JENJANG : SEKOLAH DASAR BENTUK
SOAL : PILIHAN GANDA
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN JLH SOAL :
50 SOAL
KURIKULUM
ACUAN : KTSP ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
NO
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KOMPETENSI DASAR YANG DIUJIKAN
|
KELAS / SEMESTER
|
MATERI POKOK/URAIAN MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO
SOAL
|
1
2
3
|
1.
Allah tritunggal dan Karyanya,dan nilai-nilai kristiani
1. Menjelaskan bahwa manusia berdosa
tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan
Yesus Kristus
1. Menerapkan
makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup
manusia
. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh
aktivitas hidup manusia
|
Menjelaskan manusia itu berdosa
Mengakui keterbatasanya sebagai manusia dan ketergantunganya
pada kemahakuasaan Allah
wujud tindakan manusia yang Memahami sepenuhnya
bergantung pada Allah
1.4 Mensyukuri kemahakuasaan Allah
Menjelaskan bahwa manusia itu berdosa
Menunjukkan kerinduan untuk memohon ampun
Menjelaskan bahwa Allah adalah penyelamat
manusia
1.4.Menunjukkan sikap sebagai orang yang sudah
diselamatkan
.1 Memahami
dan menghayati makna ibadah
1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur
2.1
Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah
2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai ungkapan syukur kepada Allah
|
IV/I
IV/II
IV/2
IV/2
V/ 1
V/ 1
V/2
V/2
VI/ 1
VI/1
VI /2
VI/2
|
1.1.1 kemahakuasaan Allah dalampenciptaan
1.Penciptaan
Allah
2.
Pemeliharaanalamsemesta
1.2.1.Muzizat
TuhanYesus memberi makan 5000 orang
1.Mukjizat yang dilakukan Tuhan Yesus
1.2.2
Pengakuan terhadapkuasa Allah
1.Kuasa
Allah melebihi kepandaian manusia
1.3.1.Konsep
keteterbatasanmanusia
1.
Musa di utusTuhan
2.
Kisah di Mara
3.Manna
danburungpuyuh
1.3.2Buktiketidakmampuanmanusiatanpapertolongan
Allah
1.
DengarpintakuTuhan (kisah Hanna)
1.4.1.Contoh-contoh
syukurataskemahakuasaan Allah dalamberbagaikejadian
1.
HatikumemujiTuhan
2.
Akubersyukur
Ketidaktaatan
Kesombongan
Ketidakjujuran
Keserakahan
Tindakan Allah terhadapdosa
Tuhan maha pengasih dan maha pengampun
Penyesalan dan permohonan ampun
Pertobatan sebagai hasil penyesalan
Memiliki sikap memaafkan
Arti keselamatan
Yesus sang juruselamat
Yesus gembala yang baik
Yesus pokok anggur yang benar
Membangun relasi dengan Allah
Peduli terhadap sesama dan lingkungan
1. Mari beribadah
2.Ibadah
hariminggu di Gereja (2 Soal)
3.
Nyanyiandandoadalamibadah (2 soal)
4.
PemberitaanFirman di dalamibadah
5.
Berbicarakepada Allah melaluidoa (1Soal)
6.
Manfaat Membaca Alkitab
1. Pendengar dan pelaku
Firman (2 soal)
2.
Bekerjasebagaiungkapansyukur (2 soal)
3.
Belajarsebagaiungkapansyukur (2 soal)
4.
Gunakanlahwaktumu (2 soal)
1. Melayanidengan tulus (2 soal)
2. Menolong orang
yang kesusahan (2 soal)
3. Melayani sesuai dengan talentaku
(2 soal)
4. Menjadiwarga
yang baik (2 soal)
5. Akumelayani
|
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
urutan penciptaan
2.
Menjelaskan
tugas dan tanggung-jawab manusia terhadap
ciptaanya
3.
Menyebutkan
cara Yesus memberi makan 5000 orang
4.
Menunjukkan ciptaan dan ciptaan manusia
5. Menyebutkan yang memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir
6. Menjelaskan bagaimana Allah menyelamatkan bangsa
Israel di Mara
7. Memilih
dengan apa bangsa Israel di selamatkan
dari kelaparan di padangGurun
8 . Meneladani sikap Hanna dalam menanti jawaban
Doa kepada Tuhan
9 Memilihsikap yang baikdarisikap Hanna
terhadapdoanya yang di kabulkanTuhan
10 Menyatakan pendapatnya terhadap sikapTuhanYesus
yang menyembuhkan dua orang buta
11. Siswa
dapat menyebutkan ketaatan Adam dan Hawa di taman Eden
12. Siswa
dapat menjelaskan akibat kesombongan orang-orang Babel ketika membangun menara
di Sinear
13. Siswa dapat menunjukkan sikapYakub yang
tidakdapat diteladani
Siswadapat menentukan salah satu ciri orang
serakah
Siswadapatmengingat kembali nama suami istri
yang dihukumTuhan karena membohongi Roh Kudus ketika menjual tanah miliknya
Siswa dapat merumuskan sikap Allah terhadap manusia
berdosa pada umumnya
Siswa dapat menemukan hasil dari penyesalan atas
dosa yang telah dilakukan
Siswa dapat mengindentifikasi penyebab Yunus dimuntahkan ikan di pantai
Siswa dapatmengindentifikasitindakan Yusuf
terhadapsaudaranyaketikabertemu di Mesir
Siswa dapat member salah satu contoh sikap
orang yang telah diselamatkan di lingkungan sekolahnya
Siswadapat merumuskan tujuan Yesus datang kedunia
Siswadapat menyebutkan salah satu cirri gembala yang
baik
Siswa dapat menyebutkan sebutan orang
percaya bila Yesus sebagai pokok anggur yang benar
Siswa dapat menjelaskan manfaat doa dalam hubungan manusiadenganTuhan
Siswa dapat menunjukkan tindakan yang tepat
pada orang yang mengalami musibah
1.
Menyebutkan defenisi
ibadah
2.
Menjelaskan alasan umat kristen beribadah pada hari
Minggu
3.
Menjelaskan tujuan datang ke gereja
4.
Membedakan fungsi nyanyian pembukaan dengan nyanyian
persiapan mendengarkan Firman
5.
Menuliskan fungsi doa bagi orang Kristen
6.
Menjelaskan manfaat pemberitaan Firman Allah dalam
ibadah
7.
Disajikan sebuah gambar (gbr anak bdoa) anak dapat
menuliskan sikap berdoa yang baik dan benar kepada Tuhan
8.
Menyebutkan manfaat membaca Alkitab menurut 2 Tim`3: 16
9.
Menyebutkan makna menjadi pendengar dan pelaku Firman
Tuhan
10. Menyebutkan sikap seorang pendengar dan
pelaku Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari
11. Menjelaskan
bentuk ungkapan syukur sebagai anak Tuhan terhadap lingkungan sekitarmu (yg
kotor)
12. Menyebutkan
sikap yang baik dan benar dalam melakukan pekerjaan sehari-hari sebagai anak
Tuhan
13. Mengidentifikasi
sikap yang baik dan benar sebagai anak Tuhan dalam belajar berdasarkan
pengamatan tabel (1)
14. Menyebutkan
semboyan belajar sebagai ungkapan syukur
15. Menjelaskan
makna hidup disiplin sebagai pelajar
16. Mengidentifikasi
sikap belajar dari semutberdasarkan pengamatan tabel (2)
17. Menjelaskan
arti melayani dengan tulus
18. Menyebutkan
salah satu contoh melayani sesama dengan tulus
19. Menyebutkan
jenis-jesnis kesusahan orang lain yang patut kita tolong sesuai dengan Matius
25: 35-35
20. Menjelaskan
alasan bahwa orang Kristen harus menolong sesama yang kesusahan
21. Mengidentifikasi
jenis-jenis talenta yang diberikan Tuhan kepada manusia berdasarkan
pengamatan tabel (3)
22. Menjelaskan
alasan talenta yang kita miliki harus dikembangkan
23. Menyebutkan
contoh sikap menjadi warga yang baik dan benar di lingkungan tempat tinggal
24. Menjelaskan
tanggung jawab orang Kristen sebagai warga negara yang baik menurut Roma
13:1-2
25. disajikan
sebuah gambar (gbr Mother Teresa) anak dapat menyebutkan nama tokoh dalam
gambar
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
Jakarta, ………………………
|
|||||||
Mengetahui/ menyetujui :
|
Mengetahui/ menyetujui :
|
Penyusun Soal
|
|||||
PENGAWAS PAK
|
Kepala Sekolah
|
||||||
..................................................
|
..............................................
|
...............................................
|
|||||
NIP.
|
NIP.
|
NIP.
|
0 Response to "KISI - KISI Ujian Sekolah SD Th.Pelajaran 2015/2016"
Post a Comment