KISI KISI SOAL UKK / GENAP SEKOLAH DASAR KELAS 4 2013/ 2014 AGAMA KRISTEN



KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS   (UKK)   SEMESTER II
TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran        :   Pendidikan Agama Kristen
Kelas                       :   IV (Empat)
Penyusun                 :   TEAM KKG JAKARTA BARAT
Tempat Tugas          :  

NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
KET
1
Memahami wujud tinda-
Musa di utus
-   Pemimpin yang di utus Tuhan
Siswa dapat menyebutkan nama pemimpin Tuh-
PG/CI
1
A

Kan manusia yang sepe-

   
an ketika bangsa Israel keluar dari Mesir.




Nuhnya bergantung pada







Allah






2


-  Tuhan menunjukan kuasaNya
Siswa dapat menjelaskan rupa Tuhan, ketika be-
PG/C2
2
C



    di gunung horeb.
rtemu Musa di gunung Horeb.







.











3


-  Jawaban Musa ketika di pan-
Siswa dapat menjelaskan jawaban Musa ketika
PG/C3
3
B



    ggil Tuhan.
dipanggil Tuhan pertama kali.











4


-  Musa di besarkan oleh raja fi-
Siswa dapat menyebutkan tempat Musa di besa-
PG/C2
4
D



    r’aun.
rkan.











5


-  Tulah yang terjadi di Mesir.
Siswa dapat menunjukan gambar tulah kedua
PG/C1
5
B




.







NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO
SOAL
KET
6


-   orang yang melahirkan Musa.
Siswa dapat menyebutkan nama ibu \musa.
PG/C1
36
Yokebed
7


-  Anak yang di ambil dari air
Siswa dapat menjelaskan arti nama Musa
IS/C2
37
Di angkat dari Air
8


-  Tulah yang terjadi di Mesir
Siswa dapat menyebutkan lima tulah yang ter jadi di mesir.
UT/C3
46
·  Air menjadi darah
·  Katak dimana-mana
·  Barah
·  Nyamuk dimana-mana
·  Gelap Gulita
9
Memahami wujud tindakan manusia yang sepenuhnya
Bergantung pada Allah
Menyeberangi laut bersama Tuhan.-
-  Kuasa Tuhan dalam menyelamatkan bangsa Israel menyeberangi laut teberau.
Siswa dapat menyebutkan laut yang di seberan gi bangsa Israel dengan pimpinan Tuhan.
PG/C1
6
C
10

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTFT6mjGvgXc_G2jMaOdxtUhOjMz31qf_hlITfb_4I8o75lj00J
-  Penyertaan Tuhan sewaktu Menyeberangi laut teberau.
Siswa dapat menjelaskan cara bangsa Israel m enyeberangi laut teberau dengan sajian gambar
IS/C1
38
Berjalan kaki



   




11


-  Pertolongan Tuhan kepada b-
Siswa dapat menjelaskan kuasa Allah dalam
PG/C2
7
A



    Angsa Israel pada malam    hari    
menyediakan kebutuhan ciptaan-Nya.



12


-  Menyerahkan diri sepenuhn-
Siswa dapat menjelaskan Amsal 3:5
IS/C2
39
Pengerti-



    ya kepada Tuhan.
.


an send-







ri.








NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO SOAL
Kunci
Jb
13


Pertolongan Tuhan kepada bangsa Israel pada malam hari.
Siswa dapat menjelaskan pertolongan Tuhan pada malam hari dengan tiang api kepada bangsa Israel
PG/C2
9
B
14


Sikap kita sebagai seorang pelajar terhadap kuasa Tuhan
Siswa dapat menjelaskan sikap seorang pelajar terhadap kuasa Tuhan
PG/C3
8
C
15


Mujizat yang dilakukan Allah Melaui Musa
Siswa dapat menyebutkan tanda penyertaan Tuhan kepada Musa melalui sajian tabel
PG/C3
10
A
16
Memahami wujud tindakan manusia sepenuhnyatergantung pada Allah.

Kesusahan di Mara adalah men datkan air pahit.
Siswa dapat menyebutkan kesusahan bangsa Is rael di Mara
PG/C1
11
B
17


Kuasa Tuhan sewaktu bangsa Israel berada di Mara.
Siswa dapat menjelaskan kuasa Tuhan di Mara.
UT/C1
47
Tuhan mengubah air pahit menjadi manis
18


Kejadian Yang terjadi di Elim
Siswa dapat menjelaskan kejadian ketika Bangsa Israel sampai di Elim.
UT/C1
47
Tuhan memberikan hujan roti


19


. Kelakuan bangsa Israel sewaktu mendapat kesusahan
Siswa dapat menjelaskan kelakuan bangsa Israel Ketika mendapat kesusahan
IS/C2
40
Bersunggut-sungut







































KISI-KISI PENULISAN INDIKATOR ULANGAN KENAIKAN KELAS(UKK) SEMESTER II
TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran        :   Pendidikan Agama Kristen
Kelas                       :   IV (Empat)
Penyusun                 :   Grogol Petamburan
Tempat Tugas          :  

NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
KET
20


-   Bersungut- sungut
Siswa dapat menjelaskan pengertian dari bersu-
PG/C3
13
D



   
ngut - sungut.



21


-  Benda yang di pakai Musa
Siswa dapat menjelaskan benda yang di pakai
PG/C2
14
A



    Mengubah air di Mara.
Musa untuk mengubah air di Mara.











22


-   Cara hidup bergantung
Siswa dapat menjelaskan cara bergantung sepe-
PG/C3
15
B



    Pada Tuhan.
Nuhnya pada Allah.











23
Memahami wujud tinda-
Bergantung kepada Al-
-  Makanan yang di berikan Tu-
Siswa dapat menyebutkan makanan yang di ber-
PG/C1
16
A

Kan Manusia yang sepe-
lah Manna dan burung
    han kepada bangsa Israel.
Ikan Tuhan kepada bangsa Israel.




Nuhnya bergantung pada
puyuh.






Allah.














24


 -  Makanan yang di berikan Tu-
Siswa dapat menjelaskan cara mengumpulkan
PG/C2
17
B



    han  Kepada bangsa Israel.
Manna.

















NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
KET
25


-   Tuhan membuat Manna dari
Siswa dapat menjelaskan bahan untuk membuat
IS/C2
41
Embun



    embun.
Manna.











26


-   Sikap perintah kepada Tu -
Siswa dapat menjelaskan sikap terhadap perint-
PG/C3
18
C



    han.
ah Tuhan.











27


 -  Perbuatan Allah yang mena-
Siswa dapat menjelaskan bahwa dengan pertol-
IS/C3
42




    kjubkan kepada bangsa Israel
ongan Tuhan berkali-kali atas bangsa Israel, m-

bergantung




enyadarkan mereka untuk tetap bergantung se-.




Penuhnya Kepada Allah.
Kepada Allah








28


 -  Untuk mendapatkan makanan
Siswa dapat menjelaskan aturan yang harus di
PG/C2
19
A



    Tuhan memberi aturan mela-
Patuhi bangsa Israel untuk mendapatkan maka-






     lui Musa.
Nan.











29


  -  Bangsa Israel makan Manna
Siswa dapat menjelaskan waktu yang di butuh-
PG/C2
20
C



     Selama 40 tahun.
Kan bangsa Israel memakan Manna.



















30


  -  Orang yang bergantung ke-
Siswa dapat menceritakan kuasa pemeliharaan
PG/C1
21
D



      pada Allah dalam 2 Raja-r-
Allah terhadap anak-Nya melalui orangtua.






     aja 20 : 1-11  melalui peny-







     ajianTabel.























NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO
SOAL
Kunci
Jawaban
31
Memahami wujud tind-
Dengarlah pintaku
 -  Doa yang benar sangat besar
Siswa dapat menjelaskan bahwa doa orang ben-
PG/C2
22
B

Akan manusia yang se-

     kuasaNya.
 ar bila yakin didoakan sangat besar kuasaNya.




Penuhnya bergantung







Pada Allah.














32


  -  Tuhan menambahkan umur
siswa dapat menyebutkan
IS/C2
43
15 tahun



     Kepada raja Hizkia
umur yang di tambahkan.











33


  -  Sewaktu paulus dan silas be-

PG/C1
23
B



     rada di penjara terjadi kuas-







     a Tuhan.












34


  -   Dengan doa kita dapat ber komunikasi pada Tuhan.
Siswa dapat menjelaskan melalui doa, kita
 berkomunikasi kepada Tuhan
IS/C3
44
doa



     
.











35


   -  Nafas hidup orang percaya adalah doa.
Siswa dapat menjelaskan bahwa doa merupakan nafas hidup bagi orak percaya.
PG/C2
24
D



     














NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO SOAL
KET
36


 -   Samuel yang di minta dari
Siswa dapat menjelaskan arti nama Samuel.
PG/C2
25
A



      Tuhan.












37


 -   Matius 6: 9- 13 doa Bapa kami.
Melalui penyajian tabel siswa dapat menentukan Kitab yang menuliskan tentang doa bapa kami.
PG/C1
26
B
38










 -  Berterimakasih pada Tuhan
Siswa dapat menjelaskan bahwa berterimakasih
PG/C2
27
C



     adalah ucapan syukur
kepada Tuhan merupakan ucapan syukur kita 







kepadanya.











39


 -  Doa Hana ketika berada di Silo.
Siswa dapat menjelaskan 2 hal yang dilakukan Hana ketika berada di silo.
UT/C2
48
1.    Berdoa
2.    Memuji Tuhan
40


-    Sikap gambar berdoa.
Setelah melihat gambar siswa dapat menjelask an apa yang sedang di lakukan anak.
PG/C2
28
D








41
Mensyukuri kemahakuasaan Allah.
Hatiku memuji Tuhan.
 -  Memuji Tuhan harus melalui  Perkataan dan perbuatan.
Siswa dapat menjelaskan sikap memuji Tuhan dapat tercermin melalui perkataan dan perbuatan .
IS/C3
45
perbuatan








42


     Tempat Tuhan berdoa di ta-
Melalui penyajian tabel, siswa dapat menjelas-
PG/C2
29
A



     Man getsemani.
Kan tempat Tuhan Yesus berdoa sebelum Ia di tangkap.                            




NO
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI
URAIAN MATERI
INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO SOAL
Kunci
Jawaban
43


 -  Dalam menghadapi pencob-
Siswa dapat menjelaskan sikap Ayub ketika 
PG/C3
30
B



    aan harus sabar dan bersyu-
.menghadapi pencobaan.






    kur.




44


 -  Gambar gereja tempat Iba dah umat Kristen.
Melalui penyajian gambar siswa dapat menentukan tempat Ibadah umat Kristen
PG/C1
31
C



   
.



45


 -   Ingat dan kudu skan hari s-
Siswa dapat menjelaskan isi hukum taurat yang
PG/C1
32
D



     abat adalah hukum taurat
Ke empat.






     yang ke empat.




46
Mensyukuri kemahaku asaan Allah
Aku bersyukur
 -  Sikap seorang anak yang bersyukur terhadap tata  tertib sekolah.
Siswa dapat menjelaskan sikap seorang anak ya ng bersyukur terhadap tata tertib sekolah
UT/C2
49
1.    Rajin belajar
2.     Mentaati tata tertib sekolah
47


-  Anak yang bertanggung jaw-
Siswa dapat menjelaskan bahwa dengan mempe-
PG/C2
33
A



    ab adalah mempersiapkan
rsiapkan buku pelajaran adalah bukti kita berta-






    buku pelajaran.
nggung jawab.



48


-   Allah adalah gunung batuku
Siswa dapat menjelaskan bunyi Mzm 62: 8
PG/C2
34
C
49


 -  Bagian dari iman adalah si-
Melalui penyajian tabel siswa dapat menjelask-
PG/C2
35
B



    kap pantang menyerah.
an sikap pantang menyerah adalah dari iman.



50



Menunjukkan 4 contoh sikap bersyukur kepada Tuhan sebagai orang percaya
UT/C3
50
1.    Rajin berdoa
2.    Rajin beribadah ke gereja/sekolah minggu
3.    Berbuat baik
4.    Rajin belajar

0 Response to "KISI KISI SOAL UKK / GENAP SEKOLAH DASAR KELAS 4 2013/ 2014 AGAMA KRISTEN"

Post a Comment