapat, menyesuaikan,
melengkapi, membandingkan, memodifikasi
|
5.
|
Karakterisasi
|
Kemampuan mengendalikan perilaku berdasarkan nilai yang dianut dan
memperbaiki hubungan intrapersonal, interpersonal dan sosial.
Contoh: Menunjukkan rasa percaya diri ketika bekerja sendiri, kooperatif
dalam aktivitas kelompok
|
Melakukan, melaksanakan, memperlihatkan, membedakan, memisahkan,
menunjukkan, mempengaruhi, mendengarkan, memodifikasi, mempraktekkan,
mengusulkan, merevisi, memperbaiki, membatasi, mempertanyakan, mempersoalkan,
menyatakan, bertindak, Membuktikan, mempertimbangkan
|
( NDJ )