KOMPETENSI INTI DAN
DASAR SMA/K AGAMA KRISTEN KURIKULUM 2013
Struktur kelompok mata pelajaran wajib dalam kurikulum SMA/MA
adalah sebagai berikut:
MATA
PELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU BELAJAR
PER
MINGGU
|
|||
X
|
XI
|
XII
|
||
Kelompok
A (Wajib)
|
||||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5.
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
6.
|
Bahasa
Inggris
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok
B (Wajib)
|
||||
7.
|
Seni
Budaya (termasuk muatan lokal)*
|
2
|
2
|
2
|
8.
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga,
dan Kesehatan (termasuk muatan lokal)
|
3
|
3
|
3
|
9.
|
Prakarya
dan Kewirausahaan
(termasuk muatan lokal)
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B per minggu
|
24
|
24
|
24
|
|
Kelompok C (Peminatan)
|
||||
Mata Pelajaran
Peminatan Akademik (SMA/MA)
|
18
|
20
|
20
|
|
Jumlah Jam Pelajaran Yang harus Ditempuh per minggu
|
42
|
44
|
44
|
Keterangan:
*Muatan
lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Kelompok Mata Pelajaran Peminatan
Kelompok mata pelajaran peminatan bertujuan (1) untuk
memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam
sekelompok mata pelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi,
dan (2) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau keterampilan
tertentu.
Struktur mata pelajaran peminatan dalam kurikulum
SMA/MA adalah sebagai berikut:
MATA PELAJARAN
|
Kelas
|
||||
X
|
XI
|
XII
|
|||
Kelompok A dan B (Wajib)
|
24
|
24
|
24
|
||
C. Kelompok Peminatan
|
|||||
Peminatan Matematika dan Sains
|
|||||
I
|
1
|
Matematika
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Biologi
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Fisika
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Kimia
|
3
|
4
|
4
|
|
Peminatan Sosial
|
|||||
II
|
1
|
Geografi
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Sejarah
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Sosialogi & Antropologi
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Ekonomi
|
3
|
4
|
4
|
|
Peminatan Bahasa
|
|||||
III
|
1
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
3
|
4
|
4
|
2
|
Bahasa dan Sastra Inggris
|
3
|
4
|
4
|
|
3
|
Bahasa dan Sastra Asing Lainnya
|
3
|
4
|
4
|
|
4
|
Antropologi
|
3
|
4
|
4
|
|
Mata Pelajaran Pilihan dan Pendalaman
|
|||||
Pilihan Lintas
Minat dan/atau Pendalaman Minat
|
6
|
4
|
4
|
||
Jumlah Jam Pelajaran Yang Tersedia
per minggu
|
66
|
76
|
76
|
||
Jumlah Jam Pelajaran Yang harus Ditempuh per minggu
|
42
|
44
|
44
|
BEBAN BELAJAR
Dalam struktur kurikulum SMA/MA ada penambahan jam
belajar per minggu sebesar 4-6 jam sehingga untuk kelas X bertambah dari 38 jam
menjadi 42
jam belajar, dan untuk kelas XI dan XII bertambah dari 38 jam menjadi 44 jam belajar. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar adalah
45 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan
jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan
proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran
siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran
penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk melakukan mengamati,
menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan
guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon peserta didik karena mereka
belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan
penilaian proses dan hasil belajar.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)
KELAS X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dirinya sebagai pribadi dewasa dengan pola pikir yang
komprehensif
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1 Mewujudkan nilai-nilai
Kristiani dalam kehidupan sosial
|
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Mendalami makna Allah sebagai
Pembaru kehidupan manusia dan alam
3.2
Menjelaskan makna kebersamaan
dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Meneliti bagian Alkitab yang
berbicara mengenai peran Roh Kudus dalam membarui kehidupan orang beriman
|
KELAS XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam menghadapi gaya
hidup modern
|
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1
Bersikap kritis dalam
menghadapi perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan tekonologi dengan
mengacu pada Alkitab
|
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menjelaskan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Mengidentifikasi berbagai
pergumulan dalam keluarga yang dipengaruhi oleh modernisasi
3.2 Menjelaskan peran keluarga
dan sekolah sebagai lembaga pendidikan
|
|
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menalar peran masyarakat dan
media dalam pendidikan
|
KELAS: XII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengamalkan nilai-nilai HAM
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam
membangun peradaban bangsa dan dunia
|
2.1 Mengembangkan sikap dan perilaku yang menghargai kemajemukan dan
multikulturalisme
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menjelaskan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3. 1 Memahami
nilai-nilai demokrasi dari berbagai sumber dan kasus yang terjadi pada aras
lokal dan global
|
4.
Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menalar dan mewujudkan perannya
sebagai pembawa damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari
|
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN DASAR AGAMA KRISTEN SMA/K KURIKULUM 2013"
Post a Comment