RPP AGAMA KRISTEN SMP REVISI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )

Satuan Pendidikan      : SMP ------------------------
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester           : VII (Tujuh) /  1
Alokasi Waktu              :  6 Jam Pelajaran

A.   Kompetensi Inti
Ki.1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Ki.2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,                peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi          secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan                  pergaulan dan keberadaannya.
Ki.3:Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual, dan                 prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,            teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Ki.4:Mengolah, menyaji, dan menalar, dalam ranah konkrit (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai        dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut      pandang/teori.

B.   Kompetens
1.1 Menghayati arti peduli dan solidaritas bagi sesama manusia.
2.1 Menghargai kemajemukan masyarakat disekitar kita sebagai wujud
     solidaritas. 
3.1 Menerapkan solidaritas sosial yang dilakukan bagi sesama
      mengacu pada ajaran Tuhan Yesus.
4.1  Membiasakan diri bersikap solider terhadap sesama dalam berbagai
     bentuk dan cara.

C.   Indikator
1.1.1      Menjelaskan arti peduli dan solidaritas
2.1.1  Mengidentifikasi  alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai
         masyarakat majemuk
3.1.1   Menceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui          kisah Orang Samaria yang baik hati  dalam Lukas 10: 25-37.
3.1.2   Menjelaskan sikap yang perlu di teladani dari kisah orang Samaria.
3.1.3   Mengeksplorasi  contoh sikap solidaritas di tengah masyarakat majemuk                berdasarkan pengalaman yang pernah dialami peserta didik.
3.1.4   Mengeksplorasi sikap solidaritas yang diajarkan dalam Alkitab.
4.1.1  Merancang program kegiatan sosial yang dilakukan ditengah
  masyarakat yang majemuk
4.1.2 Melaksanakan program kegiatan sosial dalam tugas proyek selama                       seminggu.
4.1.3 Mempresetasikan hasil tugas proyek melakukan kegiatan sosial
perkelompok.

D.  Materi Pembelajaran
Membangun Solidaritas di tengah Masyarakat Yang Majemuk

E.   Sumber Belajar
·         Alkitab
·         Buku Siswa dan Buku guru
·         Situs Internet
·         Lingkungan Masyarakat sekitar
·         Sumber belajar lain yang mendukung

F.   Media dan Alat Pembelajaran
·         Slide Power Point
·         Film Cerita Daud dan Yonatan, naskah drama Orang Samaria yang murah hati
·         Bahan Tugas Proyek mengunjungi Panti sosial.

G.  Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.
       1)   Pendahuluan       ( 10 menit )
-          Peserta didik  memberi salam kepada Guru
-          Guru mengecek kehadiran peserta didik
-          Doa Pembukaan
-          Bernyanyi : “ Oh Betapa Indahnya, dan betapa eloknya bila saudara hidup dalam persatuan”
-          Apersepsi pemahaman peserta didik tentang materi yang lalu tentang Solidaritas di tengah kehidupan Jemaat yang pertama.
2)   Kegiatan Inti       ( 100 menit )
-       Peserta didik  menjelaskan arti peduli dan solidaritas
-       Mengidentifikasi  alasan masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat majemuk.
-       Memahami arti solidaritas dalam masyarakat majemuk.
-       Menanya dan menceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui kisah orang Samaria yang murah hati  dalam Lukas 10: 25-37.
-       Menanya dan menjelaskan sikap yang perlu di tauladani dari kisah orang Samaria yang baik hati.
-          Mengeksplorasi  dan berbagi pengalaman tentang contoh sikap solidaritas di tengah masyarakat majemuk berdasarkan pengalaman yang pernah dialami peserta didik.
-          Mengeksplorasi dan menyebutkan sikap solidaritas yang diajarkan dalam Alkitab.
-          Merancang program kegiatan sosial yang dilakukan ditengah masyarakat yang majemuk.
-          Melaksanakan program kegiatan sosial dalam tugas proyek selama seminggu.
-          Mempresetasikan hasil tugas proyek melakukan kegiatan sosial per-kelompok.
           3)    Penutup    ( 10 menit )
-          Peserta didik dan Guru membuat kesimpulan tentang arti serta contoh sikap solidaritas dalam masyarakat majemuk.
-          Berdoa dipimpin oleh Peserta didik.

H.  Penilaian 
1)   Pengetahuan                : Tes Lisan dan Tes Tertulis
Jawablah dengan uraian yang jelas dan tepat !
1.   Jelaskan arti peduli dan solidaritas !
2.   Mengapa masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat majemuk?
3.   Ceritakan secara singkat solidaritas yang diajarkan Tuhan Yesus melalui              kisah Orang Samaria yang baik hati  dalam Lukas 10: 25-37 !
4.   Jelaskan sikap yang perlu di tauladani dari kisah orang Samaria!
5.   Sebutkan dua contoh sikap solidaritas di tengah masyarakat majemuk                  berdasarkan pengalaman yang pernah dialami peserta didik!

Penilaian = scor yang diperoleh  X 100
                        10

Contoh :     8 x 100       = 80
                   10
2)   Penilaian Diri                : Angket

Dibawah ini sikap yang berkaitan dengan solidaritas dalam masyarakat majemuk.
Tentukan pilihanmu, apakah sikap-sikap tersebut salah atau benar. Berilah tanda √ ( ceklis) pada sikap yang menurut kamu benar atau salah !


No.

Pernyataan

Benar

Salah

1.    
Ketika terjadi banjir di lingkungan tempat tinggalmu kebetulan rumahmu tidak terkena banjir. Keluargamu memutuskan untuk menolong korban banjir. Tapi yang akan ditolong hanya orang yang beragama Kristen dan sama sukunya dengan keluargamu. Apakah sikap ini benar jika dikaitkan dengan solidaritas dalam masyarakat majemuk?


2.    
Ketika pulang sekolah dengan teman-teman, di jalan ada seorang kakek minta tolong pada kalian untuk mengantarnya ke mesjid terdekat, teman-temanmu tidak mau menolong karena kakek itu bukan orang Kristen. Akhirnya kamu sendiri yang mengantar kakek itu karena semua temanmu meninggalkanmu.


3.    
Ada teman yang mengajak kamu dan teman-teman lain untuk membuat kelompok yang hanya terdiri dari remaja yang agamanya sama dan sama-sama kaya.


4.    
Kamu tahu bahwa temanmu yang beragama Islam tengah menjalani puasa di bulan Ramadhan tetapi kamu makan makanan yang lezat di depan dirinya.


5.    
Di tempatmu terjadi kekacauan karena ada seorang pendatang dari daerah lain yang menyakiti penduduk setempat. Orang di lingkungan desamu mencari semua orang yang berasal dari daerah yang sama dengan orang itu untuk melakukan pembalasan.


(Masing- masing nomor memperoleh skor  10)

Penilaian :           Skor yang diperoleh x 100
                             100

Contoh :     70 x 100     = 70
                   10
                  
3)   Ketrampilan        : Membuat Program kegiatan sosial, Melaksanakan
  proyek kerja  kegiatan sosial di tengah masyarakat
  majemuk.

LEMBAR PENILAIAN KETRAMPILAN
PENILAIAN TUGAS PROYEK
Nama  Kelompok        :         ………………….....
Anggota                        :         …………………….            …………………..
                                              …………………….            …………………..
Kelas / Semester         :         …………………….
Materi                          : Membangun solidaritas di Tengah
  Masyarakat Majemuk


No

Tahap

Indikator

Nilai
(1-4)
1.
Perencanaan
Ø Menentukan proyek
Ø Merancang langkah-langkah kunjungan dari awal sampai akhir
Ø Menyusun Jadwal pelaksanaan

2.
Pelaksanaan Laporan
Ø Menyelesaikan proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru
Ø Mempresentasikan hasil proyek kunjungan

3.
Laporan Proyek
Ø Evaluasi Proses
Ø Evaluasi hasil
Ø Kesan dan pengalaman iman yang diperoleh


Skor : Jumlah skor yang diperoleh X 100
                             Skor Maksimal
Rubrik Penilaian :


No

Tahap

Indikator

Ya

Tidak
1.
Perencanaan
1) Merancang langlah-langkah kunjungan dari awal sampai akhir
2) Menyusun Jadwal pelaksanaan
Apakah kegiatan dan judul kunjungan Sosial sesuai  yang diinformasikan ?


Apakah jadwal yang disusun sesuai dengan yang dilaksanakan?


2.
Pelaksanaan Laporan
3) Menyelesaikan proyek kunjungan ke panti social di fasilitasi dan dipantau oleh Guru
4) Mempresentasikan hasil proyek kunjungan


Apakah jadwal pelaksanaan sudah direncanakan dengan matang?

Apakah  terdapat kerjasama yang  kerja baik dalam kelompok mengunjungi Panti social ?


3.
Laporan Proyek
5) Evaluasi Proses
Evaluasi hasil
Kesan dan pengalaman iman yang diperoleh

Apakah pengalaman iman  didapatkan ?




Jakarta, ..................     

Mengetahui :                                             
          Kepala Sekolah SMP ……………                          Guru Agama Kristen

         


          ……………………………………                             ……………………………..
          NIP.                                                                      NIP.



Catatan  Kepala Sekolah :

……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………