ISTRUMEN
PENILAIAN KINERJA GURU AGAMA KRISTEN
TK/SD/SMP/SMA/SMK
PROVINSI DKI JAKARTA
Nama Guru : …………………………………….
Tempat Tugas : …………………………………….
Tanggal Penilaian : …………………………………….
Komponen I : MENYUSUN
PROGRAM PENGAJARAN PAK
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Memahami Kurikulum
|
a. Menjelaskan
tujuan Pendidikan untuk
|
|
|
|
Pendidikan
|
Pecapaian tujuan pendidikan Nasional
|
|
|
|
|
b.Menjelaskan
isi kurikulum
|
|
|
2.
|
Memahami Prinsip-
|
a.Menjelaskan prinsip
psikologi pendidikan
|
|
|
|
Prinsip Psikologi Pendi
|
Sesuai dengan Aspek Pengetahuan, ketram
|
|
|
|
dikan yang dapat di
|
pilan dan sikap
|
|
|
|
manfaatkan
dalamPBM
|
b.Menjelaskan
prinsip-prinsip belajar dan
|
|
|
|
|
Cara penerapannya
|
|
|
3.
|
Memahami Buku
|
a.Menjelaskan buku sumber
yang diguna-
|
|
|
|
Sumber PAK
|
kan
|
|
|
|
|
b.menjelaskan manfaat dan
keterkaitan
|
|
|
|
|
Buku sumber sesuai mata pelajaran PAK
|
|
|
4.
|
Memahami Silabus
|
a.Menjelaskan tujuan
Pembelajaran PAK
|
|
|
|
dan menganalisis
|
b.Memilih dan mengembangkan
pembelaja
|
|
|
|
kompetensi
|
ran PAK
|
|
|
|
|
c.Menentukan strategi
pembelajaran sesuai
|
|
|
|
|
dengan indicator
|
|
|
|
|
d.Menentukan media
pembelajaran sesuai
|
|
|
|
|
dengan indikator
|
|
|
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
5.
|
Menyusun
Program
|
a.Melakukan
analisis terhadap hari belajar
|
|
|
|
Semester
|
Efektif
|
|
|
|
|
b.Menjabarkan
rencana pembelajaran dalam
|
|
|
|
|
Satu semester
|
|
|
6.
|
Menyusun Desain
|
a.Memilih indikator
pembelajaran dengan
|
|
|
|
Pembelajaran PAK
|
baik
|
|
|
|
|
b.Memilih
bahan pembelajaran sesuai
|
|
|
|
|
dengan indikator
|
|
|
|
|
c.Memilih dan mengembangkan
strategi
|
|
|
|
|
Pembelajaran sesuai lingkungan dan
|
|
|
|
|
Perkembangan siswa
|
|
|
|
|
d.Memilih dan mengembangkan media
|
|
|
|
|
Pembelajaran yang sesuai
|
|
|
|
|
e.Memilih
dan memanfaatkan sumber
|
|
|
|
|
belajar
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN 1
|
|
Komponen II :
MELAKSANAKAN PROGRAM PEMBELAJARAN PAK
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Menciptakan
iklim be-
|
a.Melaksanakan
prinsip-prinsip pengelola-
|
|
|
|
lajar mengajar yang
|
an kelas dan menciptakan suasana belajar
|
|
|
|
kondusif
|
Mengajar yang kondusif
|
|
|
|
|
b.Memperhatikan
factor-faktor yang mem-
|
|
|
|
|
pengaruhi suasana belajar mengajar dan
|
|
|
|
|
menangani masalah-masalah pembelaja-
|
|
|
|
|
ran dan pengelolaan kelas
|
|
|
2.
|
Mengatur ruangan
|
a.Melaksanakan berbagai
model tata ruang
|
|
|
|
belajar
|
belajar
|
|
|
|
|
b.Mempergunakan sarana dan
prasarana ke
|
|
|
|
|
las secara tepat
|
|
|
|
|
c.Melaksanakan
pengaturan ruang belajar
|
|
|
|
|
secara tepat
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
3.
|
Mengelola
interaksi
|
a.Menerapkan
ketrampilan membuka menu
|
|
|
|
pembelajaran
|
tup pelajaran(set introduction and closure)
|
|
|
|
|
b.Menerapkan
ketrampilan bertanya
|
|
|
|
|
(questioning skills)
|
|
|
|
|
c. Menerapkan ketrampilan
memberi pengu
|
|
|
|
|
atan(reinforcement skills)
|
|
|
|
|
d.Melaksanakan
ketrampilan mengadakan
|
|
|
|
|
Variasi (variation skills)
|
|
|
|
|
e. Menerapkan ketrampilan
menjelaskan
|
|
|
|
|
(explaining skills)
|
|
|
|
|
f. Menerapkan ketrampilan
membimbing
|
|
|
|
|
Diskusi kelompok kecil
|
|
|
|
|
g. Menerapkan ketrampilan mengelola
kelas
|
|
|
|
|
h. Menerapkan ketrampilan
mengajar per-
|
|
|
|
|
seorangan.
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN II
|
|
Komponen III : MELAKSANAKAN
EVALUASI BELAJAR PAK
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Menilai
prestasi siswa
|
a.Menerapkan
prinsip-prinsip penilaian
|
|
|
|
Untuk kepentingan
|
b.mempraktekkan berbagai
teknik penilaian
|
|
|
|
pengajaran
|
c.Menyusun
alat penilaian sesuai dengan
|
|
|
|
|
Tujuan pengajaran
|
|
|
|
|
d.Memiliki dokumen penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menilai
proses belajar
|
a.Melakukan
evaluasi terhadap metode
|
|
|
|
Mengajar yang telah
|
Yang digunakan
|
|
|
|
dilaksanakan
|
b.Melakukan catatan Evaluasi
terhadap
|
|
|
|
|
Alat peraga yang digunakan
|
|
|
|
|
c.Memiliki
program perbaikan terhadap
|
|
|
|
|
Proses belajar mengajar
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN III
|
|
Komponen IV : MELAKSANAKAN ANALISIS EVALUASI
BELAJAR PAK
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Melaksanakan
|
a.Membuat dokumentasi analisis hasil
|
|
|
|
Analisis hasil evaluasi
|
Evaluasi hasil belajar
|
|
|
|
belajar
|
b.Mengelompokkan
siswa berdasarkan
|
|
|
|
|
Ketuntasan belajar
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN IV
|
|
Komponen V : MELAKSANAKAN PROGRAM
PERBAIKAN DAN PENGAYAAN
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Melaksanakan
|
a.Menginventaris
bahan penunjang yang
|
|
|
|
program perbaikan
|
Relevan dengan bahan mata pelajaran
|
|
|
|
dan
pengayakan
|
b.Menyusun
dan melaksanakan program
|
|
|
|
|
Perbaikan
|
|
|
|
|
c. Menyusun dan melaksanakan
program
|
|
|
|
|
pengayakan
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN V
|
|
Komponen VI : MENYUSUN DAN MELAKSANAKAN PROGRAM BP
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Membimbing
siswa
|
a.Menyusun program bimbingan pembelajaran
|
|
|
|
Yang mengalami
|
b.Melaksanakan kegiatan bimbingan
terhadap
|
|
|
|
Kesulitan
belajar
|
Siswa yang mengalami kesulitan belajar
|
|
|
2.
|
Membimbing
siswa
|
a.Menyusun
program bimbingan terhadap
|
|
|
|
Yang berkelainan
|
siswa yang berkelaian dalam perkembangan
|
|
|
|
dalamperkembangan
|
b.Melaksanakan
program bimbingan terhadap
|
|
|
|
|
siswa yang berkelaian dalam perkembangan
|
|
|
3.
|
Membimbing
siswa
|
a.Mengenali
siswa yang berbakat khusus
|
|
|
|
Yang
berbakat
|
b.Melakukan
bimbingan kepada siswa yang
|
|
|
|
khusus
|
Berbakat khusus
|
|
|
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
4.
|
Membina
wawasan
|
a.Mengidentifikasi
berbagai jenis pekerjaan
|
|
|
|
Siswauntuk menghar-
|
yang ada di masyarakat yang perlu
|
|
|
|
gai
berbagai pekerjaan
|
diketahui oleh siswa
|
|
|
|
di masyarakat
|
b.Melaksankakan kegiatan
untuk menim-
|
|
|
|
|
bulkan pandangan positif terhadaf ber-
|
|
|
|
|
bagai jenis pekerjaan dalam masyarakat
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN VI
|
|
Komponen
VII: MEMBIMBING SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Membimbing
siswa da-
|
a.Menyusun
program dan melakukan bim-
|
|
|
|
lam kegiatan ekstra-
|
bingan terhadap siswa dalam kegiatan
|
|
|
|
Kurikuler
PAK
|
Ekstrakurikuler Agama Kristen
|
|
|
|
|
b.Melakukan pencatatan
perkembangan
|
|
|
|
|
siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN VII
|
|
Komponen
VIII: MELAKSANAKAN PENGEMBANGAN PROFESI
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Pengembangan
Profesi
|
Melaksanakan
pengembangan Profesi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK
|
|
||
|
NILAI KOMPONEN VIII
|
|
Nilai Prestasi :
……………
Sebutan :
……………
A = 86 – 1000
B =
76 – 85
C =
66 – 75
D =
51 – 65
E =
10 – 50
A. PENILAIAN
1). Nilai
diberikan pada tiap indicator yang ada, kemudian dijumlahkan nilai indicator
menjadi nilai Aspek, kemudian nilai Aspek pada tiap komponen dijumlahkan, lalu
dibagi sesuai jumlah Aspek yang ada.
Contoh :
Komponen III : MELAKSANAKAN
EVALUASI BELAJAR PAK
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
|
INDIKATOR
|
ASPEK
|
|||
1.
|
Menilai
prestasi siswa
|
a.Menerapkan
prinsip-prinsip penilaian
|
75
|
80
|
|
Untuk kepentingan
|
b.mempraktekkan berbagai
teknik penilaian
|
85
|
|
|
pengajaran
|
c.Menyusun
alat penilaian sesuai dengan
|
85
|
|
|
|
Tujuan pengajaran
|
|
|
|
|
d.Memiliki dokumen penilaian
|
75
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menilai
proses belajar
|
a.Melakukan
evaluasi terhadap metode
|
75
|
75
|
|
Mengajar yang telah
|
Yang digunakan
|
|
|
|
dilaksanakan
|
b.Melakukan catatan Evaluasi
terhadap
|
75
|
|
|
|
Alat peraga yang digunakan
|
|
|
|
|
c.Memiliki
program perbaikan terhadap
|
75
|
|
|
|
Proses belajar mengajar
|
|
|
|
JUMLAH NILAI ASPEK 155 : 2
|
155
|
||
|
NILAI KOMPONEN III
|
77,5
|
1)
Komponen
yang dinilai berjumlah 8 komponen, dari komponen 1 ,2,3,4,5,6,7,8 dijumlahkan,
kemudian dibagi 8, jadilah NILAI PRESTASI kinerja Guru.
0 Response to "PENILAIAN KINERJA GURU AGAMA KRISTEN"
Post a Comment