KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
TERTULIS
TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014
JENJANG : SEKOLAH DASAR BENTUK
SOAL : PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN
AGAMA KRISTEN JLH SOAL :
50 SOAL
KURIKULUM
ACUAN : KTSP ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
|
KOMPETENSI DASAR YANG DIUJIKAN
|
KELAS / SEMESTER
|
MATERI POKOK/URAIAN MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO
SOAL
|
1
2
3
|
1. Allah tritunggal dan Karyanya,dan nilai nilai kristiani
1. Menjelaskan bahwa
manusia berdosa tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
1. Menerapkan makna ibadah yang
sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia
.
Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh
aktivitas hidup manusia
|
Menjelaskan manusia itu berdosa
Mengakui keterbatasanya sebagai manusia dan ketergantunganya
pada kemahakuasaan Allah
wujud tindakan manusia yang Memahami sepenuhnya bergantung
pada Allah
1.4 Mensyukuri kemahakuasaan Allah
Menjelaskan bahwa manusia itu berdosa
Menunjukkan kerinduan untuk memohon ampun
Menjelaskan bahwa Allah adalah penyelamat manusia
1.4. Menunjukkan
sikap sebagai orang yang sudah diselamatkan
.1 Memahami
dan menghayati makna ibadah
1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur
2.1 Memahami
makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah
2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur kepada Allah
|
IV/I
IV/II
IV/2
IV/2
V/ 1
V/ 1
V/2
V/2
VI/ 1
VI/1
VI /2
VI/2
|
1.1.1
kemahakuasaan Allah dalam penciptaan
1.Penciptaan
Allah
2. Pemeliharaan
alam semesta
1.2.1.Mukjizat Tuhan Yesus
memberi makan 5000 orang
1.Mukjizat
yang dilakukan Tuhan Yesus
1.2.2.Pengakuan
terhadap kuasa Allah
1.
Kuasa Allah melebihi kepandaian manusia
1.3.1.Konsep
keteterbatasan manusia
1. Musa di utusTuhan
2. Kisah di Mara
3.Manna dan burung puyuh
1.3.2 Bukti ketidakmampuan manusia tanpa
pertolongan Allah
1. Dengarpintaku Tuhan (kisah Hanna)
1.4.1.Contoh-contoh
syukur atas kemahakuasaan Allah dalam berbagai kejadian
1.
Hatiku memuji Tuhan
2. Aku
bersyukur
Ketidaktaatan
Kesombongan
Ketidakjujuran
Keserakahan
Tindakan
Allah terhadap dosa
Tuhan
maha pengasihi dan maha pengampun
Penyesalan
dan permohonan ampun
Pertobatan
sebagai hasil penyesalan
Memiliki
sikap memaafkan
Arti
keselamatan
Yesus
sang juru selamat
Yesus
gembala yang baik
Yesus
pokok anggur yang benar
Membangun
relasi dengan Allah
Peduli
terhadap sesama dan lingkungan
1.
Mari beribadah
2.Ibadah
hari minggu di Gereja (2 Soal)
3.
Nyanyian dan doa dalam ibadah (2 soal)
4.
Pemberitaan Firman di dalam ibadah
5.
Berbicara kepada Allah melalui doa (1
Soal)
6. Manfaat
Membaca Alkitab
1.
Pendengar dan pelaku Firman (2 soal)
2.
Bekerja sebagai ungkapan syukur (2 soal)
3.
Belajar sebagai ungkapan syukur (2 soal)
4.
Gunakanlah waktumu (2 soal)
1.Melayani
dengan tulus (2 soal)
2.
Menolong orang yang kesusahan (2 soal)
3.
Melayani sesuai dengan talentaku (2 soal)
4.
Menjadi warga yang baik (2 soal)
5. Aku
melayani
|
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
urutan penciptaan
2.
Menjelaskan
tugas dan tanggung jawab manusia terhadap ciptaannya
3.
Menyebutkan cara Yesus memberi makan
5000 orang
Membedakan Allah ciptaan dengan ciptaan manusia
5 Menyebutkan yang memimpin bangsa Israel
keluar dari Mesir
6 Menjelaskan bagaimana Allah menyelamatkan bangsa Israel di Mara
7
Memilih dengan apa bangsa
Israel di selamatkan dari kelaparan di padang Gurun
8
Meladani sikap Hanna dalam
menanti jawaban Doa kepada Tuhan
9 Memilih sikap yang baik dari sikap Hanna
terhadap doanya yang di kabulkan Tuhan
10 Menyatakan pendapatnya terhadap sikap Tuhan
Yesus yang menyembuhkan dua orang buta
11. Siswa dapat
menyebutkan ketaatan Adam dan Hawa di taman Eden
Siswa dapat menjelaskan akibat
kesombongan orang-orang Babel ketika membangun menara di Sinear
Siswa
dapat menunjukkan sikap Yakub yang tidak dapat diteladani
Siswa
dapat menentukan salah satu ciri orang serakah
Siswa
dapat mengingat kembali nama suami istri yang dihukum Tuhan karena membohongi
Roh Kudus ketika menjual tanah miliknya
Siswa
dapat merumuskan sikap Allah terhadap manusia berdosa pada umumnya
Siswa
dapat menemukan hasil dari penyesalan atas dosa yang telah dilakukan
Siswa
dapat mengindentifikasi penyebab Yunus dimuntahkan ikan di pantai
Siswa
dapat mengindentifikasi tindakan Yusuf terhadap saudaranya ketika bertemu di
Mesir
Siswa
dapat memberi salah satu contoh sikap orang yang telah diselamatkan di
lingkungan sekolahnya
Siswa
dapat merumuskan tujuan Yesus datang ke dunia
Siswa
dapat menyebutkan salah satu ciri gembala yang baik
Siswa
dapat menyebutkan sebutan orang percaya
bila Yesus sebagai pokok anggur
yang benar
Siswa
dapat menjelaskan manfaat doa dalam hubungan manusia dengan Tuhan
Siswa
dapat menunjukkan tindakan yang tepat pada orang yang mengalami musibah
Menyebutkan defenisi ibadah
1. Menjelaskan alasan umat kristen beribadah pada hari
Minggu
2. Menjelaskan tujuan datang ke gereja
3. Memahami fungsi nyanyian persiapan mendengarkan Firman
4. Mengingat
kembali fungsi doa bagi orang Kristen
5. Menjelaskan manfaat pemberitaan Firman Allah dalam
ibadah
6.
7. Menjelaskan sikap berdoa yang baik dan benar kepada
Tuhan
8.
Menyebutkan manfaat membaca Alkitab menurut 2 Tim`3: 16
9. Menyebutkan makna menjadi pendengar dan pelaku Firman
Tuhan
10. Menyebutkan
sikap seorang pendengar dan pelaku Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari
11. Menjelaskan bentuk ungkapan syukur sebagai anak Tuhan
terhadap lingkungan sekitarmu
12. Menyebutkan sikap yang baik dan benar dalam melakukan
pekerjaan sehari-hari sebagai anak Tuhan
13. Mengidentifikasi sikap yang baik dan benar sebagai anak
Tuhan dalam belajar .
14. Menyebutkan semboyan belajar sebagai ungkapan syukur
15. Menjelaskan makna hidup disiplin sebagai pelajar
16. Mengidentifikasi sikap belajar dari semut berdasarkan pengamatan tabel (2)
Menjelaskan arti melayani dengan tulus
17. Menyebutkan syarat-syarat menjadi pelayan Tuhan
18.
19. Mengidentifikasi jenis-jenis kesusahan orang lain yang
patut kita tolong sesuai dengan Matius 25: 35-35
Menjelaskan alasan bahwa orang Kristen harus menolong
sesama yang kesusahan
20. Mengidentifikasi jenis-jenis talenta yang diberikan
Tuhan kepada manusia berdasarkan pengamatan tabel
21. Menjelaskan alasan talenta yang kita miliki harus dikembangkan
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31. Menyebutkan contoh sikap menjadi warga yang baik dan
benar di lingkungan tempat tinggal
32. Menjelaskan tanggung jawab orang Kristen sebagai warga
negara yang baik menurut Roma 13:1-2
33. Disajikan sebuah gambar (gbr Mother Teresa) anak dapat
menyebutkan nama tokoh dalam gambar
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Jakarta,
………………………
|
|||||||
Mengetahui/
menyetujui :
|
Mengetahui/
menyetujui :
|
Penyusun
Soal
|
|||||
PENGAWAS
PAK
|
Kepala
Sekolah
|
||||||
..................................................
|
..............................................
|
...............................................
|
|||||
NIP.
|
NIP.
|
NIP.
|
KISI – KISI SOAL UJIAN
SEKOLAH PRAKTEK
TAHUN PELAJARAN 2013 – 2014
JENJANG : SEKOLAH DASAR BENTUK
SOAL : UNJUK KERJA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN
AGAMA KRISTEN JLH SOAL :
5 SOAL
KURIKULUM
ACUAN : KTSP ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
NO
|
KOMPETENSI DASAR YANG DIUJIKAN
|
KELAS /SEMESTER
|
MATERI POKOK/URAIAN MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
SOAL
|
1.
|
Mene rapkan bernyanyi
dengan benar sebagai Pengakuan terhadap kemahakuasaan Allah
|
VI / 2
|
Mene rapkan bernyanyi
dengan benar sebagai Pengakuan terhadap kemahakuasaan Allah
|
Menyanyikan Lagu rohani “ Yesus Berpesan dalam malam G’lap dan lagu
rohani pilihan yang telah dikuasai dengan tepat
|
Nyanyikanlah Lagu rohani “ Yesus Berpesan dalam Malam
G’lap ( lagu dapat diganti atas
Kebijakan Guru ) dan lagu rohani pilihanmu yang telah
dikuasai dengan tepat!
|
2.
|
Menjalin relasi
yang Baik dengan Tuhan Allah
|
V/ 2
|
Menjalin
relasi yang Baik dengan Tuhan Allah
|
Mempraktekkan berdoa Bapa kami seperti yang tertulis
di dalam kitab Matius 6 : 9 - 13
|
Ucapkanlah Doa Bapa Kami seperti yang tertulis di
dalam kitab Matius 6 : 9- 13 dengan posisi berdoa yang baik dan benar !
|
3.
|
Melakukan perintah Allah
|
IV/2
|
10 Hukum Tuhan
|
mengucapkan 10 Hukum Tuhan dengan tepat .
|
Ucapkanlah 10 Hukum Tuhan dengan tepat!
|
4.
|
Melakukan ajaran Yesus Tentang
mengasihi.
|
IV/2
|
Hukum Kasih
|
mengucapkan
Hukum Kasih yang diajarkan Tuhan
Yesus dalam Matius 22 : 37 – 39 dan Hukum Kasih dengan tepat
|
Ucapkanlah hukum kasih dengan tepat !
|
5.
|
Beribadah beribadah
|
VI/2
|
Taat Beribadah
|
Mencari ayat Alkitab di dalam Perjanjian baru dan
Perjanjian lama kemudian di baca dengan tepat ( Kebikajan Guru )
|
Carilah ayat Alkitab berikut ini !
( kebijakan Guru )
|
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete