KISI - KISI Ujian Sekolah SD Th.Pelajaran 2015/2016



KISI – KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
JENJANG                                      :   SEKOLAH DASAR                                                                                                                                       BENTUK SOAL                  : PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN                  :  PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN                                                                                                            JLH SOAL                    : 50 SOAL
KURIKULUM  ACUAN             :   KTSP                                                                                                                                                                ALOKASI WAKTU           :  90 MENIT                                      
                                                                                                                                                         

NO
STANDAR KOMPETENSI  LULUSAN
KOMPETENSI DASAR  YANG DIUJIKAN
KELAS / SEMESTER
MATERI POKOK/URAIAN MATERI
INDIKATOR SOAL
NO
SOAL








1






























2














































3
1.    Allah tritunggal dan Karyanya,dan nilai-nilai kristiani


























1.    Menjelaskan bahwa manusia berdosa tetapi diselamatkan  Allah melalui penebusan Yesus Kristus








































1. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia


















. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia








Menjelaskan manusia itu berdosa


Mengakui keterbatasanya sebagai manusia dan ketergantunganya pada kemahakuasaan Allah


wujud tindakan manusia yang Memahami sepenuhnya bergantung pada Allah





1.4 Mensyukuri kemahakuasaan Allah





Menjelaskan bahwa manusia itu berdosa


















Menunjukkan kerinduan untuk memohon ampun





Menjelaskan bahwa Allah adalah penyelamat manusia






1.4.Menunjukkan sikap sebagai orang yang sudah diselamatkan


.1   Memahami dan menghayati  makna ibadah






1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari  sebagai ungkapan syukur






2.1             Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah







2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai  ungkapan syukur kepada Allah


IV/I





IV/II









IV/2

IV/2











V/ 1










V/ 1













V/2














V/2

VI/ 1




















VI/1











VI /2














VI/2

1.1.1  kemahakuasaan Allah dalampenciptaan
1.Penciptaan Allah
2. Pemeliharaanalamsemesta

1.2.1.Muzizat TuhanYesus memberi makan 5000 orang
1.Mukjizat  yang dilakukan Tuhan Yesus
1.2.2 Pengakuan terhadapkuasa  Allah
1.Kuasa Allah melebihi kepandaian manusia



1.3.1.Konsep keteterbatasanmanusia
1. Musa di utusTuhan


2. Kisah di Mara

3.Manna danburungpuyuh


1.3.2Buktiketidakmampuanmanusiatanpapertolongan Allah
1. DengarpintakuTuhan   (kisah Hanna) 

1.4.1.Contoh-contoh syukurataskemahakuasaan Allah dalamberbagaikejadian
1. HatikumemujiTuhan


2. Akubersyukur




Ketidaktaatan


Kesombongan

Ketidakjujuran

Keserakahan

Tindakan Allah  terhadapdosa



Tuhan maha pengasih dan maha pengampun

Penyesalan dan permohonan ampun


Pertobatan sebagai hasil penyesalan


Memiliki sikap memaafkan


Arti keselamatan


Yesus sang juruselamat

Yesus gembala yang baik

Yesus pokok anggur yang benar

Membangun relasi dengan Allah
Peduli terhadap sesama dan lingkungan



1. Mari beribadah

2.Ibadah hariminggu di Gereja (2 Soal)


3. Nyanyiandandoadalamibadah (2 soal)


4. PemberitaanFirman di dalamibadah


5. Berbicarakepada Allah melaluidoa (1Soal)

6. Manfaat Membaca Alkitab






1. Pendengar dan pelaku Firman (2 soal)



2. Bekerjasebagaiungkapansyukur (2 soal)




3. Belajarsebagaiungkapansyukur (2 soal)      

           
4. Gunakanlahwaktumu (2 soal)






1.  Melayanidengan tulus (2 soal)


2. Menolong orang yang kesusahan (2 soal)
3. Melayani sesuai dengan talentaku (2 soal)


4. Menjadiwarga yang baik (2 soal)











5. Akumelayani


Siswa dapat:
1.      Menyebutkan urutan penciptaan
2.      Menjelaskan  tugas dan tanggung-jawab manusia terhadap ciptaanya
3.      Menyebutkan cara Yesus memberi makan  5000 orang

  4.    Menunjukkan ciptaan dan ciptaan manusia


5.    Menyebutkan yang  memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir
6.   Menjelaskan bagaimana Allah menyelamatkan bangsa Israel di Mara
 7.  Memilih dengan apa bangsa Israel di selamatkan  dari kelaparan di padangGurun


8 .   Meneladani sikap Hanna dalam menanti jawaban Doa kepada Tuhan

9    Memilihsikap yang baikdarisikap Hanna terhadapdoanya yang di kabulkanTuhan


10  Menyatakan pendapatnya terhadap sikapTuhanYesus yang  menyembuhkan dua orang buta

11. Siswa dapat menyebutkan ketaatan Adam dan Hawa di taman Eden

12. Siswa dapat menjelaskan akibat kesombongan orang-orang Babel ketika membangun menara di Sinear
13. Siswa dapat menunjukkan sikapYakub yang tidakdapat diteladani
Siswadapat menentukan salah satu ciri orang serakah

Siswadapatmengingat kembali nama suami istri yang dihukumTuhan karena membohongi Roh Kudus ketika menjual  tanah miliknya

Siswa dapat merumuskan sikap Allah terhadap manusia berdosa pada umumnya

Siswa dapat menemukan hasil dari penyesalan atas dosa yang telah dilakukan

Siswa dapat mengindentifikasi  penyebab Yunus dimuntahkan ikan di pantai

Siswa dapatmengindentifikasitindakan Yusuf terhadapsaudaranyaketikabertemu di Mesir

Siswa dapat member salah satu contoh sikap orang yang telah diselamatkan di lingkungan sekolahnya

Siswadapat merumuskan tujuan Yesus datang kedunia

Siswadapat menyebutkan salah  satu cirri gembala yang baik

Siswa dapat menyebutkan sebutan orang percaya bila Yesus sebagai pokok anggur yang benar
Siswa dapat menjelaskan  manfaat doa dalam hubungan manusiadenganTuhan
Siswa dapat menunjukkan tindakan  yang  tepat pada orang yang mengalami musibah

1.   Menyebutkan defenisi  ibadah
2.   Menjelaskan alasan umat kristen beribadah pada hari Minggu
3.   Menjelaskan tujuan datang ke gereja

4.   Membedakan fungsi nyanyian pembukaan dengan nyanyian persiapan mendengarkan Firman


5.   Menuliskan fungsi doa bagi orang Kristen

6.   Menjelaskan manfaat pemberitaan Firman Allah dalam ibadah

7.   Disajikan sebuah gambar (gbr anak bdoa) anak dapat menuliskan sikap berdoa yang baik dan benar kepada Tuhan

8.   Menyebutkan manfaat membaca Alkitab menurut 2 Tim`3: 16
9.   Menyebutkan makna menjadi pendengar dan pelaku Firman Tuhan
10.   Menyebutkan sikap seorang pendengar dan pelaku Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari

11.  Menjelaskan bentuk ungkapan syukur sebagai anak Tuhan terhadap lingkungan sekitarmu (yg kotor)

12.  Menyebutkan sikap yang baik dan benar dalam melakukan pekerjaan sehari-hari sebagai anak Tuhan

13.  Mengidentifikasi sikap yang baik dan benar sebagai anak Tuhan dalam belajar berdasarkan pengamatan tabel (1)
14.  Menyebutkan semboyan belajar sebagai ungkapan syukur
15.  Menjelaskan makna hidup disiplin sebagai pelajar

16.  Mengidentifikasi sikap belajar dari semutberdasarkan pengamatan tabel (2)
17.  Menjelaskan arti melayani dengan tulus
18.  Menyebutkan salah satu contoh melayani sesama dengan tulus
19.  Menyebutkan jenis-jesnis kesusahan orang lain yang patut kita tolong sesuai dengan Matius 25: 35-35
20.  Menjelaskan alasan bahwa orang Kristen harus menolong sesama yang kesusahan
21.  Mengidentifikasi jenis-jenis talenta yang diberikan Tuhan kepada manusia berdasarkan pengamatan tabel  (3)
22.  Menjelaskan alasan talenta yang kita miliki harus dikembangkan
23.  Menyebutkan contoh sikap menjadi warga yang baik dan benar di lingkungan tempat tinggal

24.  Menjelaskan tanggung jawab orang Kristen sebagai warga negara yang baik menurut Roma 13:1-2

25.  disajikan sebuah gambar (gbr Mother Teresa) anak dapat menyebutkan nama tokoh dalam gambar

1

2

3

4


5


6


7



8


9




10


11



12


13

14

15



16



17


18


19



20


21


22

23

24


25


26
27

28


29


30

31


32



33


34


35


36


37


38

39

40


41

42
43

44


45

46

47

48


49


50






Jakarta, ………………………
Mengetahui/ menyetujui :


Mengetahui/ menyetujui :

Penyusun Soal

PENGAWAS PAK


Kepala Sekolah




















..................................................

..............................................

...............................................
NIP.

NIP.

NIP.

0 Response to "KISI - KISI Ujian Sekolah SD Th.Pelajaran 2015/2016"

Post a Comment