KOMPETENSI INTI DAN DASAR AGAMA
KRISTEN SMP
KURIKULUM 2013
Struktur
Kurikulum SMP/MTs adalah sebagai berikut:
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER
MINGGU
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok A
|
||||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4.
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok B
|
||||
1.
|
Seni
Budaya (termasuk muatan lokal)*
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan(termasuk muatan lokal)
|
3
|
3
|
3
|
3.
|
Prakarya(termasuk muatan lokal)
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
Alokasi Waktu Per Minggu
|
38
|
38
|
38
|
Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah
Ekstra
Kurikuler SMP/MTs antara lain:
-
Pramuka
(Wajib)
-
OSIS
-
UKS
-
PMR
Kelompok
A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek
kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih
menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi
dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan
yang disesuaikan dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam
melaksanakannya.
IPA
dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative
science dan integrative social
studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai
pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan
belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab
terhadap lingkungan sosial dan alam.Disamping itu, tujuan pendidikan IPS
menekankan pada pengetahuan tentang bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme,
serta aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah NKRI. IPA juga ditujukan
untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan berbagai
keunggulan wilayah nusantara.
BEBAN BELAJAR
Dalam
struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu dari semula
32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam
belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Dengan
adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru
memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi
siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang
lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta
didik perlu latihan untuk melakukan pengamatan, menanya, asosiasi, dan
komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran
dalam menunggu respon peserta didik karena mereka belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam belajar
memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)
KELAS
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima hanya Allah yang
dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui karya penyelamatan Yesus
Kristus
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Mengembangkan sikap
kepedulian dan solidaritas
2.2
Menerapkan sikap rendah
hati menurut teladan Yesus
2.3
Membangun kebiasaan hidup
disiplin sebagai wujud ketaatan kepada Firman Tuhan
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Mengakui bahwa
pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat daripada
kecenderungan manusia untuk merusaknya
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mengekspresikan
nilai-nilai Kristiani melalui komik, cerita bergambar, puisi, atau karya seni
lainnya
4.2
Menceritakan kepada orang
lain tentang pengalaman ditolong (story
telling)
|
KELAS
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima dan menanggapi
makna hidup beriman dan berpengharapan
1.2
Menerima peran Roh Kudus
dalam proses hidup beriman
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan sikap setia
kepada Tuhan dan sesama sebagai wujud hidup bersyukur
2.2
Menunjukkan sikap rela
berkorban seperti yang diajarkan Tuhan Yesus
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami dan mampu
menjelaskan makna hidup bersyukur sebagai orang yang beriman
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menerapkan sikap hidup
beriman dan berpengharapan melalui ibadah, doa, dan membaca Alkitab
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima karya Allah dalam
pertumbuhan gereja dan berbagai pergumulannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Memahami dan menunjukkan
sikap toleransi antarumat beragama sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Menjelaskan berbagai
bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini
3.2
Menjelaskan bentuk sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mewujudkan sikap-sikap
tanggung jawab terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat
4.2
Menerapkan perannya
sebagai anggota gereja dan masyarakat
|
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN DASAR SMP AGAMA KRISTEN KURIKULUM 2013"
Post a Comment