SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : I (Satu)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai
ciptaan Allah
2.1 Bertanggung
jawab terhadap dirinya
sebagai ciptaan Allah
3.1 Memahami
dirinya sebagai ciptaan Allah
4.1 Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab terhadap dirinya sebagai ciptaan Allah
|
Allah Mengasihiku
-
Aku ciptaan yang
istimewa
|
Mengamati
·
Menyimak
cara memperkenalkan dirinya sendiri
·
Mengamati
tubuhnya dengan semua anggota tubuh yang ada untuk mengenal nama, letak, dan
perbedaan anggota tubuh yang dimilikinya dengan teman-temannya.
Menanya
·
Menanyakan beberapa
perbedaan antara dirinya dan temannya yang menunjukkan keistimewaan setiap peserta
didik serta menunjukkan kemaha-kuasaan Allah
Mengeksplorasi
·
Menggali secara
sederhana beberapa perbedaan, fungsi dan cara merawat anggota tubuh sebagai
wujud ucapan syukur kepada Allah.
· Menghubungkan berbagai anggota tubuh dengan
fungsi yang dikehendaki Allah
· Mengekspresikan kegunaan anggota tubuhnya dengan
menggambar wajah tersenyum.
Mengomunikasikan
·
Mengucapkan syukur
dengan menyanyikan lagu bertemakan anggota tubuh untuk mengenal anggota
tubuhnya.
·
Mengucapkan syukur
melalui doa sederhana atas tubuh istimewa yang diberikan Allah.
|
1.
Tes lisan tentang
pengalaman peserta didik menggunakan anggota tubuhnya.
2.
Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri anggota tubuhnya sebagai
pemberian Allah.
3. Penugasan
(membuat atau mengucapkan doa sederhana).
|
5 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas I
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas I
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.2 Menerima dan mensyukuri
beragam kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah
2.2 Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat anggota tubuhnya sebagai
ciptaan Allah
3.2 Memahami
beragam kegunaan anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah
4.2 Merawat
anggota tubuhnya sebagai ciptaan Allah
|
Aku merawat tubuhku
|
Mengamati
· Mengamati anggota tubuhnya yang digunakan dalam berbagai kegiatan.
· Mengamati fungsi setiap anggota tubuhnya.
Menanya
· Menanyakan fungsi anggota tubuh yang dapat diamati
· Menanyakan cara merawat tubuh yang benar
Mengeksplorasi
· Mempraktikkan beberapa kegiatan yang melibatkan
anggota tubuh
· Mempraktikkan cara merawat anggota tubuh
Mengasosiasi
· Menghubungkan beberapa kegiatan yang menunjukkan
penggunaan anggota tubuh dengan benar atau salah.
· Membandingkan manfaat yang terjadi apabila
merawat tubuh dengan baik dan akibat tidak merawat tubuh dengan baik.
Mengomunikasikan
· Melaporkan kegiatan pembiasaan yang dilakukan
berkenaan dengan tindakannya merawat
dan menggunakan anggota tubuhnya dengan benar di rumah
|
1.
Tes lisan tentang pengalaman
peserta didik merawat tubuhnya.
2.
Penilaian diri (self assessment) dalam merawat tubuhnya sebagai pemberian Allah.
3.
Unjuk Kerja
mempraktikkan kegiatan merawat anggota tubuhnya
|
5 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas I
4.
Buku Petunjuk Guru PAK Kelas I
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.3 Menerima
dan mensyukuri keberadaan keluarga dan
teman
2.3.1 Bersikap tulus dalam mengasihi keluarga dan
teman
2.3.2 Bersikap santun dalam hidup bersama dengan
orang lain
3.3.1 Menceritakan cara mengasihi keluarga dan teman
3.3.2 Menceritakan pengalaman hidup bersama
dengan orang lain
4.3.1 Menunjukkan sikap mengasihi keluarga dan
teman
4.3.2 Menunjukkan cara yang santun dalam hidup bersama dengan orang
lain.
|
Keluarga dan Orang Lain (Teman dan Guru)
|
Mengamati
·
Menyimak
memperkenalkan dirinya sebagai bagian dari keluarga
·
Mengamati
bentuk tindakan guru dalam mendidik dirinya.
Menanya
·
Menanyakan
siapa saja anggota keluarga dan orang lain yang dekat dengannya.
·
Menanyakan
dengan siapa saja berteman dan alasan mereka berteman.
·
Menanyakan
cara mengasihi keluarga, teman dan
guru.
Mengeksplorasi
· Menceritakan dengan semangat tentang anggota
keluarganya, misalnya dengan menunjukkan foto keluarganya.
· Mengeksplorasi diri dengan menceritakan beberapa
kegiatan yang biasa dilakukan bersama
keluarga di rumah.
· Menggali ayat Alkitab Kejadian 21:1-7 sehubungan
dengan keluarga.
· Mengeksplorasi berbagai kegiatan yang dilakukan
bersama temannya di rumah dan di sekolah.
Mengasosiasi
· Menghubungkan beberapa kisah keluarga dalam tokoh Alkitab lalu membandingkan kisah
tersebut dengan pengalaman diri sendiri.
· Menggambar wajah tersenyum atau cemberut pada
gambar yang menunjukkan beberapa kegiatan bersama dalam keluarga.
· Menghubungkan kisah pelayanan Yesus sebagai guru
dan mendaftarkan sikap bersyukur atas gurunya sebagai pemberian Allah.
Mengomunikasikan
· Menyanyikan dengan gembira beberapa lagu yang
bertemakan keluarga yang saling
mengasihi, misalkan lagu “Kucinta
K’luarga Tuhan,” “Allah mengasihi Keluarga,” atau “Tuhan Betapa Banyaknya.”
· Mengekspresikan rasa terima kasih pada guru
dengan membuat suatu karya sederhana di rumah misalnya doa, puisi, atau kartu
ucapan terima kasih bagi guru dan menyerahkan kepada guru yang dimaksud.
· Membuat laporan sederhana tentang kegiatan pembiasaan melakukan tindakan kasih
kepada keluarga misalnya kegiatan selama seminggu.
· Menuliskan
dan mengucapkan doa sederhana untuk keluarga.
· Membuat karya yang menunjukkan kasih sayang kepada keluarga, teman,
dan guru misalnya berbentuk kartu ucapan dan gambar.
|
1.
Tes lisan dan
tertulis tentang pengalaman dirinya hidup dalam keluarga dan orang lain
(teman dan guru)
2.
Penugasan: membuat
karya yang menunjukkan ucapan syukur
atas keberadaan orang lain (keluarga, teman, dan guru); membuat doa; membuat
laporan sederhana tentang pembiasaan yang dilakukan di rumah yang dipandu
oleh orangtua.
3. Penilaian diri (self assessment) terhadap kegiatan
bersama dalam keluarga, dalam berteman dan juga terhadap guru
4. Unjuk
Kerja: mengekspresikan rasa terima kasih kepada teman dan guru di sekolah.
|
5 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas I
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas I
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.4 Menerima
dan mensyukuri alam ciptaan Allah
2.4 Menunjukkan
tanggung
jawab dalam
memelihara
alam ciptaan Allah
3.4 Menyebutkan
contoh
tanggung jawab dalam
memelihara alam
ciptaan Allah
4.4.1 Melakukan
tindakan sederhana dalam memelihara alam ciptaan Allah
4.4.2 Menyanyikan
lagu rohani anak-anak yang menunjukkan ucapan syukur atas dirinya, keluarga,
teman, dan alam ciptaan Tuhan
|
Alam Ciptaan Allah
|
Mengamati
· Mengamati
alam sekitarnya untuk melihat
keteraturan dan keindahan alam ciptaan Allah.
· Mengamati adanya ketergantungan antara makhluk
hidup dalam alam ciptaan Allah.
· Mengamati pertumbuhan pada tanaman melalui
kegiatan.
Menanya
·
Menanyakan manfaat ciptaan Allah misalnya aneka binatang, tumbuhan dan benda-benda
penerang di sekitarnya.
·
Menanyakan bentuk tanggung jawabnya terhadap pemeliharaan alam ciptaan Allah.
Mengeksplorasi
· Menggali pemahaman tentang manfaat alam ciptaan
Allah bagi manusia.
· Menggali pemahaman tentang saling ketergantungan
alam ciptaan Allah.
· Menggali pemahaman tentang alam ciptaan Allah
berdasarkan Mazmur 8: 4-5.
Mengasosiasi
· Menghubungkan adanya saling ketergantungan antara
makhluk hidup; apabila satu di antaranya tidak ada maka akan berpengaruh pada
yang lain.
· Mengekspresikan ucapan syukur pada indahnya alam
ciptaan Allah melalui berbagai kegiatan atau dengan gambar wajah tersenyum.
Mengomunikasikan
·
Melakukan
beberapa tindakan memelihara ciptaan Allah sesuai kondisi.
·
Membuat
laporan sederhana dari kegiatan pembiasaan diri.
·
Mengekspresikan
ucapan syukur atas alam ciptaan Allah
melalui nyanyian atau doa sederhana.
|
1.
Tes lisan tentang
pengamatannya tentang keteraturan alam ciptaan Allah; pengamatan pada
pertumbuhan tanaman.
2.
Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri alam
ciptaan Allah; dalam penugasan.
3.
Penugasan pada
pembiasaan keterlibatan dirinya memelihara ciptaan Allah di rumah dengan
dipandu oleh orang tua; membuat doa sederhana.
4. Unjuk
Kerja melakukan kegiatan menanam atau merawat tumbuhan di sekolah.
|
6 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas I
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas I
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : II (Dua)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Meyakini
kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua sebagai wakil Allah di dunia.
2.1 Menunjukkan sikap hormat kepada orangtua dan
orang yang lebih tua
3.1.1 Memahami
alasan menghormati orangtua dan yang
lebih tua berdasarkan Alkitab.
3.1.2 Menceritakan
wujud sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua berdasarkan
pengalaman.
4.1
Mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan
orang yang lebih tua.
|
Allah Memeliharaku
-
Hormat kepada
orangtua dan orang yang lebih tua
|
Mengamati
·
Menyimak
cerita tentang sikap hormat kepada orangtua melalui cerita Alkitab.
·
Mengamati
berbagai peran orangtua di sekitarnya dan di keluarga masing-masing.
·
Mengamati
peran sikap hormat kepada orangtua dan mereka yang lebih tua.
Menanya
·
Menanyakan
makna kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua.
·
Menanyakan
wujud sikap yang harus dilakukan pada orangtua dan orang yang lebih tua.
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi
pengalaman bersama dengan orangtua (sebagai pengantar bahwa peserta didik
membutuhkan orangtua).
·
Mengeksplorasi
ayat Alkitab yang menunjukkan sikap terhadap orangtua dan orang yang lebih
tua.
·
Mengeksplorasi beberapa cerita tentang kisah keluarga
dalam Alkitab dengan fokus pada
kehadiran orangtua sebagai wakil Allah di dunia.
·
Mengekplorasi
beberapa contoh perbuatan menghormati
orangtua dan orang yang lebih tua berdasarkan pengamatan dan pengalaman sendiri.
·
Mengidentifikasi siapa saja yang dianggap sebagai orangtua dalam
hidupnya (di rumah, sekolah, gereja, lingkungan sekitar) dan menjelaskan
alasan mereka dianggap sebagai orangtua misalnya dengan mengisi tabel.
Mengasosiasi
·
Menceritakan manfaat
yang mereka rasakan dalam hubungan mereka yang akrab dengan orangtua dan
orang yang lebih tua.
·
Mengucap syukur atas hadirnya
orangtua dan orang yang lebih tua dalam membantu hidupnya yang dihubungkan
dengan pesan Alkitab tentang peran orangtua
Mengomunikasikan
·
Mempraktikkan
sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua melalui tugas
pembiasaan dan membuat laporan sederhana.
·
Menyanyi lagu yang bertemakan menghormati orangtua dan orang yang lebih tua.
·
Membuat
karya sebagai ungkapan syukur kehadiran orangtua dan orang yang lebih tua.
·
Menuliskan dan mengucapkan doa sederhana untuk
kehadiran orangtua.
|
1.
Tes lisan dan tertulis
tentang sikap terhadap orangtua dan yang lebih tua
2. Penilaian diri (self assessment)
dalam perannya mempraktikkan sikap hormat
kepada orangtua dan yang lebih tua yang dipandu oleh orangtua masing-masing
di rumah
3. Penugasan pada pembiasaan keterlibatan dirinya menunjukkan sikap
hormat kepada orangtua dan yang lebih tua
di rumah dengan dipandu oleh orangtua; membuat doa sederhana atau karya
lainnya sebagai ungkapan syukur atas hadirnya orangtua dan orang yang lebih
tua
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas II
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas II
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.2
Menerima dan
mensyukuri keberadaan
keluarganya sebagai pemberian Allah.
2.2 Menunjukkan perilaku
bertanggung jawab dalam
keluarga melalui tindakan
sederhana.
3.2 Menyebutkan
contoh
tanggung
jawab dalam
keluarga.
4.2 Mempraktikkan
tanggung jawab dalam
keluarga melalui tindakan
sederhana sesuai usia dan
kemampuannya.
|
Keluarga
Pemberian
Allah
|
Mengamati
·
Mengamati
berbagai contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab anak dalam keluarga.
·
Menyimak
cerita guru tentang sikap menerima keberadaan keluarga dan diri sendiri.
·
Menyimak
cerita Alkitab tentang tanggung jawab anak
dalam keluarga.
Menanya
·
Menanyakan
makna keluarga bagi dirinya.
·
Menanyakan
bentuk tanggung jawab yang dapat dilakukan di tengah-tengah keluarganya.
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi contoh
tanggung jawab anak dalam keluarga, dimulai dari hal-hal yang paling
sederhana.
·
Mengeksplorasi di Alkitab tentang contoh tanggung jawab anak dalam keluarga.
·
Menuliskan beberapa
kegiatan yang dilakukan untuk menunjukkan tanggung jawab pribadi dalam
keluarga, misalnya membereskan peralatan sekolah, merapikan mainan, merapikan
tempat tidur, dan lain-lain.
·
Mengeksplorasi
berbagai perbuatan bertanggung jawab
dalam keluarga sebagai pembiasaan sehari-hari.
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
pesan Alkitab tentang keluarga dengan kehidupan keluarganya di rumah.
·
Menemukan pesan yang ada dalam lagu rohani yang bertemakan keluarga, bagi keluarga dan bagi diri sendiri.
Mengomunikasikan
·
Mempraktikkan
perbuatan bertanggung jawab dalam keluarga sebagai pembiasaan, mendaftarkan
manfaat yang mereka rasakan dan membuat laporan sederhana.
·
Menyanyikan lagu
bertemakan ucapan syukur atas keberadaan keluarga sebagai pemberian Allah,
misalnya “Yesus Sayang Semua”.
·
Membuat doa sederhana
berisi ucapan syukur atas keluarga pemberian Allah bagi dirinya.
|
1.
Tes lisan dan
tertulis tentang keluarga dan tanggung jawab setiap anggota dalam keluarga;
menganalisis pesan dalam sebuah lagu dengan tema keluarga
2.
Penilaian diri (self assessment) dalam melakukan
contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab dalam keluarga
3.
Penugasan pada pembiasaan keterlibatan
dirinya dalam menunjukkan tanggung jawab dalam keluarga melalui berbagai
contoh sederhana sesuai dengan usianya di rumah dengan dipandu oleh orang
tua; membuat doa sederhana atau karya yang dapat mengekspresikan contoh
tanggung jawab dalam keluarga
4. Unjuk kerja melakukan kegiatan yang menunjukkan keluarga
sebagai pemberian Allah
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa Pak Kelas II
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas II
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.3 Meyakini
kerukunan di sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggal sebagai wujud
ketaatan pada Allah
2.3 Membiasakan
menjaga kerukunan di sekolah dan
lingkungan agar terjadi suasana damai dan harmonis
3.3. Menceritakan
cara menjaga kerukunan di sekolah dan lingkungan agar terjadi suasana damai
dan harmonis
4.3.1 Turut
menjaga kerukunan agar terjadi suasana
damai dan harmonis di keluarga dan lingkungan sekitar tempat tinggal
4.3.2 Menerapkan
hidup rukun di sekolah dan lingkungan agar terjadi suasana damai dan harmonis
|
- Hidup rukun di sekolah dan di lingkungan
|
Mengamati
· Mengamati berbagai contoh tindakan yang
menunjukkan hidup rukun di sekolah, rumah, dan di lingkungan sekitar.
· Menyimak pengalaman temannya dalam menjaga kerukunan di sekolah, di
rumah, dan di lingkungan sekitar.
· Menyimak cerita tentang hidup rukun dan tidak
rukun di sekolah atau di lingkungan.
· Menyimak cerita tentang menjaga kerukunan dalam
keluarga dan lingkungan menurut cerita Alkitab.
Menanya
·
Menanyakan mengapa
perlu menjaga kerukunan di sekolah, di
rumah, dan di lingkungan sekitar agar tercipta suasana damai dan harmonis.
·
Menanyakan
perannya dalam menjaga kerukunan di sekolah, di rumah, dan di lingkungan
sekitar agar tercipta suasana damai dan harmonis.
Mengeksplorasi
·
Mengadakan berbagai
permainan sederhana yang menunjukkan kerukunan, misalnya permainan pesan
berantai atau mewarnai satu gambar secara bersama-sama dalam kelompok kecil,
dimana setiap anggota kelompok berhak mewarnai sesuai dengan pilihan warna
kesukaannya.
·
Mengeksplorasi
pengalaman pribadinya dalam menjaga hubungan dengan teman, bagaimana mereka
saling menerima pendapat, saling mengalah dan bersikap sabar.
·
Mengeksplorasi
hidup rukun berdasarkan cerita Alkitab.
·
Mendata
beberapa perbuatan menjaga kerukunan di sekolah dan di lingkungan dan
menyusunnya dalam tabel.
·
Mengeksplorasi
keadaan kerukunan dari lingkungan
sekitar tempat tinggalnya, misalnya teman belajar, teman bermain di rumah, di
lingkungan, atau di gereja.
Mengasosiasi
·
Menganalisis
sebuah cerita sederhana dan menghubungkannya dengan pentingnya kerukunan.
·
Memberikan contoh hidup rukun dihubungkan
dengan pengalaman kehidupan sehari-hari.
Mengomunikasikan
·
Menyanyikan
lagu bertemakan kerukunan misalnya “Yesus Cinta Semua Anak,” “Rukun Cinta
Satu Sama Lain,” dan “Hari Ini Kurasa Bahagia”.
·
Membuat kesepakatan sederhana di kelas sebagai usaha
menjaga kerukunan di sekolah dan menempelkannya di kelas, misalnya “aku mau
menghargai teman yang sedang berbicara, aku mau menjaga ketenangan belajar di
kelas,” dll.
·
Membuat
laporan sederhana dari tindakan pembiasaan menjaga kerukunan dan manfaat yang
diperoleh dengan dipandu oleh orang tua.
·
Membuat doa sederhana
berisi kerinduan untuk menjaga kerukunan.
|
1.
Tes lisan atau
tulisan tentang menunjukkan perilaku hidup rukun di sekolah dan di lingkungan
2.
Penilaian diri (self assessment) dalam hal menciptakan
dan menjaga kerukunan di sekolah dan di lingkungan
3.
Penugasan saat
melakukan pembiasaan menjaga kerukunan di sekolah, keluarga, dan di
lingkungan sekitar dengan dipandu oleh orang tua.
4.
Hasil karya: membuat
karya berupa doa atau laporan sederhana tentang pelaksanaan hidup rukun di
sekolah, di rumah, dan di lingkungan dalam melaksanakan disiplin.
5.
Unjuk kerja melakukan kegiatan menanam atau merawat tumbuhan di sekolah
|
9 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas II
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas II
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.4 Meyakini
disiplin sebagai wujud ketaatan pada Allah
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin di sekolah dan
di lingkungan
3.4
Menyebutkan bentuk disiplin di sekolah dan di lingkungan
4.4.1 Menerapkan
perilaku disiplin di sekolah dan di lingkungan
4.4.2.Menyanyikan lagu rohani anak-anak yang
menunjukkan ucapan syukur pemeliharaan Allah pada dirinya,
keluarganya, dan lingkungannya
|
- Disiplin di sekolah dan di lingkungan
|
Mengamati
·
Membaca
bersama peraturan atau disiplin yang ada di sekolah.
·
Menyimak
pengalaman pribadinya tentang menaati peraturan sekolah yang ada.
·
Menyimak
pesan moral lagu-lagu bertemakan disiplin.
Menanya
·
Menanyakan
bentuk disiplin di sekolah dan di lingkungan.
·
Menanyakan
perannya dalam menerapkan disiplin di sekolah dan di lingkungan.
·
Menanyakan
bentuk disiplin dalam peraturan sekolah.
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan
bentuk disiplin dalam peraturan sekolah, alasan peraturan tersebut dibuat,
dan manfaatnya bagi peserta didik.
·
Mendata beberapa perbuatan disiplin di sekolah dan di lingkungannya
dalam tabel.
·
Mendata
kegiatan harian sejak ia bangun pagi sampai malam hari ia tidur, dengan mencantumkan
waktu/jam saat melakukan kegiatan tersebut dalam tabel.
·
Menggali
perlunya disiplin dari Alkitab.
Mengasosiasi
·
Menganalisis
apa yang terjadi seandainya mereka tidak taat dan tidak tepat waktu dalam
melakukan suatu kegiatan, misalnya terlambat bangun, tidak makan pagi,
bermain terlalu lama, dll.
Mengomunikasikan
·
Menyanyikan lagu
bertemakan disiplin, misalnya “Kawanku ini hari Minggu,” “Oh Ibu dan Ayah
Selamat Pagi, dll”.
·
Mempraktikkan
perbuatan disiplin sebagai bentuk pembiasaan dan dimonitoring oleh orangtua
dan guru melalui laporan sederhana.
·
Membuat komitmen dalam berbagai bentuk karya untuk hidup
berdisiplin di sekolah dan di rumah.
·
Membuat doa sederhana
berisi kerinduan untuk hidup disiplin.
|
1.
Tes lisan dan tulisan
sehubungan dengan disiplin atau peraturan sekolah, serta disiplin di
lingkungan
2.
Penilaian diri (self assessment) dalam hal menerapkan disiplin sesuai peraturan
sekolah, dan disiplin di lingkungan
3.
Penugasan saat
melakukan pembiasaan melaksanakan disiplin di sekolah dan di lingkungan dengan
dipandu oleh orangtua.
4.
Hasil karya: membuat
karya komitmen untuk melaksanakan disiplin
5. Unjuk kerja
melakukan kegiatan disiplin di sekolah dan di lingkungan
|
9 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas II
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas II
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : III (Tiga)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mensyukuri kehadiran Allah melalui
iklim dan gejala-gejala alam
2.1.
Menunjukkan kepedulian terhadap iklim dan
gejala-gejala alam
3.1 Menceritakan
kehadiran Allah dalam iklim dan gejala-gejala alam
4.1 Menerapkan sikap kepedulian terhadap iklim
dan gejala-gejala alam
|
Allah Mahakuasa
-
Kehadiran Allah
melalui iklim dan gejala alam
|
|
1. Tes
lisan dan tertulis mengenai kehadiran Allah melalui iklim dan gejala alam.
2. Penilaian
diri (self assessment) dalam
mensyukuri iklim dan gejala alam
3. Penugasan:
membuat doa dan pembiasaan
|
9 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas III
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas III
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.2 Mensyukuri kehadiran Allah melalui keberagaman
flora dan fauna di sekitarnya
2.2 Menunjukkan tanggung jawab dalam memelihara
flora dan fauna yang ada di sekitarnya
3.2 Menyebutkan contoh tanggung jawab dalam memelihara flora dan
fauna di sekitarnya
4.2 Menunjukkan
tanggung jawab dalam memelihara flora dan fauna di sekitarnya
|
- Kehadiran
Allah melalui keberagaman flora dan fauna
|
Mengamati
·
Mengamati kehadiran
Allah melalui keberagaman flora dan fauna yang ada di sekitarnya.
·
Mengamati keberagaman
flora dan fauna di Indonesia terutama di lingkungan sekitarnya.
Menanya
·
Menanyakan tanggung
jawab manusia dalam memelihara flora dan fauna di sekitarnya.
·
Menanyakan contoh
tanggung jawabnya dalam memelihara flora dan fauna.
Mengeksplorasi
·
Mengumpulkan beberapa
contoh flora dan fauna yang ada di sekitarnya, lalu menuliskan beberapa bukti
kehadiran Allah melalui kehadiran flora dan fauna tersebut dalam tabel.
·
Menggali ayat-ayat
Alkitab yang menyatakan tanggung jawab manusia untuk memelihara flora dan
fauna.
·
Menceritakan
pengalaman memelihara flora dan atau fauna di sekitarnya.
Mengasosiasi
·
Bertanggung jawab
memelihara ciptaan Allah agar tetap baik adanya seperti semula diciptakan.
Mengomunikasikan
·
Menyanyikan lagu yang
bertemakan kehadiran Allah melalui keberagaman flora dan fauna serta
menuliskan makna atau pesan lagu tersebut.
·
Membuat karya
sehubungan dengan merawat flora dan fauna.
|
1. Tes lisan dan tertulis tentang kehadiran Allah melalui keberagaman
flora dan fauna.
2. Penilaian diri (self assessment)
dalam merawat dan mensyukuri aneka flora dan fauna
3. Unjuk kerja ketika merawat tanaman atau hewan
peliharaan.
4. Penugasan: membuat doa dan pembiasaan merawat atau memelihara flora
dan fauna
|
8 mg x 4 jp
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.3 Mensyukuri
kehadiran Allah melalui keberadaan sesama manusia
2.3 Menunjukkan perilaku saling mengasihi sesama
manusia
3.3 Memahami
alasan mengasihi sesama manusia berdasarkan Alkitab
4.3 Mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri
|
-
Kehadiran Allah melalui keberadaan sesama
manusia
|
Mengamati
·
Menyimak cerita
Alkitab tentang kehadiran Allah dalam hidup manusia.
·
Menyimak cerita
beberapa tokoh Alkitab yang menerima tindakan kasih dari orang-orang di
sekitarnya, misalnya kisah Rasul Paulus di Korintus melalui Akwila dan
Priskila.
Menanya
· Menanyakan alasan mengasihi sesama manusia.
Mengeksplorasi
· Mendata orang-orang yang terlibat dalam hidupnya di rumah atau
lingkungan tempat tinggal, di sekolah, di gereja atau di tengah masyarakat.
· Mendata bentuk-bentuk kasih yang mereka terima dari kehadiran
orang-orang di sekitarnya.
· Menceritakan bentuk-bentuk tindakan kasih yang mereka terima melalui
orang-orang di sekitarnya.
· Mendiskusikan tindakan-tindakan sederhana sebagai wujud mengasihi
sesama manusia.
Mengasosiasi
· Menghubungkan kasih Allah dengan kasih yang mereka terima melalui
kehadiran orang-orang di sekitarnya.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan tindakan
kasih yang diterima melalui orang-orang di sekitarnya.
·
Mempraktikkan
beberapa tindakan kasih kepada orang-orang di sekitarnya sebagai kegiatan
pembiasaan.
|
1.
Tes lisan dan
tertulis mengenai mengasihi sesama manusia
2.
Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri
keberadaan sesama
3. Penugasan: membuat doa dan pembiasaan mengasihi sesama manusia
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas III
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas III
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.4 Menerima
dan mensyukuri kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan
bangsa sebagai pemberian Allah
2.4.1 Menunjukkan
sikap toleran terhadap orang lain dari berbagai budaya, suku, agama dan
bangsa
2.4.2 Menolong
orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan pertolongan tanpa
membeda-bedakan
3.4.1 Memahami bahwa keberagaman budaya, suku,
dan bangsa adalah kekayaan yang dikaruniakan Allah pada manusia
3.4.2 Memahami
bahwa setiap orang adalah sama di hadapan Allah
4.4.1 Bergaul dengan sesama dalam kepelbagaian
budaya, suku, agama dan bangsa
4.4.2 Menyanyikan
lagu rohani anak-anak yang menunjukkan ucapan syukur pada kepelbagaian
budaya, suku, bangsa serta flora dan
fauna
|
-
Kehadiran Allah melalui kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa
|
Mengamati
·
Menyimak cerita
Alkitab mengenai Orang Samaria yang Baik Hati.
·
Mengamati contoh
sikap toleran dan tolong-menolong di lingkungan sekitarnya.
Menanya
·
Mendiskusikan mengapa
sikap saling menolong dalam kehidupan bersama itu penting.
Mengeksplorasi
·
Memperkenalkan budaya
atau sukunya dengan mendaftarkan atau menunjukkan ciri khas suku atau daerah, misalnya: pakaian adat, makanan khas, lagu daerah, dsb.
·
Mendata tentang
keberagaman budaya, suku, agama dan bangsa yang ada di daerahnya.
·
Mendaftarkan contoh
sikap toleran dan perbuatan tolong menolong dalam hidup bersama dengan orang
lain di lingkungan sekitarnya.
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
keragaman ciptaan Tuhan dengan keberagaman budaya, suku, agama dan bangsa
yang ada di daerahnya.
·
Menghubungkan kasih
Allah dengan sikap saling menolong sesama.
Mengomunikasikan
·
Menyanyikan lagu yang
bertemakan Yesus mengasihi semua orang, misalnya lagu: “Yesus Cinta Semua
Bangsa”, “Aku Gereja, Kamu pun Gereja”, “Bermacam-macam Anak di Seluruh
Dunia”, dan menuliskan pesan lagu tersebut.
·
Mempraktikkan sikap
toleran dan saling menolong dalam hidup bersama dengan orang lain di
sekitarnya sebagai kegiatan pembiasaan.
|
1. Tes
lisan dan tertulis tentang mengapa orang Samaria dikatakan baik hati, apa
yang disampaikan oleh Yesus melalui perumpamaan ini.
2. Penilaian diri (self assessment) dalam mensyukuri kehadiran Allah melalui
kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa
3. Penugasan: membuat
doa dan pembiasaan
|
36 JP
(9 x
4 JP)
|
1. Alkitab
2. Standar
Isi Kurikulum PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas III
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas III
5.
Konkordansi Alkitab
6. Buku sumber lainnya
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : IV (Empat)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menerima dan meyakini kemahakuasaan Allah dalam
berbagai peristiwa alam
2.1 Memiliki
kepedulian terhadap kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam di
lingkungan sekitarnya
3.1 Memahami
kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
4.1 Menunjukkan
perilaku bersyukur dalam berbagai
peristiwa kehidupan.
|
Kemahakuasaan Allah dalam berbagai Peristiwa Alam
|
Mengamati
· Menyimak kuasa Allah dalam hidup manusia dengan membaca Mazmur
104:1-35.
· Menyimak kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa melalui Kejadian
1:26-27, Kejadian 2:7 dan Matius 26:36-46.
· Mengamati ciptaan Allah dan berbagai peristiwa alam di lingkungan
sekitar misalnya: matahari yang bersinar, bintang, hujan turun, alam yang
indah, dll.
Menanya
· Menanyakan bentuk-bentuk kepedulian terhadap kemahakuasaan Allah dalam
berbagai peristiwa alam.
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan
kemahakuasaan Allah dalam menciptakan alam dan isinya berdasarkan pengalaman
dan menyimak Mzm. 104: 1-35, Kisah Para Rasul 1: 6-8, dan Matius 26: 36-46.
· Mengekplorasi pengalaman dalam menghadapi berbagai gejala dan
peristiwa alam.
Mengasosiasi
· Menulis pesan moral lagu rohani dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah
dalam berbagai peristiwa.
Mengomunikasikan
· Membuat puisi atau cerita singkat tentang kekagumannya pada
kemahakuasaan Allah dalam hidupnya.
· Menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan “kemahakuasaan Allah dalam
berbagai peristiwa”.
· Menulis doa syukur atau semboyan yang bertemakan tentang “Allah
Berkuasa.”
|
1.
Tes lisan dan
tertulis mengenai kemahakuasaan Allah
dalam berbagai peristiwa alam
2.
Membuat karya
yang menunjukkan syukur atas
kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
3.
Penilaian diri (self assessment) dalam hal
ucapan syukur atas kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam
4.
Penugasan membuat doa
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas IV
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas IV
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.2 Meyakini
kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai kehidupan manusia
2.2 Memiliki
kepedulian dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia di sekitarnya
3.2 Memahami
kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia di
sekitarnya
4.2 Menunjukkan
perilaku bersyukur dalam berbagai
peristiwa rantai kehidupan manusia di sekitarnya
|
Kemahakuasaan Allah dalam Berbagai Peristiwa
Rantai Kehidupan Manusia
|
Mengamati
· Menyimak cerita tentang sikap menerima keberadaan diri sebagai ciptaan
Allah dan membandingkan dengan sikap diri sendiri.
· Membaca Kejadian 1:26-27, Kejadian 2:7 dan Matius 26:36-46.
Menanya
· Menanyakan bentuk-bentuk kehadiran Allah dalam hidup manusia.
· Menanyakan arti manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi
Alkitab untuk mendata beberapa fakta tentang kemahakuasaan Allah dalam
berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia.
· Menjelaskan bentuk kehadiran Allah dalam hidupnya menurut Amsal
3:16-17.
· Mengeksplorasi sikap diri sendiri terhadap penyakit kusta dan
membandingkan sikap diri tersebut dengan peristiwa yang dialami Naaman,
seorang panglima perang Aram serta mendata
bukti kemahakuasaan Allah dalam kehidupan Naaman.
Mengasosiasi
·
Menuliskan pengalaman
saat berulang tahun dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah atas hidup
manusia.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan
kemahakuasaan Allah dalam hidupnya dan orang lain dalam kelahiran, ulang
tahun dsb, lalu menceritakan (berpasangan maupun berkelompok) tentang
pengalaman ketika berhasil atau pun gagal melakukan sesuatu.
·
Menuliskan ucapan
syukur atas kehadiran Allah dalam bentuk doa dan menulis sebuah janji untuk
menjadi anak yang selalu bersyukur.
·
Menuliskan satu
pengalaman tentang pertolongan Allah dalam hidupnya.
|
1.
Tes lisan dan
tertulis mengenai kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa rantai
kehidupan manusia.
2.
Membuat karya
yang menunjukkan syukur atas
kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai hidupnya
3.
Penilaian diri (self assessment) dalam hal pertolongan
Allah bagi hidupnya
4.
Penugasan membuat tulisan
tentang pertolongan Allah
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas IV
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas IV
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.3
Menerima dan mengakui keterbatasannya sebagai manusia
2.3 Memiliki perilaku yang
menunjukkan kesadaran atas keterbatasannya sebagai manusia dalam
kaitannya dengan kemahakuasaan Allah
3.3 Menceritakan
keterbatasannya sebagai manusia
4.3 Membuat
karya yang mengekpresikan
keterbatasannya sebagai manusia
|
Menerima Keterbatasan Diri
|
Mengamati
·
Menyimak sebuah
artikel tentang anak yang istimewa lalu membandingkan dengan pengalaman
pribadi.
·
Menyimak kisah
nabi-nabi misalnya Nabi Mikha yang dipakai Allah untuk menegur bangsa Israel
yang berdosa.
Menanya
·
Menanyakan mengapa
Allah memilih dan memakai manusia yang terbatas, seperti Nabi Amos untuk
menegur bangsa Israel.
Mengeksplorasi
·
Menuliskan kelebihan
dan kekurangan pribadi serta membandingkan dengan pengalaman Amos ketika
dipanggil Allah untuk menegur bangsa Israel.
·
Mendata beberapa
rencana mereka di masa depan dan menuliskan beberapa hal yang perlu mereka
lakukan sehubungan dengan rencana tersebut.
·
Membuat kliping atau
kolase yang menggambarkan keterbatasan manusia dan bukti bahwa manusia
membutuhkan pertolongan Allah.
Mengasosiasi
·
Mendaftarkan bukti
kemahakuasaan Allah atas keterbatasan manusia dihubungkan dengan pengalaman
Mikha.
·
Menuliskan atau
menceritakan teladan nabi-nabi yang patut dteladani, dihubungkan dengan
tindakan yang bergantung pada kemahakuasaan Allah.
Mengkomunikasikan
·
Mengungkapkan rasa
syukur atas kehadiran Allah melalui sebuah doa.
·
Menceritakan
keterbatasan sebagai manusia melalui sebuah tulisan atau karya kreatif
lainnya.
|
1.
Tes lisan dan
tertulis tentang keterbatasan manusia dihubungkan dengan kemahakuasaan Allah.
2.
Membuat karya
yang menunjukkan syukur atas
kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai hidupnya
3.
Penilaian diri (self assessment) dalam hal menerima
keberadaan diri sendiri
|
9 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas IV
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas IV
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.4
Menerima dan
mensyukuri
kebergantungan manusia
pada
kemahakuasaan
Allah
2.4.1 Menunjukkan sikap hidup bergantung pada
kemahakuasaan Allah
2.4.2 Bersikap disiplin dan bertanggung jawab
dalam mewujudkan cara hidup sebagai
orang yang bergantung kepada Allah.
3.4.1 Menceritakan pengalaman kebergantungan
manusia pada kemahakuasaan Allah
3.4.2 Memahami cara hidup sebagai orang yang
bergantung kepada Allah dalam hal disiplin dan bertanggung jawab
3.4.3 Memahami
kebergantungan manusia pada kemahakuasaan Allah
4.4.1 Menerapkan
perilaku kebergantungan manusia pada kemahakuasaan Allah
4.4.2 Mencontohkan
perilaku yang merupakan wujud cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada
Allah.
4.4.3 Menyanyikan
lagu rohani anak-anak yang menunjukkan ketergantungan kepada Allah
|
Hidup bergantung pada kemahakuasaan Allah
|
Mengamati
·
Membaca kitab Ayub
1:1-22 sampai dengan Ayun 2:1-10.
·
menyimak pengalaman
hidup Ayub, seorang tokoh Alkitab yang hidup bergantung kepada Allah.
·
Membaca Markus
10:46-52 dan menyimak pengalaman seorang buta bernama Bartimeus yang
disembuhkan oleh Yesus.
·
Membaca Kejadian 6:9
sampai dengan Kejadian 8:22 dan menyimak kisah hidup Nuh sekeluarga yang
bersyukur atas keselamatan yang mereka terima dari Allah dalam peristiwa air
bah.
·
Membaca Markus
4:35-41 dan menyimak contoh kemahakuasaan Allah melalui tindakan Yesus yang
meredakan angin ribut.
·
Menyimak kisah atau
cerita seorang peserta didik yang berdoa dan berusaha untuk menghadapi ujian.
·
Menyimak sikap hidup
Nehemia serta perbuatannya yang menunjukkan bagaimana Nehemia hidup berserah
kepada Allah.
Menanya
·
Merenungkan berbagai
hal yang diberikan Allah dalam hidupnya, orangtua, keluarga atau semua kebutuhan
hidupnya yang dicukupi Allah.
·
Mendiskusikan alasan
manusia bergantung kepada Allah.
·
Menanyakan
contoh-contoh tindakan nyata berserah kepada Allah.
Mengeksplorasi
·
Mendata penderitaan
yang dialami Ayub dan bagaimana Ayub tetap hidup bergantung kepada Allah.
·
Mendata contoh
perbuatan yang mencerminkan hidup bergantung kepada Allah.
·
Mendata bukti
kebergantungan hidup manusia kepada Allah dan menyimak makna lagu “Dia
sanggup.”
·
Mendata beberapa
alasan mereka bersyukur kepada Allah.
·
Membandingkan pengalaman
para murid dengan pengalaman diri sendiri dengan mendata bukti
kebergantungannya pada pertolongan Allah.
·
Mendata bukti
kebergantungan seorang anak kepada Allah serta perbuatan yang menunjukkan
kebergantungan kepada Allah.
·
Mendata beberapa bukti
kebergantungannya kepada Allah serta menuliskan perbuatan yang
menunjukkan hidup berserah kepada Allah.
·
Mencari dan
mendaftarkan contoh-contoh cerita Alkitab dari Injil Matius, Markus, Lukas
atau Yohanes; yang menggambarkan kebergantungan manusia kepada Allah.
Mengasosiasi
·
Membuat tulisan atau
karya kreatif yang menyatakan kebergantungan kepada Allah dihubungkan dengan
pengalaman pribadi bergantung kepada Allah.
·
Mendaftarkan cara
hidup bergantung kepada Allah yang dihubungkan dengan pengalaman hidup Nabi
Nuh.
·
Menuliskan atau
menceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang dihubungkan dengan
tindakan Allah sebagai Penolong atau Penyelamat.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan
pengalaman menerima pertolongan Allah dalam hidupnya.
·
menuliskan sebuah doa
atau puisi yang menyatakan rasa syukur kepada Allah.
·
Mencontohkan sikap
hidup bergantung kepada Allah melalui permainan drama.
·
Menunjukkan rasa
syukur atas kebergantungan kepada Allah melalui sebuah karya, doa, puisi,
gambar, karangan atau kesaksian.
·
Menyanyikan lagu
rohani yang menyatakan kebergantungan kepada Allah dan menuliskan pesan lagu
tersebut.
|
1.
Tes lisan dan
tertulis tentang kebergantungan manusia kepada Allah
2.
Membuat karya
yang menunjukkan syukur atas
kemahakuasaan Allah dalam peristiwa rantai hidupnya
3.
Unjuk kerja (bermain drama atau bermain peran)
4.
Penilaian diri (self assessment) dalam hal hidup
berserah
|
9 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas
IV
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas IV
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : V (Lima)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menerima
bahwa manusia berdosa sehingga perlu bertobat
2.1 Menunjukkan sikap menolak cara
hidup manusia berdosa
3.1
Menjelaskan bahwa manusia
berdosa sehingga perlu bertobat
4.1
Mencontohkan perubahan
cara hidup sebagai manusia berdosa yang sudah bertobat
|
Manusia Berdosa perlu
Bertobat
|
Mengamati
· Membaca kisah kejatuhan manusia dalam dosa
· Membaca cerita atau kisah tokoh-tokoh Kristen atau tokoh Alkitab yang
bertobat
Menanya
· Menanyakan apa itu dosa
· Menanyakan mengapa manusia berdosa
· Menanyakan apa itu bertobat
· Menanyakan mengapa manusia perlu bertobat
Mengeksplorasi
· Menggali ayat-ayat Alkitab yang menceritakan perbuatan manusia yang
berdosa sehingga perlu bertobat misalnya: Kejadian 3, 4:1-16
· Menggali ayat-ayat Alkitab mengenai ajakan untuk bertobat misalnya:
Matius 4:17 atau Lukas 15:11-32
· Mendiskusikan perbuatan-perbuatan apa saja yang dapat membuat manusia
berdosa
· Membandingkan cara hidup manusia yang berdosa dengan cara hidup manusia yang sudah bertobat
Mengasosiasi
· Menemukan makna
pertobatan dalam hubungan dengan pengalaman pribadi atau hidup orang lain.
Mengomunikasikan
· Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan
tekad untuk bertobat
· Menyanyikan lagu yang bertemakan pengakuan dosa dan pertobatan, serta
menuliskan pesan atau makna lagu tersebut
|
1. Tes lisan dan tertulis tentang manusia berdosa
perlu bertobat
2. Penilaian diri (self assessment) dalam hal sikap hidup bertobat
3. Penugasan membuat puisi, doa atau karya-karya
kreatif lainnya yang menyatakan tekad untuk bertobat
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas V
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas V
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.2
Menerima dan mensyukuri
karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
2.2
Membiasakan cara hidup
orang bertobat yang sudah diselamatkan oleh Yesus Kristus
3.2
Memahami dan menjelaskan karya penyelamatan Allah
melalui Yesus Kristus
4.2
Mempraktikkan cara hidup sebagai orang yang sudah
diselamatkan Allah dengan mengasihi sesama dan lingkungannya
|
Karya Penyelamatan
Allah melalui Yesus Kristus
|
Mengamati
· Membaca kisah tentang penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus
· Membaca kisah pengorbanan Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia
berdosa
Menanya
· Menanyakan arti keselamatan
· Menanyakan alasan Allah menyelamatkan manusia
· Menanyakan mengapa Allah menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan mengapa manusia berdosa membutuhkan Penyelamat
· Menggali ayat-ayat Alkitab yang menceritakan kisah pengorbanan Yesus
Kristus untuk menyelamatkan manusia berdosa, misalnya: Markus 15:20b-40
Mengasosiasi
· Menemukan arti keselamatan
dari Allah bagi dirinya.
Mengomunikasikan
· Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan
rasa syukur atas keselamatan dari Allah
· Menyanyikan lagu yang bertemakan ucapan syukur atas keselamatan dari
Allah dan menuliskan makna lagu tersebut.
· Membuat sebuah proyek bersama yang menunjukkan sikap mengasihi sesama
dan lingkungan sebagai cara hidup orang yang sudah diselamatkan
|
1. Tes lisan dan tertulis tentang karya penyelamatan Allah
2. Unjuk karya membuat sebuah proyek bersama yang menunjukkan sikap
mengasihi sesama dan lingkungan sebagai cara hidup yang sudah diselamatkan
3. Penilaian diri (self assessment)
mengenai hidup yang sudah diselamatkan Allah
4. Penugasan membuat puisi atau doa tentang ucapan syukur sudah
diselamatkan Allah
|
9 mg x 4 jp
|
1. Alkitab
2. Standar Isi Kurikulum PAK
3. Buku Siswa PAK Kelas V
4. Buku Petunjuk Guru PAK Kelas V
5. Konkordansi Alkitab
6. Buku sumber lainnya
|
1.3
Meyakini peran Roh Kudus dalam proses pertobatan
2.3
Menunjukkan peran Roh Kudus dalam proses pertobatan
dengan hidup mengasihi sesama
3.3
Memahami dan menjelaskan peran Roh Kudus dalam
kehidupan orang yang sudah diselamatkan
4.3
Membuat karya-karya
kreatif sebagai ungkapan syukur atas pertolongan Roh Kudus dalam hidup orang yang
sudah diselamatkan
|
Peran Roh Kudus dalam Kehidupan
|
Mengamati
· Membaca cerita atau kesaksian yang menunjukkan peran Roh Kudus dalam
proses pertobatan seseorang
· Membaca kisah-kisah tokoh Kristen yang bertobat karena pertolongan Roh
Kudus
Menanya
· Menanyakan apa itu Roh Kudus
· Menanyakan bagaimana Roh Kudus bekerja dalam proses pertobatan
seseorang
Mengeksplorasikan
· Menggali teks-teks Alkitab yang menceritakan peran Roh Kudus dalam
kehidupan orang yang sudah diselamatkan, misalnya: Kisah Para Rasul 27:14-44,
Yohanes 14:15-26, Roma 8:14-16
· Mendiskusikan cara Roh Kudus bekerja dalam kehidupan orang yang sudah
diselamatkan
Mengasosiasi
· Menceritakan pengalaman pribadi atau kesaksian orang lain yang
menyatakan peran Roh Kudus sehingga mereka bertobat.
· Menceritakan pengalaman pribadi atau orang lain yang merasakan
pertolongan Roh Kudus dalam menjalani hidup sesudah bertobat (diselamatkan)
Mengomunikasikan
· Menulis kesaksian, puisi, doa atau karya-karya kreatif yang menyatakan
rasa syukur atas pertolongan Roh Kudus
· Menyanyikan lagu yang bertemakan ucapan syukur atas pertolongan Roh
Kudus dalam hidupnya dan menuliskan makna lagu tersebut.
|
1.
Tes lisan dan tulisan
tentang peran Roh Kudus dalam kehidupan.
2.
Penilaian diri berupa
refleksi tentang pertolongan Roh Kudus dalam kehidupan
3.
Penugasan dengan
membuat puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif lainnya yang menyatakan
rasa syukur atas pertolongan Roh Kudus.
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
Pak
3.
Buku Siswa PAK Kelas V
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas V
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.4
Menerima cara
hidup manusia baru sebagai perilaku orang yang sudah bertobat
2.4
Menunjukkan sikap
bertanggung jawab sebagai tanggapan manusia berdosa yang telah bertobat
3.4
Menceritakan contoh cara hidup manusia baru yang
sudah bertobat
4.4
Mempraktikkan cara hidup manusia baru dengan menjadi
teladan bagi sesama
|
Cara Hidup
Manusia Baru
|
Mengamati
· Membaca cerita atau buku teks mengenai cara hidup manusia baru
· Membaca kisah-kisah tokoh Kristen yang bertobat dan menjadi teladan
bagi sesama
Menanya
· Menanyakan apa artinya manusia baru.
· Menanyakan bagaimana cara hidup manusia baru.
Mengeksplorasikan
· Menggali ayat-ayat Alkitab yang memberi informasi mengenai contoh cara
hidup manusia baru, misalnya: Galatia 5:16-26, Efesus 5:1-21
· Mendiskusikan perbedaan cara hidup manusia lama dengan cara hidup
manusia baru
Mengasosiasi
· Menceritakan pengalaman pribadi atau kesaksian orang lain dihubungkan
dengan cara hidup manusia baru yang sudah bertobat
Mengomunikasikan
· Bermain drama atau bermain peran yang menunjukkan cara hidup manusia
baru.
· Menulis puisi, doa atau membuat karya-karya kreatif yang menyatakan
tekad untuk menjadi teladan bagi sesama.
· Menyanyikan lagu yang menyatakan tekad untuk menjadi teladan bagi
sesama dan menuliskan pesan lagu tersebut.
· Membuat sebuah proyek bersama yang menunjukkan teladan bagi sesama.
|
1. Tes lisan dan tulisan tentang cara hidup manusia baru.
2. Penilaian diri berupa refleksi tentang sikap hidup sebagai manusia
baru.
3. Unjuk karya dengan bermain drama atau bermain peran tentang cara hidup manusia baru.
4.
Penugasan:
membuat puisi, doa atau membuat karya-karya
kreatif lainnya, yang menyatakan tekad
untuk menjadi teladan bagi sesama; serta membuat suatu proyek bersama yang
menunjukkan teladan bagi sesama.
|
8
mg x
4 jp
|
1. Alkitab
2. Standar
Isi Kurikulum PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas V
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas V
5.
Konkordansi Alkitab
6. Buku sumber lainnya
|
SILABUS MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas : VI (Enam)
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
serta cinta tanah air
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Meyakini
ibadah yang berkenan
kepada Allah.
2.1 Mengembangkan sikap beribadah
yang berkenan kepada Allah.
3.1 Memahami arti ibadah yang
diperkenan Allah.
4.1 Melakukan
ibadah yang
berkenan
kepada Allah.
|
Ibadah sebagai bentuk
ketaatan kepada Allah
Ibadah yang berkenan
kepada Allah
|
Mengamati
·
Mengamati bentuk-bentuk ibadah yang dilakukan
oleh berbagai pemeluk agama.
Menanya
·
Menanyakan mengapa orang perlu beribadah.
Mengeksplorasi
·
Mencari makna ibadah dari Alkitab dan berbagai
sumber.
·
Diskusi kelompok tentang alasan orang Kristen
beribadah kepada Tuhan Allah yang diimaninya.
·
Mengeksplorasi Kitab Amos dan Yeremia mengenai
Ibadah yang berkenan kepada Allah.
Mengasosiasi
·
Menghungkan
makna ibadah dengan pengalamannya beribadah selama ini.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan pengalaman ketika mengikuti ibadah
di sekolah Minggu maupun gereja: bagaimana suasana, apa yang dirasakan, siapa
saja yang terlibat, dsb.
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang alasan
orang Kristen beribadah.
·
Menulis refleksi atau puisi mengenai makna ibadah
bagi dirinya.
|
1. Tes lisan dan tulisan tentang mengapa orang perlu beribadah dan makna
ibadah.
2. Penugasan mengamati apa saja bentuk ibadah yang dilakukan oleh
berbagai pemeluk agama.
3. Penilaian diri berupa refleksi tentang makna ibadah bagi dirinya.
4. Hasil karya berupa puisi tentang makna ibadah.
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas VI
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas VI
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.2. Mengakui pentingnya menjalin hubungan akrab dengan Allah secara
terus menerus sebagai wujud ibadah.
2.2. Memiliki
hubungan akrab dengan Allah
secara terus menerus sebagai wujud ibadah.
3.2. Memahami pentingnya menjalin hubungan akrab
dengan Allah secara terus menerus sebagai wujud ibadah.
4.2. Membiasakan diri beribadah dengan cara mengikuti
ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab.
|
Aku setia beribadah
|
Mengamati
·
Mengamati unsur-unsur ibadah dan berbagai bentuk liturgi dalam ibadah.
Menanya
·
Menanyakan apa saja unsur-unsur dalam ibadah
Kristiani: di ibadah Minggu pada hari Minggu biasa, ibadah Perjamuan Kudus,
Minggu Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus ke surga dan
Pentakosta.
Mengeksplorasi
·
Membuat daftar mengenai aktivitasnya dalam mengikuti
ibadah di sekolah Minggu, di gereja maupun di sekolah.
·
Mengeksplorasi makna ibadah khusus gerejawi:
Perjamuan Kudus, Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus ke surga,
dan Pentakosta dari berbagai sumber.
·
Mengkaji doa Bapa Kami untuk menemukan unsur-unsur
dalam doa.
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
makna ibadah dengan perintah Allah dalam Keluaran 20: 3 – 10, dan Matius 22:
37 – 38.
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil eksplorasi mengenai
unsur-unsur dalam ibadah dan bentuk-bentuk liturgi, dan makna ibadah khusus.
·
Menceritakan tentang pengalaman membangun
hubungan dengan Allah: Apakah mereka menyediakan waktu secara khusus untuk
berdoa dan membaca Alkitab?
·
Menyusun doa permohonan kepada Tuhan Allah agar
menolong dirinya setia beribadah dan bersekutu dengan saudara-saudara seiman.
|
1. Tes lisan dan tulisan tentang unsur-unsur
penting dalam ibadah hari Minggu dan ibadah pada hari-hari raya gerejawi dan
tentang unsur-unsur dalam Doa Bapa Kami.
2. Penugasan tentang makna ibadah (boleh pilih
salah satu): Advent, Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus, Pentakosta.
3. Penilaian diri tentang pengalamannya
beribadah, apakah menunjukkan ketekunan dan kerinduan membangun hubungan
akrab dengan Tuhan.
4. Hasil karya berupa doa, puisi, gambar, poster,
dsb. tentang makna ibadah sebagai wujud membangun hubungan yang akrab dengan
Tuhan dan sesama secara terus menerus.
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas VI
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas VI
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.3. Meyakini
kesempatan melayani sesama sebagai ibadah kepada Allah.
2.3. Memiliki sikap melayani
sesama sebagai salah satu
ungkapan ibadah kepada
Allah.
3.3.1 Menceritakan
ibadah yang berkenan kepada
Allah dengan mengacu pada Amos 5: 21-27.
3.3.2 Menjelaskan keterkaitan
beribadah kepada Allah
dengan melayani sesama
4.3 Melayani
sesama sebagai salah satu ungkapan ibadah kepada Allah
|
Melayani sesama sebagai wujud Ibadah kepada Allah
|
Mengamati
·
Mengamati perbuatan “melayani” yang pernah
dilakukannya di rumah, di sekolah dan di gereja atau Sekolah Minggu.
Menanya
·
Menanyakan arti “melayani.”
·
Menanyakan kaitan antara “melayani” dengan
“ibadah.”
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi Kitab Amos 5:21-27 mengenai arti ibadah
yang berkenan kepada Allah.
·
Melakukan wawancara dengan dua orang aktivis/pelayan di gereja, menanyakan alasan mereka “melayani”
di gereja, dan apa saja persiapan yang dilakukan untuk “melayani.”
·
Mengkaji dari berbagai sumber tentang arti
“melayani.”
Mengasosiasi
·
Mencari hubungan antara
melayani dengan ibadah.
Mengomunikasikan
·
Menceritakan perbuatan “melayani” yang pernah
dilakukannya di rumah, di sekolah dan di gereja atau Sekolah Minggu.
·
Melaporkan hasil wawancaranya terhadap dua orang
aktivis/pelayan.
·
Melaporkan hasil kajian tentang ibadah yang
berkenan kepada Allah.
·
Menulis puisi tentang “melayani sesama sebagai
ibadah.”
|
1.
Tes lisan dan tulisan
tentang arti “melayani” dan kaitan antara “melayani” dengan “ibadah.”
2.
Penugasan: melakukan wawancara terhadap dua aktivis/pelayan di gerejanya, tentang arti “melayani” menurut
mereka.
3. Penilaian diri tentang apa saja bentuk-bentuk
“melayani” yang pernah dilakukannya.
4.
Hasil karya berupa
kajian tentang arti “ibadah yang diperkenan Allah” yang diperolehnya dari
berbagai sumber. Karya-karya lainnya boleh berupa tulisan hasil refleksi,
atau puisi, lirik lagu, yang berisi tentang kerinduan beribadah, atau ibadah
yang diperkenan Allah, atau tentang melayani sesama.
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas VI
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas VI
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
1.4. Meyakini seluruh hidupnya sebagai ibadah yang
sejati kepada Tuhan
2.4 Menunjukkan sikap hidupnya sebagai ibadah yang
sejati kepada Tuhan
3.4 Memahami sikap hidupnya sebagai
ibadah yang sejati kepada Tuhan
4.4 Mengekspresikan sikap hidupnya sebagai ibadah yang sejati
kepada Tuhan
|
Ibadah Yang Sejati
|
Mengamati
·
Mengamati tentang ibadah yang “sejati.”
Menanya
·
Menanyakan beda antara ibadah “sejati” dengan
ibadah yang “tidak sejati.”
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi tentang arti ibadah yang “sejati.”
·
Mengkaji apakah selama ini mereka telah melakukan
ibadah yang “sejati” dalam hidupnya.
·
Mengeksplorasi “ibadah sejati” sebagai ekspresi
hidup orang beriman.
·
Menuliskan berbagai bentuk “ibadah yang sejati” yang dapat dilakukan di rumah,
di sekolah maupun di gereja.
Mengomunikasikan
·
Melaporkan hasil kajian mengenai ibadah yang
sejati sebagai ekspresi hidup orang beriman.
·
Melaporkan rencana untuk meningkatkan kualitas
ibadahnya dalam tiga
bulan ke depan.
|
1. Tes lisan dan tulisan tentang perbedaan antara ibadah “sejati” dan
ibadah “tidak sejati.”
2. Penugasan: membuat laporan tentang apa saja bentuk-bentuk dan
makna ibadah “sejati’”
3. Penilaian diri tentang apakah ia sudah melakukan ibadah “sejati.”
4. Hasil karya berupa rencana untuk meningkatkan kualitas ibadahnya dalam
tiga bulan ke depan. Karya-karya lainnya boleh berupa tulisan hasil
refleksi, atau puisi, lirik lagu, yang berisi tentang makna ibadah yang
sejati.
|
8 mg x 4 jp
|
1.
Alkitab
2.
Standar Isi Kurikulum
PAK
3.
Buku Siswa PAK Kelas VI
4.
Buku Petunjuk Guru
PAK Kelas VI
5.
Konkordansi Alkitab
6.
Buku sumber lainnya
|
0 Response to "SILABUS SD AGAMA KRISTEN 1 2 3 4 5 6 "
Post a Comment