KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR (SD)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
Allah Tritunggal
1.1 Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai pemberian Allah, dan menyebutkan
kegunaan anggota-anggota tubuhnya dengan berbagai cara.
|
1.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
Nilai-nilai Kristiani
2.1 Menerima dan merespons kasih Allah dengan cara mengasihi teman,
keluarganya, bersikap baik dan hormat pada keluarga.
2.2 Menerima dan mensyukuri hidup bersama dengan orang lain dengan cara
menghargai dan mengasihi teman dan orang lain yang ada di sekitarnya.
|
2.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Menerima dan mensyukuri alam ciptaan Allah melalui doa, permainan,
nyanyian dan tindakan sederhana.
|
3.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
Allah Tritunggal
1.1 Menghayati dan mensyukuri pemeliharaan Allah pada dirinya dan anggota
keluarganya melalui doa, puisi, membuat gambar atau karya sederhana.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
Nilai-nilai Kristiani
2.1 Menyebutkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana:
melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1 Menyebutkan cara menjaga kerukunan di lingkungan sekitar tempat tinggal
dengan memberi salam pada orang yang lebih tua, bermain dengan teman di
sekitar rumah dalam suasana damai dan harmonis.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menerapkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana:
melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya.
4.2 Menerima dan menerapkan hidup rukun di sekolah dengan cara menjaga
ketenangan dan disiplin di kelas.
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
Allah Tritunggal
1.1
Menerima dan memahami kehadiran
Allah dalam peristiwa-peristiwa alam.
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
Nilai – nilai Kristiani
2.1 Menghayati dan mensyukuri kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa
sebagai pemberian Allah.
2.2 Menghargai dan mengasihi sesama manusia dalam berbagai perbedaan serta
menolong orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan pertolongan.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami kehadiran Allah melalui keberagaman flora, fauna dan iklim di
sekitarnya, dengan cara mencari dan menemukan dari berbagai sumber.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Memelihara alam ciptaan Allah di sekitarnya dengan menyiram tanaman,
membuat karangan sederhana atau puisi tentang memelihara alam.
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
Allah Tritunggal
1.1 Memahami kemaha-kuasaan Allah dalam berbagai peristiwa kehidupan: ulang tahun, gagal, dan
sukses
1.2 Memahami dan mengakui keterbatasan dirinya sebagai manusia.
Nilai-nilai Kristiani
1.3 Menghayati dan mensyukuri kebergantungannya pada kemahakuasaan Allah.
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menghayati dan menerapkan komitmen sebagai orang yang percaya kepada
kemaha-kuasaan Allah
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
Allah Tritunggal
1.1 Menjelaskan bahwa manusia berdosa telah diselamatkan oleh Yesus Kristus.
1.2 Menjelaskan peran Roh Kudus dalam proses pertobatan dengan belajar dari
tokoh Alkitab.
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menerapkan hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan dengan cara
menjadi teladan bagi orang lain.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
Nilai-nilai Kristiani
3.1 Menyebutkan ciri-ciri orang yang sudah bertobat: hidup jujur dan benar di
hadapan Allah dan sesama.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
Nilai-nilai Kristiani
4.1 Membuat refleksi tentang pertobatan manusia melalui puisi atau doa.
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
Allah Tritunggal
1.1 Menjelaskan dan menghayati hakekat ibadah dengan cara membiasakan diri
mengikuti ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab.
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
Nilai-nilai Kristiani
2.1 Mengamalkan sikap melayani sesama sebagai ungkapan ibadah kepada Allah.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengevaluasi perwujudan ibadah sejati dalam sikap hidup sehari-hari
melalui refleksi dan penilaian diri
|
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN DASAR SD KURIKULUM 2013 "
Post a Comment