KISI-KISI
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) SEMESTER II
TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas : IV (Empat)
Penyusun : TEAM
KKG JAKARTA BARAT
Tempat Tugas :
NO
|
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
KET
|
1
|
Memahami wujud
tinda-
|
Musa di utus
|
- Pemimpin yang
di utus Tuhan
|
Siswa dapat menyebutkan nama pemimpin Tuh-
|
PG/CI
|
1
|
A
|
Kan manusia yang
sepe-
|
an ketika bangsa Israel keluar dari Mesir.
|
||||||
Nuhnya
bergantung pada
|
|||||||
Allah
|
|||||||
2
|
- Tuhan
menunjukan kuasaNya
|
Siswa dapat menjelaskan rupa Tuhan, ketika be-
|
PG/C2
|
2
|
C
|
||
di gunung horeb.
|
rtemu Musa di gunung Horeb.
|
||||||
.
|
|||||||
3
|
- Jawaban
Musa ketika di pan-
|
Siswa dapat menjelaskan jawaban Musa ketika
|
PG/C3
|
3
|
B
|
||
ggil
Tuhan.
|
dipanggil Tuhan pertama kali.
|
||||||
4
|
- Musa
di besarkan oleh raja fi-
|
Siswa dapat menyebutkan tempat Musa di besa-
|
PG/C2
|
4
|
D
|
||
r’aun.
|
rkan.
|
||||||
5
|
- Tulah
yang terjadi di Mesir.
|
Siswa dapat menunjukan gambar tulah kedua
|
PG/C1
|
5
|
B
|
||
.
|
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO
SOAL
|
KET
|
||||||
6
|
- orang yang
melahirkan Musa.
|
Siswa dapat menyebutkan nama ibu \musa.
|
PG/C1
|
36
|
Yokebed
|
||||||||
7
|
- Anak
yang di ambil dari air
|
Siswa dapat
menjelaskan arti nama Musa
|
IS/C2
|
37
|
Di angkat dari Air
|
||||||||
8
|
- Tulah
yang terjadi di Mesir
|
Siswa dapat menyebutkan lima tulah yang ter jadi di mesir.
|
UT/C3
|
46
|
· Air menjadi
darah
· Katak
dimana-mana
· Barah
· Nyamuk
dimana-mana
· Gelap Gulita
|
||||||||
9
|
Memahami wujud tindakan manusia
yang sepenuhnya
Bergantung pada Allah
|
Menyeberangi
laut bersama
Tuhan.-
|
- Kuasa
Tuhan dalam menyelamatkan bangsa Israel menyeberangi laut teberau.
|
Siswa dapat menyebutkan laut yang di seberan gi bangsa Israel
dengan pimpinan Tuhan.
|
PG/C1
|
6
|
C
|
||||||
10
|
- Penyertaan
Tuhan sewaktu Menyeberangi laut teberau.
|
Siswa dapat menjelaskan cara bangsa Israel m enyeberangi laut
teberau dengan sajian gambar
|
IS/C1
|
38
|
Berjalan kaki
|
||||||||
11
|
- Pertolongan
Tuhan kepada b-
|
Siswa dapat menjelaskan kuasa Allah dalam
|
PG/C2
|
7
|
A
|
||||||||
Angsa Israel pada malam hari
|
menyediakan kebutuhan ciptaan-Nya.
|
||||||||||||
12
|
- Menyerahkan
diri sepenuhn-
|
Siswa dapat menjelaskan Amsal 3:5
|
IS/C2
|
39
|
Pengerti-
|
||||||||
ya
kepada Tuhan.
|
.
|
an send-
|
|||||||||||
ri.
|
|||||||||||||
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO SOAL
|
Kunci
Jb
|
||||||
13
|
Pertolongan Tuhan kepada bangsa Israel pada malam hari.
|
Siswa dapat menjelaskan pertolongan Tuhan pada malam hari dengan
tiang api kepada bangsa Israel
|
PG/C2
|
9
|
B
|
||||||||
14
|
Sikap kita sebagai seorang pelajar terhadap kuasa Tuhan
|
Siswa dapat menjelaskan sikap seorang pelajar terhadap kuasa Tuhan
|
PG/C3
|
8
|
C
|
||||||||
15
|
Mujizat yang dilakukan Allah Melaui Musa
|
Siswa dapat menyebutkan tanda penyertaan Tuhan kepada Musa melalui
sajian tabel
|
PG/C3
|
10
|
A
|
||||||||
16
|
Memahami wujud
tindakan
manusia sepenuhnyatergantung pada Allah.
|
Kesusahan di Mara adalah men datkan
air pahit.
|
Siswa dapat menyebutkan kesusahan bangsa Is rael di Mara
|
PG/C1
|
11
|
B
|
|||||||
17
|
Kuasa Tuhan sewaktu bangsa Israel berada di Mara.
|
Siswa dapat menjelaskan kuasa Tuhan di Mara.
|
UT/C1
|
47
|
Tuhan mengubah air pahit
menjadi manis
|
||||||||
18
|
Kejadian Yang terjadi di Elim
|
Siswa dapat menjelaskan kejadian ketika Bangsa Israel sampai di
Elim.
|
UT/C1
|
47
|
Tuhan memberikan hujan roti
|
||||||||
19
|
. Kelakuan bangsa Israel sewaktu
mendapat kesusahan
|
Siswa dapat menjelaskan kelakuan bangsa Israel Ketika mendapat
kesusahan
|
IS/C2
|
40
|
Bersunggut-sungut
|
||||||||
KISI-KISI PENULISAN INDIKATOR ULANGAN KENAIKAN
KELAS(UKK) SEMESTER II
TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas : IV (Empat)
Penyusun : Grogol Petamburan
Tempat Tugas :
NO
|
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
KET
|
20
|
- Bersungut-
sungut
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari bersu-
|
PG/C3
|
13
|
D
|
||
ngut - sungut.
|
|||||||
21
|
-
Benda yang di pakai Musa
|
Siswa dapat menjelaskan benda yang di pakai
|
PG/C2
|
14
|
A
|
||
Mengubah
air di Mara.
|
Musa untuk mengubah air di Mara.
|
||||||
22
|
- Cara hidup bergantung
|
Siswa dapat menjelaskan cara bergantung sepe-
|
PG/C3
|
15
|
B
|
||
Pada Tuhan.
|
Nuhnya pada Allah.
|
||||||
23
|
Memahami wujud
tinda-
|
Bergantung
kepada Al-
|
-
Makanan yang di berikan Tu-
|
Siswa dapat menyebutkan makanan yang di ber-
|
PG/C1
|
16
|
A
|
Kan Manusia yang
sepe-
|
lah Manna dan
burung
|
han
kepada bangsa Israel.
|
Ikan Tuhan kepada bangsa Israel.
|
||||
Nuhnya bergantung
pada
|
puyuh.
|
||||||
Allah.
|
|||||||
24
|
- Makanan yang di berikan Tu-
|
Siswa dapat menjelaskan cara mengumpulkan
|
PG/C2
|
17
|
B
|
||
han Kepada bangsa Israel.
|
Manna.
|
||||||
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
KET
|
25
|
- Tuhan membuat
Manna dari
|
Siswa dapat menjelaskan bahan untuk membuat
|
IS/C2
|
41
|
Embun
|
||
embun.
|
Manna.
|
||||||
26
|
- Sikap perintah kepada Tu
-
|
Siswa dapat
menjelaskan sikap terhadap perint-
|
PG/C3
|
18
|
C
|
||
han.
|
ah Tuhan.
|
||||||
27
|
- Perbuatan Allah yang mena-
|
Siswa dapat menjelaskan bahwa dengan pertol-
|
IS/C3
|
42
|
|||
kjubkan kepada bangsa Israel
|
ongan Tuhan berkali-kali atas bangsa Israel, m-
|
bergantung
|
|||||
enyadarkan mereka untuk tetap bergantung se-.
|
|||||||
Penuhnya Kepada Allah.
|
Kepada Allah
|
||||||
28
|
-
Untuk mendapatkan makanan
|
Siswa dapat menjelaskan aturan yang harus di
|
PG/C2
|
19
|
A
|
||
Tuhan memberi aturan mela-
|
Patuhi bangsa Israel untuk mendapatkan maka-
|
||||||
lui Musa.
|
Nan.
|
||||||
29
|
- Bangsa Israel makan Manna
|
Siswa dapat menjelaskan waktu yang di butuh-
|
PG/C2
|
20
|
C
|
||
Selama 40 tahun.
|
Kan bangsa Israel memakan Manna.
|
||||||
30
|
- Orang yang bergantung ke-
|
Siswa dapat menceritakan kuasa pemeliharaan
|
PG/C1
|
21
|
D
|
||
pada Allah dalam 2 Raja-r-
|
Allah terhadap anak-Nya melalui orangtua.
|
||||||
aja 20 : 1-11 melalui peny-
|
|||||||
ajianTabel.
|
|||||||
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
31
|
Memahami wujud
tind-
|
Dengarlah
pintaku
|
- Doa yang benar sangat besar
|
Siswa dapat menjelaskan bahwa doa orang ben-
|
PG/C2
|
22
|
B
|
Akan manusia
yang se-
|
kuasaNya.
|
ar bila yakin didoakan
sangat besar kuasaNya.
|
|||||
Penuhnya
bergantung
|
|||||||
Pada Allah.
|
|||||||
32
|
- Tuhan menambahkan umur
|
siswa dapat menyebutkan
|
IS/C2
|
43
|
15 tahun
|
||
Kepada raja Hizkia
|
umur yang di tambahkan.
|
||||||
33
|
- Sewaktu paulus dan silas be-
|
PG/C1
|
23
|
B
|
|||
rada
di penjara terjadi kuas-
|
|||||||
a Tuhan.
|
|||||||
34
|
- Dengan doa kita dapat ber
komunikasi pada Tuhan.
|
Siswa dapat menjelaskan melalui doa, kita
berkomunikasi kepada Tuhan
|
IS/C3
|
44
|
doa
|
||
.
|
|||||||
35
|
- Nafas hidup orang percaya
adalah doa.
|
Siswa dapat menjelaskan bahwa doa merupakan nafas hidup bagi orak
percaya.
|
PG/C2
|
24
|
D
|
||
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO
SOAL
|
KET
|
36
|
- Samuel yang di minta dari
|
Siswa dapat menjelaskan arti nama Samuel.
|
PG/C2
|
25
|
A
|
||
Tuhan.
|
|||||||
37
|
-
Matius 6: 9- 13 doa Bapa kami.
|
Melalui
penyajian tabel siswa dapat menentukan Kitab yang menuliskan tentang doa bapa
kami.
|
PG/C1
|
26
|
B
|
||
38
|
|||||||
-
Berterimakasih pada Tuhan
|
Siswa dapat menjelaskan bahwa berterimakasih
|
PG/C2
|
27
|
C
|
|||
adalah ucapan syukur
|
kepada Tuhan merupakan ucapan syukur kita
|
||||||
kepadanya.
|
|||||||
39
|
- Doa
Hana ketika berada di Silo.
|
Siswa dapat menjelaskan 2 hal yang dilakukan Hana ketika berada di
silo.
|
UT/C2
|
48
|
1. Berdoa
2. Memuji Tuhan
|
||
40
|
-
Sikap gambar berdoa.
|
Setelah melihat gambar siswa dapat menjelask an apa yang sedang di
lakukan anak.
|
PG/C2
|
28
|
D
|
||
41
|
Mensyukuri
kemahakuasaan
Allah.
|
Hatiku memuji
Tuhan.
|
-
Memuji Tuhan harus melalui
Perkataan dan perbuatan.
|
Siswa dapat menjelaskan sikap memuji Tuhan dapat tercermin melalui
perkataan dan perbuatan .
|
IS/C3
|
45
|
perbuatan
|
42
|
Tempat Tuhan berdoa di ta-
|
Melalui penyajian tabel, siswa dapat menjelas-
|
PG/C2
|
29
|
A
|
||
Man getsemani.
|
Kan tempat Tuhan Yesus berdoa sebelum Ia di tangkap.
|
NO
|
KOMPETENSI
YANG DIUJIKAN
|
MATERI
|
URAIAN MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
43
|
-
Dalam menghadapi pencob-
|
Siswa dapat menjelaskan
sikap Ayub ketika
|
PG/C3
|
30
|
B
|
||
aan harus sabar dan bersyu-
|
.menghadapi pencobaan.
|
||||||
kur.
|
|||||||
44
|
-
Gambar gereja tempat Iba dah umat Kristen.
|
Melalui penyajian gambar
siswa dapat menentukan tempat Ibadah umat Kristen
|
PG/C1
|
31
|
C
|
||
.
|
|||||||
45
|
-
Ingat dan kudu skan hari s-
|
Siswa dapat menjelaskan
isi hukum taurat yang
|
PG/C1
|
32
|
D
|
||
abat adalah hukum taurat
|
Ke empat.
|
||||||
yang ke empat.
|
|||||||
46
|
Mensyukuri
kemahaku asaan Allah
|
Aku bersyukur
|
-
Sikap seorang anak yang bersyukur terhadap tata tertib sekolah.
|
Siswa dapat menjelaskan
sikap seorang anak ya ng bersyukur terhadap tata tertib sekolah
|
UT/C2
|
49
|
1.
Rajin belajar
2.
Mentaati tata tertib sekolah
|
47
|
- Anak yang bertanggung jaw-
|
Siswa
dapat menjelaskan bahwa dengan mempe-
|
PG/C2
|
33
|
A
|
||
ab adalah mempersiapkan
|
rsiapkan buku pelajaran
adalah bukti kita berta-
|
||||||
buku pelajaran.
|
nggung jawab.
|
||||||
48
|
- Allah adalah gunung batuku
|
Siswa dapat menjelaskan
bunyi Mzm 62: 8
|
PG/C2
|
34
|
C
|
||
49
|
-
Bagian dari iman adalah si-
|
Melalui penyajian tabel
siswa dapat menjelask-
|
PG/C2
|
35
|
B
|
||
kap pantang menyerah.
|
an sikap pantang
menyerah adalah dari iman.
|
||||||
50
|
Menunjukkan 4
contoh sikap bersyukur kepada Tuhan sebagai orang percaya
|
UT/C3
|
50
|
1.
Rajin berdoa
2.
Rajin beribadah ke gereja/sekolah minggu
3.
Berbuat baik
4.
Rajin belajar
|
0 Response to "KISI KISI SOAL UKK / GENAP SEKOLAH DASAR KELAS 4 2013/ 2014 AGAMA KRISTEN"
Post a Comment