SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD ) BERKARAKTER
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I / I MENYANYI DAN BERDOA
Standar Kompetensi :
Menerima dan mensyukuri keberadaan
dirinya dalam relasi dengan ciptaan lainnya.
Waktu :
32 Jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1. Siswa mampu
menerima keberadaan dirinya sebagai
pemberian Allah
|
1. Siswa menerima
dirinya sebagai pemberian Allah dengan cara merawat tubuhnya, menghargai
dirinya serta memiliki karakter yang
baik Terhadap bangsa dan negara
|
1.
Bersyukur pada
Allah atas keberadaan dirinya melalui doa dan nyanyian.
2.
Menceritakan
keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah
3.
Bersuka cita
atas keberadaan dirinya
4. Hidup bersih dan
teratur
|
·
Religius
·
Jujur
·
Santun
·
Disiplin
·
Tanggung- Jawab
·
Cinta Ilmu
·
Ingin tahu
·
Percaya diri
·
Menghargai keberagaman
·
Patuh pada aturan
·
Sosial
·
Bergaya hidup sehat
·
Sadar akan hak dan kewajiban
·
Bekerja keras
·
Adil
|
1.
Memuji Allah
melalui Nyanyian
2.
Memuji Allah
melalui doa
3.
Memuji Allah
melalui nyanyian dan doa dengan benar
1.
Manusia pertama
ciptaan Allah yang paling mulia
1.
Fungsi anggota
tubuh
2.
Hubungan anggota
tubuh
1. Kebersihan tubuh
|
1.1
Menyebutkan
alasan perlu mensyukuri keberadaan dirinya
1.2
Menceritakan
cara bersyukur melalui pemeliharaan tubuhnya
1.3
Mempraktekkan
cara berdoa dan bernyanyi dengan benar
2.1
Bersyukur
melalui nyanyian dan doa
2.2
Menyebutkan
beberapa contoh ciptaan Allah
2.3
Menceritakan
keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah
2.4
Mengamati
ciptaan Allah yang ada di sekitar sekolah
2.5
Mengakui bahwa
dirinya adalah ciptaan Allah
3.1 Menggambarkan
dirinya sebagai ciptaan Allah
3.2 Menceritakan
fungsi dan kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah dalam kehidupan
sehari-hari
3.3 Bersuka cita atas
keberadaan dirinya melalui nyanyian
4.1 Menyebutkan alasan
perlunya hidup bersih
4.2 Menceritakan
pengalaman memebersihkan diri dan kesulitan yang di hadapi
4.3. Mengemukakan pendapat
tentang bahaya jika hidup kotor: misalnya muncul penyakit.
4.4 menyukai hidup
bersih melalui cara memakai baju, sepatu, tas buku yang bersih
|
4 Jam
4 Jam
4 Jam
4 Jam
4
Jam
|
Sumber :
· Alkitab
· Buku nyanyian anak
·Buku teks
·Pengalaman siswa
Alat :
· Gambar,radio, tape,
· kaset lagu rohani,
· alat musik daerah,
· Perlengkapan
mengambar
|
· Lisan/tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
Kompetensi Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
|
Karakter Budaya Bangsa
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Sumber / Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
2.Siswa mampu
Menjawab
kasih Allah dengan cara mengasihi keluarga
|
1. Siawa mensyukuri kasih Allah dengan cara
|
1. Menjelaskan makna pemeliharaan Allah atas
keluarganya dan sebagai anak bangsa
dengan cara hidup disiplin, bertanggung-jawab, saling menghormati
perbedaan , mau hidup gotong-royong serta bersikap tingkah laku yang baik.
2. Mensyukuri kasih Allah yang di alami dalam keluarga
3. Mengasihi anggota keluarga
4. Menjawab kasih orang tua melalui perbuatan baik
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. Tanggung Jawab anggota keluarga
2. Hak dan kewajiban anggota keluarga
3. Saling mengasihi diantara anggota keluarga
4. Contoh perbuatan baik dan buruk
|
1.1 Menyebutkan
beberapa alasan mengapa manusia perlu dipelihara hidupnya oleh Allah
2.1
Menceritakan
cara orang tua merawat dirinya seperti Allah merawat dirinya
3.1
Berm ain drama tetntang tanggung jawab sebagai anggota keluarga
4.1 Mengakui
dirinya membutuhkan pemeliharaan Allah agar hidupnya sehat
5.1 Menghormati
perbedaan yang ada di dalam keluarga
2.1 Menyebutkan wujud kasih yang dirasakan dari
orang tua sebagai kasih Allah.
2.2 Menceritakan pengalamannya dikasihi dalam
keluarganya
2.3 Bersyukur melalui doa atas kasih Allah kepada keluarganya
3.1 Menyebutkan alasan mengapa harus mengasihi
anggota keluarga
3.2 Menceritakan pengalamannya mengasihi anggota
keluarga, misalnya membantu orang tua, saling membantu, memberi kado dll.
3.3 Mempraktekkan Siakp Saling menghormati, hidup
bergotong royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam keluarga .
3.4 Mengasihi anggota keluarga
4.1 Menyebutkan alasan mengapa perlu bersyukur atas
kehadiran keluarga bagi dirinya
4.2 Menceritakan kesulitan jika tidak memiliki
keluarga yang mengasihinya
4.3 Mengamati kehidupan keluarga yang mengasihinya
serta melakukan perbuatan yang baik
4.4 Menuruti nasehat orang tua
|
4 jam
4 jam
4 jam
|
Sumber :
· Alkitab
· Buku nyanyian anak
·Buku
teks
·Pengalaman
siswa
Alat :
· Gambar,radio, tape,
· kaset lagu rohani,
· alat musik daerah,
· Perlengkapan
mengambar
|
· Lisan/tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA
KRISTEN SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I / 2
Standar Kompetensi :
Menerima dan mensyukuri keberadaan
dirinya dalam relasi dengan ciptaan lainnya..
Waktu :
32 Jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
3. Siswa mampu mensyukuri alam ciptaan Tuhan
4. Siswa mampu mensyukuri hidup bersama dengan orang
lain
|
1.Siswa mampu mensyukuri ciptaan Allah dengan cara
memelihara alam ciptaan Allah
1. Siswa menunjukkan
sikap saling membutuhkan
orang lain
dalam hidupnya
2. Siswa membangun kehidupan bersama orang lain dalam
hidup pribadi pertemanan dan persahabatan
|
1. Menceritakan
bahwa Allah pencipta bumi dan segala isinya
2. Memelihara ciptaan Allah di lingkungan
nya
1. Bersyukur bahwa Allah menciptakan manuisia tidak
sendirian
2. Menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain
dalam hidupnya
1.
Memenrima keberadaan orang lain yang berbeda dengan dirinya
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1.
Allah menciptakan bumi dan segala isinya
1. Pemeliharaan ciptaan Allah
1. Cara Bersyukur
1. Saling membutuhkan
(
contoh Kejujuran )
1. Menghargai perbedaan
|
1.1 Menyebutkan
ciptaan Allah tentang alam semesta
1.2 Membedakan
ciptaan Allah dengan buatan manusia
1.3 Bersyukur atas alam semesta ciptaan Allah yang terus
dipelihara
2.1 Menyebutkan ciptaan Allah yang ada di sekitar sekolah
dan rumahnya
2.2 mempraktekkan pengalamannya memelihara ciptaan
Allah, misalnya binatang kesayangan, tanaman dan laian-lain.
2.3 menghargai dan memelihara ciptaan Allah yang ada
dilingkungannya
- Menyebutkan alasan mengapa dirinya memerlukan teman dan
saudara
-Bermain drama tentang perlunya hidup bersama dengan orang lain
-Bersyukur melalui
nyanyian kepada Allah karena dirinya tidak sendirian
-Menyebutkan
mengapa dirinya membutuhkan orang lain ( teman , dll)
-Menceritakan
pengalaman jika tidak memiliki teman atau sahabat
-Bermain drama
tentang hidup yang saling menghargai dan tolong menolong
-Mengakui bahwa
dirinya membutuhkan teman dan sahabat
-Menyebutkan
contoh sikap berteman dan bersahabat yang benar
-Menceritakan
pengalamannya memiliki sahabat dan teman
-Bermain peran tentang hidup bersama dalam perbedaan
-Membangun
persahabatan dan pertemanan di sekolah
|
6 Jam
6 jam
6 Jam
6 jam
|
Sumber :
· Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
· Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : II / I
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan
Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung-jawabnya
dalam kelurga.
Waktu : 32 Jam
Kompetensi Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
|
Karakter Budaya Bangsa
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Sumber / Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
5. Siswa mampu
mensyukuri kepelbagaian budaya, suku,
agama dan bangsa
6. Siswa mampu
mengasihi teman dan guru di sekolah dengan benar
|
5.
Siswa mensyukuri
kenyataan –kenyataan pluralisme yang
ada
Siswa bergaul,
mengasihi semua orang tanpa melihat perbedaan yang ada
|
1.
Menyebutkan
bermacam-macam suku bagsa,agama dan bahasa di Indoonesia
2. Menyebutkan
beberapa bangsa
2.
Menceritakan
bahwa Allah mencintai semua suku dan bangsa
1. Mempraktekkan sikap
mengasihi teman-teman yang berasal dari berbagai latar belakang
|
·
Religius
·
Jujur
·
Santun
·
Disiplin
·
Tanggung- Jawab
·
Cinta Ilmu
·
Ingin tahu
·
Percaya diri
·
Menghargai keberagaman
·
Patuh pada aturan
·
Sosial
·
Bergaya hidup sehat
·
Sadar akan hak dan kewajiban
·
Bekerja keras
·
Adil
|
Berbagai macam suku, bangsa , agama dan bahasa
Beberapa macam nama bangsa di dunia, khususnya yang ada di Indonesia
Tuhan mengasihi semua bangsa
Berteman tanpa membedakan latar belakang
|
1.1
Menyebutkan
bermacam-macam suku, bangsa, bahsa dan agama
1.2
Menceritakan
pengalamannya memiliki teman dan saudara yang berbeda suku, bangsa, agama
1.3
Bersayukur
melalui nyanyian bahwa dirinya bersama
dengan orang lain berbeda.
2.1 Menyebutkan nama
macam-macam bangsa
2.2 Mencritakan ciri
khas yang membedakan satu bangsa dengan bangsa lain
2.3 Bermain drama
tentang sikap yang tepat terhadap bangsa-bangsa yang adas disekitarnya
2.4 Menghargai
perbedaan tiap bangsa
3.1 Menyebutkan alasan
mengapa perlu menghargai bangsa-bangsa ciptaan Allah
3.2 Bernyanyi dengan
gerakan tangan dan kaki bahwa Allah mencintai semua bangsa.
3.3 Bermain peran
tentang perlunya saling mengasihi diantara bangsa-bangsa
3.4 Memiliki sikap
saling mengasihi antara bangsa-bangsa
1.1 menyebutkan contah
bagaimana sikap seorang siswa kristen dalam berteman dengan berbeda latar
belakangnya
1.2 Menceritakan
pengalaman yang pernah dialaminya dengan teman yang berbeda latar belakangnya
|
7 Jam
7 Jam
7 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
·
Buku teks
·
Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
|
2. Bergaul dengan semua teman tanpa memilih-milih
3. Menjalin persahabatan dengan teman-teman
4. Mengasihi semua orang tanpa melihat perbedaan yang
ada
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
Berteman tanpa membedakan
latar belakang
Bergaul dengan semua teman
tanpa memilih-milih
Menghargai Perbedaan
Mengasihi semua orang
|
1. 3 Mewarnai gambar tentang perlunya saling
mengasihi dengan teman yang berbeda latar belakang
1.4 Mengasihi
teman tanpa membedakan latar belakang
2.1 Menyebutkan nama teman dan sahabatnya
2.2 Menceritakan pengalaman tentang sikap bergaul
yang baik
2.3 Bersyukur memiliki teman melalui nyanyian tentang persahabatan
dengan semua teman-temannya
Menyebutkan
alasan perlunya menjalin persahabatan
Menceritakan
makna persahabatan dengan teman-temannya
Bermain simulasi
tentang persahabatan
Membangun
hubungan persdahabtan dengan teman-temannya
Menyebutkan
alasan pentingnya mengasihi sesasma
Bermainperan
tentang orang Samaria
yang baik hati
Menceritakan
kepada siapa saja dirinya pernah menunjukkan kasihnya
Mengasihi semua
orang tanpa membeda-bedakan
|
6 Jam
6 jam
7 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : Menerapkan arti mengasihi dan menghargai
manusia dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada
Waktu : 32 Jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
7. Siswa mampu menghargai teman dan guru tanpa
memandang perbedaan
8. Siswa mampu menolong orang yang sedang menderita /
kesulitan yang ada disekitarnya
|
1. Siswa menyadari bahwa Allah mengasihi semua orang
tanpa terkecuali
2. Siswa
menerima perbedaan tiap orang dan menghargainya
1. Siswa dapat menunjukkan sikap simpati dan empati pada
orang yang menderita
2. Siwa memberikan pertolongan pada orang yang
membutuhkan pertolongan
|
1. Menjelaskan bahwa orang kaya dan orang miskin
dikasihi Allah
1. mempraktekkan sikap dapat
menerima perbedaan tiap orang dari
perbuatan, kemampuan dll
1. menjelaskan arti/ makna empati dan simpati
2. Menjelaskan bahwa setiap orang membutuhkan orang lain
dalam hidupnya
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. Contoh orang miskin dan orang kaya dikasihi Allah
1. Sikap dapat menerima
1. Contoh empati dan simpati
2. Makna empati dan simpati
|
Mengidentifikasi
tentang orang kaya dan miskin
1.2 Membedakan orang miskin dan orang kaya dari
gambar yang disiapkan guru
1.3 Menjelaskan ada orang miskin dan orang kaya
1.4 Memperagakan sikap yang harus dimiliki orang kaya
kepada orang miskin
1.5 percaya bahwa setiap orang miskin dan kaya
dikasihi oleh Allah
1.1 Mengidentifikasi perbedaan dirinya dengan
teman-temannya
1.2 Menyesuaikan diri dengan perbedaan yang ada di
lingkungannya
1.3 Menyetujui dan menghargai perbedaan
1.1 menuliskan arti sikap empati dan simpati
1.2 menunjukkan
sikap empati dan simpati dari ganbar yang disiapkan oleh guru
1.3 menuliskan contoh sikap empati dan simpati terhadap temannya yang kehilangan
1.4 menunjukkan sikap empati dan simpati terhadap
sesamanya
1.5 memilki sikap simpati dan empati terhadap
temannya yang menderita
2.1 menuliskan kepada siapa saja bersikap empati dan
simpati
2.2 memberi alasan mengapa berempati dan simpati terhadap sesama
2.3 meyakini bahwa sikap empati dan simpati membina
kebersamaan
2.4 Menunjukkan sikap empati dan simapti terhadap
sesama
|
6 Jam
6 jam
6 jam
6 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
|
3. .Berempati dan simpati dengan penderitaan orang
lain disekitarnya
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
3.
Saling membutuhkan
4. Peduli terhadap penderitaan orang lain
|
Menuliskan alasan
manusia saling membutuhkan
Menggambarkan
manusia yang hidup sendirian
Menuliskan
hubungannya dengan anggota keluarganya dan orang lain
Menunjukkan
saling membutuhkan dengan semua orang dari
berbagai profesi
4.1 menunjukkan sikap peduli terhadap orang lain dari
gambar yang disiapkan guru
4.2 Menuliskan bentuk-bentuk penderitaan yang dialami
manusia
4.3 Menuliskan bentuk kepedulian terhadap berbagai jenis
penderitaan
4.4 Memposisikan dirinya sebagai anak yang peduli
terhadap penderitaan orang lain
|
6 jam
6 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I I I/ 1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan
Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui
tanggung jawab dalam keluarga
Waktu : 32 Jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9. Siswa mampu
mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga dan sesama
manusia
|
1. Siswa mnembangun hubungan kasih didalam keluarganya
2. Siswa mensyukuri pemeliharaan Allah terhadap
sesama dengan cara menyebutkan contoh pemeliharaan Allah pada manusia dan
tanggung jawabnya terhadap pemeliharsaan Allah
|
1. Menjelaskan peran masing-masing anggota keluarga
kristen dalam mensyukuri pemeliharaanNya
2. mempraktekkan sikap saling
mengasihi di dalam keluarga
3. Menyebutkan beberapa contoh pemeliharaan Allah
kepada manusia
4. Mempraktekkan tanggapan manusia terhadfap pemeliharaan
Aallah
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. Konsep peran anggota keluarga masing-masing.
2. Peran masing-masing anggota kerluarga
1.
merencanakan kegiatan untuk menyatakan kasih kepada anggota keluarga
1. contoh pemeliharaan Allah pada
manusia
1. menceritakan contoh tindakan
kasih yang sudah dilakukan dalam keluarga
|
1.1 Mewnuliskan bentuk tanggung jawab sebagai anggota
keluarga
1.2 bermain peran tentang sikap dan tanggung jawab
sebagai anggota keluarga
1.3 menghormati anggota keluarganya melalui sikap
dalam kehidupan sehari-hari
1.1 Menuliskan hak dan kewajiban anggota keluarga
1.2 menunjukkan bentuk hak dan kewajiban sebagai
anggota keluarga
1.3 menyadari hak dan kewajiban sebagai anggota
keluarga
1.1
menyebutkan pengalaman dipelihara Allah
1.2
menceritakan pengalamannya dipelihara Allah
1.3 Bersyukur
kepada Allah atas pemeliharaannya melalui doa dan nyanyian
1.1 menuliskan ayat nas atau puisi atas pemeliharaan
Allah
1.2 menunjukkan sikap terhadap pemeliharaan Allah
terhadap dirinya
1.3 menyatakan kesetiaannya terhadap pemeliharaan
Allah
1.4 bersyukur atas pemeliharaan Allah dalam keluarga
1.5 Rajin membaca Alkitab atas pemeliharaan Tuhan
|
6 Jam
6 jam
6 jam
6 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
10. Siswa mampu memberikan yang tyerbaik bagi
keluarga
|
Siswa berperilaku saling menghormati dengan anggota
keluarga dalam kehidupan sehari-hari
|
1. menghormati orang tua dengan sungguh-sungguh
2. Menjalani kehidupan sehari-hari dengan teratur
3. berperilaku
yang menyukakan seluruh anggota keluarga
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. hormat kepada orang tua
yang dituakan
1. kehidupan keluarga yang teratur
1. tindakan kasih dalam
keluarga
|
Menyebutkan
bunyi hukum Tuhan ke 5
Menuliskan
pengalamannya ketika menolong salah satu anggota keluarganya
Menunjukkan
perbuatan kasih dalam keluarga
Mengasihi orang
tua dan keluarga
Mengungkapkan
perasaannya saat menolong anggota keluarganya
1.1 menyusun jadwal
kegiatansehariu-hari
1.2 menceritakan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
1.3 mentaati perintah orang tua dalam kehidupan
sehari-hari
menunjukkan
sikap hormat kepada orang yang lebih tua
1.1 menuliskan
contoh hormat yang benar kepada orang tua
1.2
melaksanakan jadwal yang telah dibuatnya dengan penuh tanggung jawab
1.3
menceritakan tetntang perilaku seorang
yang taat dalam keluarga
1.4
menunjukkan perilaku kasih kepada keluarga sebagai anak Tuhan
|
5 jam
5jam
5 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : I I I/ 2
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan
Allah dalam kehidupan komunitas keluarga dan menunjukkan syukur melalui
tanggung jawab dalam keluarga
Waktu : 32 Jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
11. Siswa mampu
ikut serta menciptakan hidup rukun dalam keluarga
|
Siswa
hidup rukun dengan anggota keluarganya
|
1. membangun kerukunan dalam
kehidupan keluarga
2. menghindari percekcokkan dalam
keluarga
3. berusaha untuk saling menolong dan memperhatikan
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. Makna kerukunan dalam hidup keluarga
1.
menghindari
percekcokkan dalm keluarga
2.
Kerugian percekcokkan
dalam keluarga
1. contoh saling menolong dan mempersatukan
2. usaha konkrit menolong dan
memperhatikan dalam keluarga
|
1.1 Menceritakan tentang hidup rukun dalam keluarga
keluarga
1.2 Menunjukkan cara hidup rukub dalam keluarga
1.3 membedakan hidup rukun dalam keluarga
2.1 Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan
terjadinya pertengkaran
2.2 menuliskan kerugian yang dialami akibat
pertengkaran dalam keluarga
2.3 menceritakan perilaku baik untuk mengindari
terjadinya pertengkaran
2.4 mengungkapkan perasaan ketika terjadinya pertengkaran dalam
keluarga
2.5 sikap saling menghargai perbedaan dalam keluarga
1.1
menyebutkan orang –orang yang perlu mendapatkan peretolongan
1.2 menuliskan
bentuk-bentuk pertolongan bagi merteka yang membutuhkan
1.3 Bermain
perancara menolong orang yang membutuhkan pertolongan
1.4 mendoakan mereka yang membutuhkan pertolongan
|
3 Jam
8 jam
8 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
12. Siswa mampu memelihara alam ciptaan Tuhan
|
Siswa mampu melaksanakan kegiatan memelihara alam di
lingkungan sekolah dan tempat tinggal
|
1. menjelaskan
bahwa seluruh ciptaan Allah ada manfaatnya bagi manusia
2. Menjelaskan pentingnya kesadaran umat manusia untuk
membangun, memelihara dan melestarikan alam
3. menjelaskan bahwa Allah berkuasa atas alam
4. Melaksanakan program kegiatan melestarikan alam di
lingkungan sekolah/ tempat tinggal
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. konsep ciptaan
2. manfaat ciptaan Allah
1. peran manusia dalammengembangkan memelihara alam
2. dampak kelalaian
manusia dalam memelihara alam
1.Allah maha kuasa
2. Bukti kemahakuasaan Allah atas segala ciptaanNya
1. tindakan melestarikan alam dilingkungan sekolah/
tempat tinggal
|
Menuliskan
manfaat dari ciptaan Allah
Memahami ciptaan
Allah bagi manusia
Menunjukkan
manfaat matahari bagi manusia
Bersyukur atas
ciptaan Allah
Menuliskan
usaha-usaha untuk memelihara dan melestarikan alam
Menyebutkan
akibat dari kelalaian manusia dalam memelihara alam
Menjaga
kebersihan lingkungan rumah dan sekolah
Membuat kliping
tentang bencana alam
Perlu menyadari
kebersihan lingkungan
Menceritakan
kemahakuasaan Allah menghentikan angin ribut
Mengekspresikan
melalui gambar peristiwa angin ribut
Bersyukur kepada
Allah atas kemahakuasaanNya
1.1 menuliskan program kegiatan melestarikan alam di
lingkungan sekolah dan tempat tinggal
1.2 menanam bunga di lingkungan sekolah dan tempat
tinggal
1.3 merawat tanaman
|
7 jam
6 jam
5 jam
2 jam
|
Sumber :
·
Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : IV / 1
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan wujud tindakan manusia yang
dapat menunjukkan pemahaman dan pengakuan keberadaan Allah dan manusia serta
menjelaskan
Kemahakuasaan Allah yang menyebabkan
manusia dapat bergantung sepenuhnya kepada Allah
Waktu : 32 jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
13.Siswa mampu memahami kemahakuasaan Allah
|
Siswa mengakui kemahakuasaan Allah dan menyakininya
|
1.mendaftarkan berbagai hal tentang kemahkuasaan Allah
dalam penciptaan
2. Menyebutkan berbagai penyembuhan yang dilakukan
Yesus Kristus
3. Menceritakan kuasa Yesus Kristus mengubah air
menjadi anggur
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. Konsep kemaha
kuasaan Allah dalam penciptaan
2. Hubungan antara ciptaan dan penciptaan
3. Peran Allah dalam penciptaan
Contoh
perbuatan Yesus menyembuhkan orang sakit
Mukjizat
air menjadi Anggur
|
1. mendata ciptaan karya Allah dalam kitab kejadian 1 :
1-2
2. memelihara lingkungan alam sebagai ciptaan Tuhan
3. mengumpulkan gambar tentang kuasa Allah dalam
penciptaan
4. memelihara kesehatan tubuh sebagai ciptaan Allah
5. Percaya kepada Allah yang berkuasa dalam penciptaan
1. menuliskan contoh 2 karya penyembuhan yang dilakukan
Yesus
2. menceritakan mukjizat yang dibuat oleh Yesus
3. merenungkan penyembuhan yang dilakukan oleh Yesus
4. Percaya kepada Yesus yang memiliki kuasa penyembuhan
5. mengucap syukur atas mukjizat penyembuhan
1. menulis ulangg dengan garis besar cerita tentang air
menjadi anggur
2. menerangkan makna cerita air menjadi anggur
3. merenungkan cerita tentang air menjadi anggur
4. menghargai kuasa Tuhan Yesus membuat mukjizat air
menjadi anggur
|
4Jam
2
jam
2
jam
|
Sumber :
· Alkitab
Kejadian 1:1-2
·Buku teks
·Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
Mat.9 :1-8
Luk. 5:17-26
Yoh.2:1-11
|
·
Lisan /
tertulis
·
Penampilan
·
Unjuk kerja
·
Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
14. Siswa mengakui keterbatasannya sebagai manusia
dan ketergantungan pada kemahakuasaan Allah
|
Siswa
mengekspresikan pengakuannya terhadasp kemahakuasaan Allah melalui doa
|
4. menceritakan
kuasa yesus Kristus memberi makan 5000 orang
5. Membuat syair pemujaan terhadap kuasa Allah
1. siswa mampu berdoa sebagai wujud pengakuannya
terhadap kemaha kuasaan Allah
2. Mempraktekkan hidup sesuai doanya
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
Mukjizat
tentang memberi makan 5000 orang
1. membuat
syair pemujaan terhadap kuasa Allah
2. Pengakuan terhadap kemahakuasaan Allah
1. Doa sebagai alat komunikasi dengan Allah
2. Doa sebagai alat mengekspresikan pengakuannya
terhadap kemahakuasaan Allah
Menyusun
doa sesuai kebutuhan hidupnya misalnya doa syukur, penyembuhan
|
1. Menulis makna cerita yesus tentang memberi makan
5000 orang
2. menerangkan makna mukjizat Yesus memberi makan
5000 orang
3. memperagakan peran tentang Yesus memberi makan
5000 orang
4. percaya bahwa
Yesus sumber kehidupan manusia
1. menyusun puisi tentang pemujaan kepada kuasa Allah
2. membacakan syair pemujaan terhadap kuasa allah
3. menjiwai tentang syair pemujaan terhadap kuasa Allah
4. senang membaca syair pemujaan terhadap kuasa Allah
1. Menulis teks doa kepada Allah
2. membacakan teks tentang doa
3. memperagakan sikap doa yang benar tentang
kemahakuasaan Allah
4. membuat gambar orang yang berdoa kepada Allah
5. meyakini doa sebagai alat komunikasi kepada Allah
1. menuliskan
contoh doa sesuai pengalaman pribadinya
2. menjelaskan arti doa menurut iman kristen
3. berdoa
sesuai dengan kebutuhannya
4. memiliki sikap hidup sesuai dengan doanya
5. percaya bahwa doa dapat menolong hidupnya
|
2 jam
4jam
4jam
4jam
|
Sumber :
· Alkitab
Lukas 9:10-17
Mat. 14:13-21
Yoh.6:1-14
Mark.6:30-46
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
Maz. 23
Maz.19:1-7
Filifi 4:6
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : Menyebutkan wujud tindakan manusia yang menunjukkan pemahaman dan pengakuan keberadaan
Allah dan manusia serta menjelaskan
Kemahakuasaan Allah yang menyebabkan
manusia dapat bergantung sepenuhnya kepada Allah
Waktu : 32 jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter Budaya
Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
15.Siswa mampu menyebutkan wujud tindakan manusia
yang sepenuhnya bergantung kepada Allah
|
Siswa
mempercayakan hidupnya kepada kemahakuasaan
Allah
|
1.Menceritakan tentang ketergantungan umat Israel kepada
Allah ketika mengembara di padang
belantara
2. Menyebutkan beberapa bukti bahwa hidup kita
bergantung pada pengasihan Allah
3. Menyusun puisi / syair tentang ketergantungan
manusia pada Allah
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
Konsep
keterbatasan manuisa.
Contoh-contoh
keterbatasan manusia
Bukti
ketidak mampuan manusia tanpa pertolongan Allah
Syair
ketergantungan manusia pada Allah
|
1. membuat ringkasan keterbatasan umat Israel.
Ketika mengembara di padang
gurun
2. Membuat contoh-contoh tindakan umat Israel
bergantung kepada Allah
3. Menceritakan alasan mengapa umat Istael bergantung
kepada Allah
4. Mengakui ketergantungan kepada Tuhan Allah melalui
sikap sehari-hari
1. Menuliskan contoh-contoh bahwa hidup kita bergantung
kepada pengasihan Allah
2. Menjelaskan alasan mengapa manusia bergantung kepada
Allah
3. Bermain peran / berpantomin tentang : Elia di tepi
sungai Kerit, Elia dan Janda di Zaryad
4. Mengharap dan percaya terhadap pertolongan Tuhan
dalam kehidupan sehari-hari
1. Membuat puisi/syair tentang ketergantungan manusia
kepada Allah
2. Memperagakan puisi/syair tentang manusia yang
bergantung pada Allah
3. Menghargai karya dan mengkoleksi puisi atau syair
yang bertemakan ketergantungan kepada Allah
|
4Jam
4Jam
4jam
|
Sumber :
· Alkitab
Keluaran 16,17
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
· Gambar
|
·
Lisan /
tertulis
·
Penampilan
·
Unjuk kerja
·
Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
16. Siswa mampu mensyukuri kemahakuasaan Allah dan
keterbatasan manusia
|
Siswa dapat mengucap syukur atas kemahakuasaan Allah
dalam segala hal
|
1. membuat doa syukur atas kemampuan Allah terhadap berbagai
kejadian
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
Contoh-contoh
syukur atas kemahakuasaan Allah dalam berbagai kejadian
Syair
ucapan syukur kepada Allah atas kemahakuasaan Allah
|
1. Membuat doa syulkur atas kemahakuasaan Allah
2. Menjelaskan makna tentang doa syukur kepada Tuhan
3. Mengumpulkan contoh doa syukur terhadap
kemahakuasaan Allah
4. Mengucapkan syukur atas kemahakuasaan Allah
5. Menmuji Tuhan melalui doa syukur tentang
kemahakuasaan Allah
1. Membuat puisi yang bertema ucapan syukur atas
penguasaan Allah
2. Membacakan puisi yang bertema ucapan syukur atas
penguasaan Allah
3. Mengkoleksi Puisi, gambar, Nyanyian ucapan syukur
4. Bersyukur kepada Tuhan dalam hidup sehari-hari
|
4 jam
6 jam
|
Sumber :
· Alkitab
Mazmur 27:1-14
Kisah R.16:25-32
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : V / 1
Standar Kompetensi : Menjelaskan bahwa manusia berdosa tetapi
diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
Waktu : 32 jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
17.Siswa mampu menjelaskan bahwa manusia itu berdosa
|
Siswa menyadari kenyataan
bahwa manusia itu berdosa
|
1.Menjelaskan
awal kejatuhan manusia ke dalam dosa
2. Menjelaskan bahwa dosa merupakan sikap manusia
yang menentang kehendak Allah
3. Memiliki sikap menjauhi dosa
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. Kecenderungan manusia utnuk melakukan yang tidak
baik
2. Manusia memiliki kebebasan untuk memilih
1. konsep dosa
2. Kesombongan manusia sebagai ciptaan yang mulia
1.perbedaan
dosa dan kesalahan
2.Akibat dosa
|
1. Menuliskan proses kejatuhan manusia ke dalam dosa
(Kej.3)
2. Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan dosa manusia
sehari-hari
3. Menuliskan pengalaman siswa melakukan pelanggaran
4. Memperagakan peran peristiwa jatuhnya manusia ke
dalam dosa ( kej. 3)
5. Menyadari kemungkinan siswa dapat jatuh ke dalam dosa.
1. Mendaftarkan bentuk-bentuk perbuatan manusia yang
menentang kehendak Allah
2. Mengungkapkan bentuk-bentuk perbuatan-perbuatan yang
bertentangan dengan kehendak Allah
3. Menjauhkan diri dari perbuatan yang menentang
kehendak Allah
1. Menuliskan kembali dengan kata sendiri cerita
Yusuf di rumah Fotifar
2. Menceritakan sikap Yusuf di rumah Potifar
3. Menghindari godaan-godan yang menimbulkan dosa
|
6 Jam
2 Jam
3 jam
|
Sumber :
· Alkitab
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
· Gambar
|
·
Lisan /
tertulis
·
Penampilan
·
Unjuk kerja
·
Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
18. Menunjukkan kerinduan untuk diampuni dosa-dosanya
|
Menyadari pentingnya memohon ampun pada Allah atas
dosa-dosanya.
Bersedia
memaafkan orang lain
|
1. menjelaskan perlunya memohon pengampunan dari Allah
2. Menjelaskan bahwa Allah mengampuni orang yang
menyesali dosanya
3. memiliki sikap pemaaf
4. Meneladani sikap Yesus yang mengampuni
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
Konsep
Pengampunan
1. Allah Maha pengampun
2. Perlunya pengampunan bagi manusia
3. cara memohon pengampunan kepada Allah
1. konsep penyesalan
2. Arti pertobatan
3. Kesulitan mengampuni sesama
4. contoh sikap pemaaf
meneladani
Kristus yang mau mengampuni manusia
|
1. Menuliskan doa pengakuan dosa
2. Menngungkapkan doa pengakuan dosa
3. Memahami
arti pengampunan dosa
1. Menguraikan cara manusia menyatakan penyesalan
dosanya
2. Menuliskan kisah hidup Paulus
3. Mendemostrasikan kisah hidup Paulus
4. Mempercayai bahwa Allah itu sumber pengampunan
5. menerapkan pentingnya arti memaafkan orang lain
6. berani meminta maaf atas kesalahannya
Mengembangkan sikap pemaaf kepada sesama
1. menuliskan
berbagai perkataan Yesus kepada orang berdosa
2. menceritakan
sikap Yesus terhadap orang berdosa
3. meneladani sikap Yesus yang pengampun
|
3 jam
3 jam
3 jam
|
Sumber :
· Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : V / 2
Standar Kompetensi : Menjelaskan bahwa manusia berdosa tetapi
diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus
Waktu : 32 jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
19.Menjelaskan bahwa Allah adalah penyelamat manusia
|
Memahami dan menyadari
keselamatan yang diberikan Allah melalui Yesus Kristus
|
1. Menjelaskan karya penyelamatan Allah di dalam Yesus
Kristus
2. Menjelaskan makna hidup dalam keselamatan
3. Menjelaskan bahwa Allah mengampuni semua orang yang
menyesali dosanya termasuk dirinya
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. konsep keselamatan
2. Tujuan kelahiran,kematian dan kebangkitan Yesus
Kristus
3. Yesus sebagai Juru Selamat
Menyerahkan
hidupnya pada Yesus
Beriman
kepada Yesus sebagai Juru selamat
|
1. Membuat karangan peristiwa kelahiran Yesus Kristus
2. mendramakan peristiwa kelahiran Yesus Kristus
3. Memahami karya penyelamatan Allah kepada manusia
melalui Yesus Kristus
1. menguraikan arti hidup manusia yang mendapatkan
keselamatan dalam kehidupannya
2. Menyapa orang lain dengan penuh kasih
3. menampilkan sikap hidup yang bermakna dalam
kehidupan imannya
4. menuliskan cerita Raja Daud yang berbuat dosa dan
memohon ampun
1. bermain peran dalam peristiwa nabi Natan menegur
raja Daud karena DosaNya
2. berani menyatakan kesalahannya ketika ia berbuat
dosa
|
3Jam
3 jam
3 jam
|
Sumber :
· Alkitab
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
· Gambar
|
·
Lisan /
tertulis
·
Penampilan
·
Unjuk kerja
·
Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
20. Siswa mampu menunjukkan sikap sebagai orang yang sudah diselamatkan
|
Siswa menanggapi penyelamatan Allah di dalam Yesus
Kristus dengan menjadi saksinya
|
1. menanggapi penyelamatan Allah dalam hidupnya
sehari-hari melalui sikap hidup yang baik dan benar
2. Menjelaskan arti menjadi saksi Kristus
3. menjadi saksi Kristus bagi lingkungannya
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
Tindakan
atau respon yang baik sebagai bentuk ucapan syukur atas karya Allah
Menjadi
saksi keselamatan
1. konsep saksi Kristus
2. Tindakan konkrit menjadi saksi Kristus bagi
lingkungannya
|
1.
Mendaftarkan
perbuatan yang baik sebagai ucapan syukur atas karya Allah dalam hidup
2.
mendemontrasikan
contoh perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari
3.
memberi teladan
dalam perbuatan baik
1. membuat karangan kesaksian hidup yang berkenan kepada
Allah
2. melakukan kesaksian melalui sikap dan perbuatan
3. menjalin kerjasama dengan sesamanya
1. Mendaftarkan sikap umat Kristen di lingkungannya
sesuai ajaran Yesus Kristus
2. Mempraktekkan cara menyapa orang lain dengan kasih
3. mengembangkan sikap toleransi di lingkungannya
|
3 jam
3 jam
3 jam
|
Sumber :
· Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEKOLAH
DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : VI / 1
Standar Kompetensi : Menerapkan arti ibadah yang sesunggunya,
khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia
Waktu : 32 jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
21.Siswa mampu memahami makna Ibadah
|
1. Siswa memehami makna ibadah
Siswa
membangun relasi pribadi dengan Allah melalui doa
|
1.Menjelaskan
makna ibadah
2. Membangun relasi pribadi dengan Allah melalui
doa, dan membaca Alkitab
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. konsep ibadah sebagai kegiatan ritual
2. bentuk-bentuk ibadah
3. Mengenal peribadatan dalam agama lain
1. Pentingnya membaca Alkitab
2. pentingnya membina relasi dengan Allah
3. Cara membangun relasi dengan Allah
|
1.
Menuliskan konsep tentang ibadah menurut PL dan PB
2. Membuat laporan kegiatan di gereja masing-masing
3. Membuat daftar bentuk-bentuk ibadah di gereja
masing-masing ( misalnya kebaktian sekolah minggu, keluarga, dll ).
4. membuat daftar bentuk-bentuk ibadah agama lain
5. Menjelaskan konsep ibadah menurut PL dan PB secara
kelompok
6. memperagakan bentuk-bentuk ibadah yang rutin
dilakukan siswa
7. Mengemukakan bentuk-bentuk ibadah pada agama lain
8.
menghargai
berbagai bentuk ibadah
9.
menghayati
perlunya ibadah
10. menghargai bentuk-bentuk ibadah yang dilakukan orang
lain
1. Membuat teks doa
2. membuat tanggapan pribadi tentang pentingnya membina
relasi dengan Allah
3. membacakan puisi atau menyanyikan lagu yang diciptakan
4. rajin membaca Alkitab
5. rajin berdoa
6. berperilaku sesuai dengan makna dari puisi atau lagu
yang diciptakannya
|
6 jam
6 jam
|
Sumber :
· Alkitab
Keluaran
23
Imamat
23
1Tim
4
ibrani
10
Roma
12
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
· Gambar
Timotius 3
Mazmur 119
|
·
Lisan /
tertulis
·
Penampilan
·
Unjuk kerja
·
Unjuk Karya
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
22. siswa
mampu memahami bahwa kegiatan sehari-hari sebagai ibadah ungkapan syukur
kepada Allah
|
Siswa menjalankan tugas dan kewajiban di rumah dan di
sekolah sebagai bagian dari ibadah
|
3. menjelaskan makna ibadah melalui kegiatan sehari-hari
Menjalankan tugas dan
kegiatan sehari-hari dengan bertanggung jawabsebagai ibadah kepada Allah
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. membuat ibadah melalui kegiatan sehari-hari
2. contoh-contoh ibadah melalui kegiatan sehari-hari
3. Menjalankan tugas dan kegiatan sehari-hari sebagai
ibadah kepada Allah
|
1. membuat renungan singkat tentang makna ibadah dalam
kehidupan sehari-hari
2. mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang termasuk
ibadah secara tertulis
3. mempraktekkan kegiatan sehari-hari yang termasuk
ibadah denagn penuh tanggung-jawab
1. mendaftar aktifitas sehari-hari yang termasuk ibadah
dan aktifitas yang tidak termasuk ibadah
2. mendiskusikan aktifitas sehari-hari yang termasuk
ibadah dan aktifitas yang tidak termasuk ibadah
3. mempraktekkan ibadah
didalam kehidupan sehari-hari
4. menghargai orang lain
|
6jam
4 jam
|
Sumber :
· Alkitab
· Buku teks
· Pengalaman siswa
Alat :
·
Gambar
|
· Lisan / tertulis
· Penampilan
· Unjuk kerja
· Unjuk Karya
|
SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
SEKOLAH DASAR ( SD )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester : VI / 2
Standar Kompetensi : Menerapkan arti ibadah yang sesunggunya,
khususnya dalam seluruh aktifitas hidup manusia
Waktu : 32 jam
Kompetensi
Dasar
|
Hasil
Belajar
|
Indikator
|
Karakter
Budaya Bangsa
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber /
Bahan/ Alat
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
23.Siswa mampu melayani Allah dan Sesama
sebagai ungkapan Syukur kepada Allah
|
1. Siswa melayani sesama dalam bentuk yang sederhana, sesuai
talenta, usia dan kemampuannya
Siswa
membangun relasi pribadi dengan Allah melalui doa
|
1.
Menjelaskan arti melayani Allah dan
sesama sebagai ungkapan syukur
2.
Mempraktekkan sikap
melayani sesama sebagai ungkapan syukur
3. Merancang program
kegiatan melayani sesama sesuai kemampuannya
|
· Religius
· Jujur
· Santun
· Disiplin
· Tanggung- Jawab
· Cinta Ilmu
· Ingin tahu
· Percaya diri
· Menghargai keberagaman
· Patuh pada aturan
· Sosial
· Bergaya hidup sehat
· Sadar akan hak dan
kewajiban
· Bekerja keras
· Adil
|
1. Arti melayani
2. Konsep Iman Kristen
3. Melayani sebagai Ibadah
4. Melayani dalam iman
Kristen dan juga bagi orang lain
5. Bentuk-bentuk pelayanan
terhadap sesama
6. Merencanakan Program
kegiatan pelayanan terhadap sesama di lingkungan terdekat sebagai bentuk ungkapan syukur.
|
1. Memahami arti
melayani
2. Mendaftarkan
bentuk-bentuk perbuatan melayani
3.Meladani
Pelayanan-pelayanan yang pernah dilakukan Oleh Tuhan Yesus di dunia.
1.Memahami bahwa
melayani dalam iman Kristen sebagai bentuk ungkapan syukur kita kepada Allah
2. mempraktekkan hidup
melayani menurut iman Kristen
- mempraktekkan hidup
melayani
dalam kehidupan sehari-hari.
- Meneladani sikap hidup
melayani tokoh pelayan Tuhan dalam hidup sehari-hari
- Mengidentifikasi
bentuk-bentuk pelayanan yang dapat dilakukan terhadap sesama.
- Membuat rencana /program
kegiatan pelayanan yang dapat dilakukan kepada sesama di lingkungan terdekat
sebagai bentuk ungkapan syukur.
|
5Jam
5 jam
|
Sumber :
· Alkitab
-Lukas
22:27
-Matius 6
-Matius
20:28,
-Matius
22:37-39
-Markus
10:45
·Buku teks
·Buku cerita
·Pengalaman siswa
Alat :
· Gambar
|
·
Lisan /
tertulis
·
Penampilan
·
Unjuk kerja
·
Unjuk Karya
|
salam pertemanan, tolong masukan silabus ini pada blok saya : dengan alamat : jeslin807@gmailcom
ReplyDelete