Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran & Penjelasan
Urutan Pembelajaran
Pada Kurikulum 2013 Revisi
Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran & Penjelasan
Urutan Pembelajaran
Pada Kurikulum 2013 Revisi
Berdasarkan Permendikbud nomor 103 tahun 2014
tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ,Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran,
pengertian pembelajaran adalah proses interaksi antar pesertadidik, antara
peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan
belajar.
Untuk mencapai kualitas yang
telah dirancang dalam dokumen kurikulum, kegiatan
pembelajaran perlu menggunakan prinsip sebagai berikut:
1.
Peserta didik
difasilitasi untuk mencaritahu;
2.
Peserta didik
belajar dari berbagai sumber belajar;
3.
Proses
pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah;
4.
Pembelajaran
berbasis kompetensi;
5.
Pembelajaran
terpadu;
6.
Pembelajaran berbasis
keterampilan aplikatif;
7.
Peningkatan
keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan
soft-skills;
8.
pembelajaran yang
mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar
sepanjang hayat;
9.
Pembelajaran yang
menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ingngarso sung tulodo),
membangun kemauan (ingmadyomangunkarso), dan mengembangkan kreativitas
peserta didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
10. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk
meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
11. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang
budaya peserta didik; dan
12. Suasana belajar menyenangkan dan menantang
Tahapan dalam Pembelajaran :
1.
Tahap pertama dalam
pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan
penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),
2.
Tahap selanjutnya adalah Pelaksanaan
pembelajaran.
Tahap pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti
dan penutup. Pada setiap tahap ada bebagai kegiatan yang harus dilakukan guru.
Berikut adalah uraian kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
A. Kegiatan
Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan guru adalah:
1. Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2. Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan
dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan
dikembangkan;
3. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4. Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan; dan
5. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
B. Kegiatan Inti
Kegiatan
inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi, yang dilakukan secara:
Ø
interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisi
pasif aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis pesertadidik.
Ø
Kegiatan inti
menggunakan pendekatan yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan
peserta didik.
C. Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup terdiri atas:
1.
Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
(a) membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran.
2.
Kegiatan guru yaitu:
(a)
melakukan penilaian;
(b)
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan,
layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
0 Response to "Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran & Penjelasan Urutan Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi"
Post a Comment