PENILAIAN KINERJA GURU AGAMA KRISTEN



ISTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU AGAMA KRISTEN
TK/SD/SMP/SMA/SMK PROVINSI DKI JAKARTA
Nama Guru               : …………………………………….
Tempat Tugas           : …………………………………….
Tanggal Penilaian     : …………………………………….
Komponen I : MENYUSUN PROGRAM PENGAJARAN PAK

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Memahami Kurikulum
a. Menjelaskan tujuan Pendidikan untuk



Pendidikan
  Pecapaian tujuan pendidikan Nasional




b.Menjelaskan isi kurikulum


2.
Memahami Prinsip-
a.Menjelaskan prinsip psikologi pendidikan



Prinsip Psikologi Pendi
   Sesuai dengan Aspek Pengetahuan, ketram



dikan yang dapat di
  pilan dan sikap



manfaatkan dalamPBM
b.Menjelaskan prinsip-prinsip belajar dan  




   Cara penerapannya


3.
Memahami Buku
a.Menjelaskan buku sumber yang diguna-



Sumber PAK
  kan




b.menjelaskan manfaat dan keterkaitan




  Buku sumber sesuai mata pelajaran PAK


4.
Memahami Silabus
a.Menjelaskan tujuan Pembelajaran PAK



dan menganalisis
b.Memilih dan mengembangkan pembelaja



kompetensi
   ran PAK




c.Menentukan strategi pembelajaran sesuai




  dengan indicator




d.Menentukan media pembelajaran sesuai




  dengan indikator












NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
5.
Menyusun Program
a.Melakukan analisis terhadap hari belajar



Semester
   Efektif




b.Menjabarkan rencana pembelajaran dalam




   Satu semester


6.
Menyusun Desain
a.Memilih indikator pembelajaran dengan



Pembelajaran PAK
  baik




b.Memilih bahan pembelajaran sesuai




  dengan indikator




c.Memilih dan mengembangkan strategi




  Pembelajaran sesuai lingkungan dan




  Perkembangan siswa




d.Memilih dan mengembangkan media




  Pembelajaran yang sesuai




e.Memilih dan memanfaatkan  sumber




  belajar



JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  1

           
Komponen II : MELAKSANAKAN  PROGRAM PEMBELAJARAN  PAK

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Menciptakan iklim be-
a.Melaksanakan prinsip-prinsip pengelola-



lajar mengajar yang
  an kelas dan menciptakan suasana belajar



kondusif
 Mengajar yang kondusif




b.Memperhatikan factor-faktor yang mem-




  pengaruhi suasana belajar mengajar dan




  menangani masalah-masalah pembelaja-




  ran dan pengelolaan kelas


2.
Mengatur ruangan
a.Melaksanakan berbagai model tata ruang



belajar
  belajar




b.Mempergunakan sarana dan prasarana ke




   las secara tepat




c.Melaksanakan pengaturan ruang belajar




   secara tepat














NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
3.
Mengelola interaksi
a.Menerapkan ketrampilan membuka menu



pembelajaran
  tup pelajaran(set introduction and closure)




b.Menerapkan ketrampilan bertanya




  (questioning skills)




c. Menerapkan ketrampilan memberi pengu




   atan(reinforcement skills)




d.Melaksanakan ketrampilan mengadakan




   Variasi (variation skills)




e. Menerapkan ketrampilan menjelaskan




   (explaining skills)




f. Menerapkan ketrampilan membimbing




   Diskusi kelompok kecil




g. Menerapkan ketrampilan mengelola kelas




h. Menerapkan ketrampilan mengajar per-




   seorangan.



JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  II


Komponen III : MELAKSANAKAN EVALUASI  BELAJAR   PAK

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Menilai prestasi siswa
a.Menerapkan prinsip-prinsip penilaian



Untuk kepentingan
b.mempraktekkan berbagai teknik penilaian



pengajaran
c.Menyusun alat penilaian sesuai dengan




  Tujuan pengajaran




d.Memiliki dokumen penilaian







2.
Menilai proses belajar
a.Melakukan evaluasi terhadap metode



Mengajar yang telah
   Yang digunakan



dilaksanakan
b.Melakukan catatan Evaluasi terhadap




  Alat peraga yang digunakan




c.Memiliki program perbaikan terhadap




  Proses belajar mengajar



JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  III








Komponen IV : MELAKSANAKAN ANALISIS  EVALUASI  BELAJAR   PAK

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Melaksanakan
a.Membuat  dokumentasi analisis hasil



Analisis hasil evaluasi
  Evaluasi hasil belajar



belajar
b.Mengelompokkan siswa berdasarkan




  Ketuntasan belajar



JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  IV


Komponen V : MELAKSANAKAN PROGRAM PERBAIKAN DAN PENGAYAAN

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Melaksanakan
a.Menginventaris bahan penunjang yang



program perbaikan
   Relevan dengan bahan mata pelajaran



dan pengayakan
b.Menyusun dan melaksanakan program




   Perbaikan




c. Menyusun dan melaksanakan program




   pengayakan



JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  V



Komponen VI : MENYUSUN DAN  MELAKSANAKAN PROGRAM  BP

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Membimbing siswa
a.Menyusun  program bimbingan pembelajaran



Yang mengalami
b.Melaksanakan kegiatan bimbingan terhadap



Kesulitan belajar
  Siswa yang mengalami kesulitan belajar


2.
Membimbing siswa
a.Menyusun program bimbingan terhadap



Yang berkelainan
  siswa yang berkelaian dalam perkembangan



dalamperkembangan
b.Melaksanakan program bimbingan terhadap




    siswa yang berkelaian dalam perkembangan


3.
Membimbing siswa
a.Mengenali siswa yang berbakat khusus



Yang berbakat
b.Melakukan bimbingan kepada siswa yang



khusus
  Berbakat khusus





NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
4.
Membina wawasan
a.Mengidentifikasi berbagai jenis pekerjaan



Siswauntuk menghar-
  yang ada di masyarakat yang perlu



gai berbagai pekerjaan
  diketahui oleh siswa



di masyarakat
b.Melaksankakan kegiatan untuk menim-




  bulkan pandangan positif terhadaf ber-




  bagai jenis pekerjaan dalam masyarakat



JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  VI







Komponen VII: MEMBIMBING SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Membimbing siswa da-
a.Menyusun program dan melakukan bim-



lam kegiatan ekstra-
  bingan terhadap siswa dalam kegiatan



Kurikuler PAK
  Ekstrakurikuler Agama Kristen




b.Melakukan pencatatan perkembangan




  siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler



JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  VII


Komponen VIII: MELAKSANAKAN  PENGEMBANGAN PROFESI

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Pengembangan Profesi
Melaksanakan pengembangan Profesi








JUMLAH NILAI ASPEK


NILAI KOMPONEN  VIII


Nilai  Prestasi       : ……………
Sebutan                : ……………
A   =  86 – 1000
B   = 76 – 85
C   = 66 – 75        
D   = 51 – 65
E   = 10 – 50








A.    PENILAIAN

1). Nilai diberikan pada tiap indicator yang ada, kemudian dijumlahkan nilai indicator menjadi nilai Aspek, kemudian nilai Aspek pada tiap komponen dijumlahkan, lalu dibagi sesuai jumlah Aspek yang ada.
Contoh :
Komponen III : MELAKSANAKAN EVALUASI  BELAJAR   PAK

NO

ASPEK

INDIKATOR
NILAI
INDIKATOR
ASPEK
1.
Menilai prestasi siswa
a.Menerapkan prinsip-prinsip penilaian
75
80

Untuk kepentingan
b.mempraktekkan berbagai teknik penilaian
85


pengajaran
c.Menyusun alat penilaian sesuai dengan
85



  Tujuan pengajaran




d.Memiliki dokumen penilaian
75






2.
Menilai proses belajar
a.Melakukan evaluasi terhadap metode
75
75

Mengajar yang telah
   Yang digunakan



dilaksanakan
b.Melakukan catatan Evaluasi terhadap
75



  Alat peraga yang digunakan




c.Memiliki program perbaikan terhadap
75



  Proses belajar mengajar



JUMLAH NILAI ASPEK                                   155 : 2
155

NILAI KOMPONEN  III
77,5


1)        Komponen yang dinilai berjumlah 8 komponen, dari komponen 1 ,2,3,4,5,6,7,8 dijumlahkan, kemudian dibagi 8, jadilah NILAI PRESTASI kinerja Guru.






0 Response to "PENILAIAN KINERJA GURU AGAMA KRISTEN"

Post a Comment