RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan                     : SD
.......................
Mata
Pelajaran                           : Pendidikan
Agama ……………..
Kelas/Semester                             : 1/1
Materi
Pokok                                 : SAYA MEMILIKI MACAM-MACAM ANGGOTA TUBUH
A.      
Kompetensi Inti
KI 1     :     Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2    :     Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,   teman dan guru
KI 3    :     Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4    :     Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia 
B.      
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
| 
NO | 
KOMPETENSI  DASAR | 
INDIKATOR
  PENCAPAIAN KOMPETENSI | 
| 
1 | 
1.1          
  Mensyukuri identitas
  diri yang khas sebagai anugerah Allah  
2.1          
  Santun dan
  percaya diri terhadap identitasnya  | 
1.1.1               
  Menyadari dirinya
  sebagai pemberian dari Tuhan lewat nyanyian yang bertemakan Anggota tubuh. 
2.1.1              
   Membangun kepercayaan
  diri
  dengan memperunjukan anggota tubuhnya | 
|  | 
3.1         
  Mengenal
  identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya 
4.1.      Mengungkapkan rasa syukur melalui doa atas anugerah
  identitas dirinya yang khas | 
3.1.1    Mengenal dirinya yang khas  sebagai anugerah dari Allah, lewat bermain
  peran 
4.1.1          
  Membuat doa syukur
  atas anggota tubuh  yang dianugerahkan
  Tuhan | 
C.     
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik dapat:
-         
Mensyukuri identitas dirinya sebagai suatu anugerah
dari Tuhan
-         
Menuliskan
nama-nama  semua  nggota 
tubuh  yang  dimiliki
-         
Menjelaskan
bahwa seluruh  anggota  tubuh 
adalah  ciptaan Tuhan
-         
Menggambar   anggota 
tubuh  manusia.
-         
Mengucapkan  doa 
syukur  karena Tuhan  mengaruniakan anggota tubuh.
D.    
MATERI
PEMBELAJARAN
Anggota Tubuh manusia
E.     
METODE
PEMBELAJARAN
-         
Ceramah
-         
Tanyajawab
-         
Cerita
-         
Pemberian
Tugas
-         
Sosiodrama
F.   
 SUMBER BELAJAR
·       Alkitab Kej 1:26-27.
·       Cerita tentang
kesombongan anggota tubuh, misalnya cerita “Tangan
yang 
Sombong.”
·       Menyanyikan lagu
tentang anggota tubuh, misalnya lagu “Anggota Tubuhku”
Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus. Menjadi Murid Yesus.
Pendidikan Agama Katolik Sekolah Dasar Kelas 1. Buku Guru  dan Buku Siswa Kelas  I, 
Kanisius,  Yogyakarta, 2004.
G.    
MEDIA PEMBELAJARAN
·               
Gambar Anggota tubuh. 
·               
Peserta didik dan guru.
H.    
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.Pendahuluan  (10  menit )
a.       
Berdoa 
Doa pembuka
pelajaran:
Tuhan Bapa di surga. Kami 
haturkan selamat pagi kepada-Mu. Terima kasih ya Bapa,  Engkau 
telah  menyertai  kami 
satu  persatu  ke sekolah ini. Berkatilah  kami semua 
yang  di kelas  ini. Supaya 
dengan berkatMU dan penyertaanMU kami boleh belajar sungguh-sungguh.  Sekarang dan selama-lamanya. Amin
2.        
Apersepsi: Guru memberikan pertanyaan tentang anggota
tubuh
-         
Siapa   sajakah  
yang  tinggal  bersamamu 
di  rumah?  (mama,papa,adik,kakak,opa,nenek)
-         
Ada  berapa 
orang  semuanya? (sesuai  jawaban 
anak  a.l.  6)
-         
Kalau  kamu 
nakal   apakah  bapak/ibu  
memarahi  kamu? (  ya)
-         
Saat  bapak/ibu 
menyapa, mengeluarkan kata-kata 
pakai  apa?  (mulut)
Memberikan   penegasan 
tentang  anggota  yang 
tinggal  di rumah, a.l:
Anak-anak  tinggal 
di rumah tentu  bersama  bapak, ibu, kakak, adik dan opa atupun oma.  Mereka semua adalah  anggota 
keluarga. Kalau  dihiutung  semua 
±  ada  6 
anggota  keluarga.
3.        
Guru mengajak
peserta didik masing-masing  untuk
menunjukan salah satu angota tubuhnya.
2.    Kegiatan inti
(25 menit)
a.     
Mengamati
-         
Peserta didik bersama-sama mengamati gambar anggota
tubuh yang disediakan oleh guru. 

b.      Menanya
-         
Peserta didik diminta 
saling bertanya dengan teman sebangku secara bergantian tentang nama dan
fungsi anggota tubuh yang dimiliki
c.          Mengumpulkan data
-         
Peserta didik diminta menuliskan masing-masing nama
anggota tubuhnya dan fungsinya masing-masing
-         
Peserta didik diminta mendengarkan cerita tentang
tangan yang sombong
TANGAN YANG SOMBONG
Pada suatu hari kedua tangan berkata ”Akulah yang paling
berjasa diantara anggota tubuh. Jika mau mengambil sesuatu pasti minta tolong
padaku.  Apalagi kalau mau makan,
tentulah aku yang memasukan makanan ke mulut.” kemudian, si mulut menyahut,
”Apa katamu, hai tangan yang sombong ? Biarpun kamu mengaku berjasa, tetapi
jika tidak ada aku si mulut mungil ini, mana bisa makanan itu masuk ke perut!
Karena itu akupun berjasa pula.”  Kedua
kaki pun tidak ketinggalan dan berkata kamu semua tidak bisa pergi kemana-mana
jika kedua kaki sedang sakit dan tidak bisa berjalan. Sebab hanya dengan kedua
kaki kamu dapat ke sekolah, ke pasar, dan melompat-lompat. Aku juga berjasa!
Mendengar itu semua, kedua matapun ikut-ikutan
berkata,”Hai kawan-kawan, tangan, mulut, dan kaki. Kamu semua harus ingat .
kamu tidak bisa pergi kemanapun jika tidak mempunyai kedua mata. Walaupun dapat
makan, berjalan, dan memgang sesuatu, tetapi kamu bisa masuk lobang jika tidak
kutolong  dengan kedua mata.
Mendramatisasikan 
peranan Kaki, Tangan, Mulut  dan
Mata. Guru  menunjuk  4 murid 
untuk  mengucapkan  kalimat-kalimat  peran  
Tangan, Mulut, Kaki  dan  Mata. 
 
|  | 
                                           (sambil 
mengangkat  kedua  tangan) 
”Aku  adalah  tangan. Akulah                           yang  paling 
berjasa. Sebab  hanya   melalui  
akulah   makanan 
   masuk                         masuk  ke 
mulut.”


                                        ”Hai,
tangan yang  sombong, janganlah  mengira kamu yang  ber- 
berjasa                           
jasa! Lihat, (sambil  menunjuk 
mulutnya) akulah  yang  berjasa .
                                         Sebab
melalui  mulut, makanan dapat  masuk 
ke  dalam   perut!”

 (Sambil 
terawa)   Ha, ha,  ha,  ha
...!    Jangan mengaku paling
                                          (Sambil 
terawa)   Ha, ha,  ha,  ha
...!    Jangan mengaku paling
                                          
Berjasa. Ingat, hanya  
dengan  kaki   kamu  
bisa    ke  sekolah 
                                          
Dan  bermain. Kalau  kaki 
sakit, kamu tidak  bisa pergi   ke      
                                           mana-mana . Jadi,
akulah  yang  berjasa. Ha, 
ha,  ha... (sambil  
                                            berjingkat-jingkrat).

 (sambil 
menunjuk  kepada  tiga 
temannya   tadi)  ”Hai  
tangan
                                             (sambil 
menunjuk  kepada  tiga 
temannya   tadi)  ”Hai  
tangan
                                            
hai   mulut, dan hai  kamu 
kaki!  Jaangan sok  sombong, ya! 
                                            
Biar  punya tan gan, biar  punya  
mulut, biar  kaki, tetapi   jika  
                                             Tidak  punya 
mata, kamu tidak  dapat  kemana-mana. Kamu     
                                            
Dapat   masuk  lobang karena 
tidak  bisa  melihat. Jadi, akulah   
                                             Yang 
berjasa.”
d.    
Mengasosiasi
-         
Peserta didik diminta bekerja sama membuat kesimpulan
tentang nama dan fungsi anggota tubuh
-         
Peserta didik diajak mendiskusikan arti anggota tubuh
sebagai anugerah dari Tuhan
e.     
   Mengomunikasi
-         
Peserta didik diminta menemukan fungsi dari
masing-masing anggota tubuh dengan maju di depan kelas secara bergantian sesuai
arahan Guru.
 
“Hati-hati gunakan anggota tubuh”
1.              Mata
Hati-hati gunakan matamu
Hati-hati gunakan matamu
Karena Bapak di Surga melihat penuh
cinta
Hati-hati gunakan matamu
2.              Mulut
3.              Tangan
4.             Kaki
3.            
Penutup (10 menit)
a. Peserta
didik menerima tugas Guru untuk menggambar salah anggota   tubuh dan menuliskan fungsinya
b.   Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur
kepada Allah
         Menyanyikan
Lagu anggota tubuhku.
 
“Hati-hati gunakan anggota tubuh”
1.      
Mata
Hati-hati
gunakan matamu
Hati-hati
gunakan matamu
Karena Bapak
di Surga melihat penuh cinta
Hati-hati
gunakan matamu
2. 
Mulut
3. 
Tangan
4. 
Kaki
c.    Berdoa
bersama dipimpin peserta didik sebagai ucapan terimakasih kepada Allah.
       Tuhan Allah yang maha baik, kami
bersyukur dan berterimakasih kepadaMU, karena Engkau sudah  memberi kepada kami anggota tubuh sebagai
anugerah dari MU. Semoga kami dapat mengunakan masing-masing anggota tubuh kami
dengan baik sesuai dengan kehendakMU, demi kemuliaan namaMU. Amin.
I.       
Penilaian
1.       
Sikap spiritual
a.     
Teknik Penilaian : Observasi
b.     
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.      
Kisi-kisi
| 
No | 
Sikap/nilai | 
Butir
  Instrumen | 
| 
1 | 
Berdoa
  mandiri | 
Buatlah
  sebuah doa permohonan syukur atas anugerah Tuhan melalui anggota tubuh yang
  diberikan | 
| 
2 | 
Kreativitas | 
Sebutkan
  nama dan fungsi anggota tubuh yang dimiliki oleh teman sebangkumu | 
| 
3 | 
Bertanggung
  jawab | 
Menyebut anggota tbuh dan
  fungsinya | 
Instrumen : lihat Lampiran 2
2.     
Sikap social
a.     
Teknik Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman)
b.     
Bentuk Instrumen : Daftar Pernyataan
c.      
Kisi-kisi :
| 
No | 
Sikap/nilai | 
Butir
  Instrumen | 
| 
1 | 
Kerjasama | 
Mau
  mendengarkan teman sebangku | 
| 
2 | 
Kedisiplinan | 
Senantiasa
  berdoa sebelum memulai pembelajaran | 
| 
3 | 
Tanggung
  Jawab | 
Menolong
  teman yang membutuhkan bantuan,  
  misalnya yang sakit, atau yang haus,  
  dan juga yang lapar. | 
Instrumen : lihat Lampiran 2
3.     
Pengetahuan
a.     
Teknik Penilaian : Tes tertulis
b.     
Bentuk Instrumen: Uraian
c.      
Kisi-kisi :
| 
No | 
Indikator | 
Butir
  Instrumen | 
| 
1 | 
Mengetahui
  Nama anggota tubuh | 
Sebutkan
  nama anggota tubuh sesuai gambar yang ditunjukkan oleh guru | 
| 
2 | 
Mengerti fungsi
  anggota tubuh | 
Jelaskan Fungsi
  masing-masing anggota tubuh | 
|  |  |  | 
Instrumen : lihat Lampiran 1
4.     
Ketrampilan
a.     
Teknik Penilaian : Penilaian 
b.     
Bentuk Instrumen: 
c.      
Kisi-kisi :
| 
No | 
Keterampilan | 
Butir
  Instrumen | 
| 
1 | 
Mempraktikkan
  nilai tanggung jawab | 
Praktikkan
  perilaku tanggungjawab penggunaan anggota tubuh sebagai bentuk respons  | 
Instrumen : lihat lampiran 
                                                                                                                                           Kota, tanggal                  2014  Mengetahui                                                                                       
Kepala Sekolah                                                                                                             Guru
Mata Pelajaran
Nama Kepala
Sekolah                                                                                        Nama
Guru Pengajar                                                
Lampiran 1: Intrumen Penilaian
Nama      :  ……..
Kelas       :  ……..
| 
No | 
Instrumen | 
Kunci Jawaban | 
| 
1. | 
Sebutkan bagian anggota tubuh yang
  dimiliki | 
Bagian anggota tubuh yang dimiliki
  antara lain: mata, hidung, telinga, tangan, mulut, dan kaki  | 
| 
2. | 
Jelaskan fungsinya | 
Mata untuk melihat yang baik,
  hidung untuk mencium, telinga untuk mendengar, mulut untuk berbicara dan kaki
  untuk berjalan | 
Lampiran 2: Rubrik Penilaian
Contoh
Penilaian Kualitatif  : 
| 
No | 
Nama Peserta
  didik | 
Aspek yang
  nilai | 
Skor | 
N | 
K | |||||||
| 
Berdoa
  Mandiri | 
Tanggung
  Jawab | |||||||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | |||||
| 
1 | 
Alicia Pentury |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2 | 
Amatus Resubun |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
3 | 
Dave A. Sitania |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
4 | 
Elis D. Filomena |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
5 | 
Filadelphia Lasol |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
6 | 
Gabriel Saparuane |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
7 | 
Ivander Choesni |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
8 | 
Jevandri Eirumkuy |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
9 | 
Kristo Bahy |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
10 | 
Robby Lumitihunisa |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
11 | 
Virginia Apitula |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
12 | 
Winnerman Job Sesa |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  |  | 
Keterangan               :
1. Masing-masing indikator penilaian di atas memiliki
bobot sebagai berikut
a.       
SB (Sangat Baik)   dengan nilai 4
b.      
B  
(Baik)           dengan nilai 
3
c.       
C  
(Cukup)           dengan nilai 2
d.      
K   
(Kurang)        dengan nilai  1
2. Rentang nilai
| 
Jumlah skor | 
Nilai | 
Kriteria | 
| 
       8 | 
100 | 
(A) Sangat Baik  | 
| 
       7 | 
87,5 | 
 (B) Baik | 
| 
       6 | 
75 | 
 (C) Cukup | 
| 
<
  5 | 
0-65 | 
 (D) Kurang | 
Rumus
Penilaian:
Nilai = Jumlah
skor       x 100 
           Skor maksimal
Contoh:
Nilai = 7
 x 100
             8
Nilai = 87.5
è B
                                                                                           
Piru, 24 April  2014  
                      
MENGETAHUI                                         
            KEPALA   SEKOLAH                                             
GURU   MATA PELAJARAN
            Sr.
Anastasia Ninda Mila JMJ. S.Pd                         Sr. Anastasia Ninda
Mila JMJ. S.Pd 
Pak, ada gak rpp kurikulum 2013 sd kelas 2,4, dan 6? terimaksi
ReplyDeleteada file yg bisa didownload ya Pak? TYM
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThank you pak, Untuk bahannya,
ReplyDeletePak, boleh saya minta RPP dan Silabus KTSP Pendidikan Agama Kristen SD kelas 4, 5 dan 6 ke alamat email di rheiga77@ymail.com Terimakasih banyak, Tuhan memberkati
ReplyDeleteTerima kasih ☺
ReplyDeleterpp niku ndamel kiambak..ampun nyuwun tiang nopo malih download.. sing ndamel tiang sanes padahal sekolahane benten-benten..mesakke muridte..hahahaha
ReplyDeletepak bisa saya minta rpp dan silabus bapak ini email saya pak wiragurusinga@gmail.com
ReplyDeletepak minta rpp Kulikulum 2013 klas 2 - 6.... yustusboky@ymail.com
ReplyDeletemakasih Tuhan memberkati .....
Sylm.pk bsa minta rrp k13 kls 2-6
DeleteSyalom. Saya hanya berbagi contoh RPP untuk dikembangkan dan dibuat oleh masing2 guru PAK. Semoga bermanfaat! GBU. Selamat melayani!
ReplyDeleteshaloom pak,, pak sy minta rpp dn silbus k 13 lah untuk kls 1-6 ke email sy:vitasihombing700@gmail.com. Gbu Pak,,,
ReplyDeleteSyalomm pak,...
ReplyDeletepak minta bantu pak dikirim RPP dan SILABUS K-13 Agama Kristen (PAK) Revisi 2017/2018 tingkat SD kelas III ( tiga ). Email saya pak : Hendra_Huloe@yahoo.co.id
syalom pak, salam dari kasih kristus
ReplyDeletePak minta bantu pak dikirim RPP dan SILABUS K-13 Agama Kristen (PAK) Revisi 2017/2018 tingkat SD kelas I-5 ( tiga ). Email saya pak : tandilangieka@gmail.com. terima kasih sebelumnya pak GBU
shalom,bersyukur kpd Tuhan oleh krn hambanya mau berbagi pengetahuan. kami mohon dikirimkan rpp dan silabus K-13 utk mata pelajaran Pendidikan agama kristen dan budi pekerti tingkat SD kelas 1-6 ke email saya yaitu: kettysumarlina2@gmail.com
ReplyDeleteUdah dapat RPPnya??
Deleteshalom, selamat malam pak.
ReplyDeletetolong kirim silabus dan rpp kelas 1-6 sd
ke onekhesizega23@gmail.com
terimakasih sebelumnya ya pak.
Tuhan Yesus memberkati
Pak .syalom .tolong dikirimkan rpp dan silabus agama Kristen dari TK sampai smp kurtilas.ke email saya :Leoambar136@gmail.com.trims.
ReplyDeletesyalom pak, mohon bantuannya untuk mengirimkan rpp dan silabus agama kristen kls 1-6 sd di gizzelafeigf@gmail.com..trimaksih
ReplyDeleteSyalom pak
ReplyDeleteMohon bantuannya untuk mengirimkan rpp dan silabus agama kristen klas 1 sampai 6 sd trimakasih
Syalom pak , mohon bantuannya untuk mengirimkan rpp dan silabus agama kristen klas 1 - 6 sd di titikrustiyanti64@gmail.com trimakasih
ReplyDeleteApa sdh di krm oleh bapaknya?
Deletesyalom pak.bisa tolong kirimkan rpp dan silabus untuk kelas 5 sd
ReplyDeletealamtnya helmy.runga@gmail.com
ReplyDeleteSyalom pak , mohon bantuannya untuk mengirimkan rpp dan silabus agama kristen klas 1 - 6 sd di mikaelsakan@gmail.com trimakasih
ReplyDeleteSyalom...met malam...bapak maaf mengganggu waktunya...apakah boleh minta dikirim RPP dan Silabusnya pak...untuk sd pak...makasih
ReplyDeleteadesyeni@yahoo.com...my email
Deletemohon bantuanya untuk mengirimkan rpp dan sialbus kelas 3-6. kristiyantoraharjo96849@gmail.com. terima kasih
ReplyDeleteSaya ada perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Kristen K-13 SMP,silahkan krm pesan ke gmail saya. terimakasih. GBU
ReplyDeletekoresydj@gmail.com atau cyrus_sofie@yahoo.com
ReplyDeletePak boleh minta RPP Kelas 4 ini alamat email saya kristianitiani78@gmail.com
ReplyDeletePak boleh minta RPP PAK Sd kelas 1sd 6 ma Silabus di kirim melalui email saya.. maretihia@gmail.com
ReplyDeleteNi email xa pak...
ReplyDeletemaretihia1995@gmail.com
Boleh minta silabus dan rpp pelajaran agama kristen SD kelas 1 dan 2.
ReplyDeleteEmail saya lenasadikin@gmail.com
Tks
Pak mohon bantuannya, bisa gak di share silabus dan RPP pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Yg revisi SD kelas 1 sampai 6.Email saya fy0578238@gmail.com. Makasih sebelumnya. Tuhan Yesus memberkati
ReplyDeleteseperti apa rppyang lain
DeleteSyalom pak...mohon bantuannya bisakah saya minta RPP kls 1 sampai 6 pak?ini email saya yanti.plk81@gmail.com
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSyalom... bsa tambah silabus, pemetaan, KI dan KD, Prota, Prosem dan analisa KD ya pak
ReplyDeleteSyalom,
ReplyDeleteMohon bantuannya supaya dikirim via email untuk Silabus dan RPP kelas 1-6. Terimakasih. TYm
https://www.tokopedia.com/lapakbambu/etalase/rpp-agama-kristen
DeletePak mohon bantuannya Untuk RPP KLS 1 sampai 6 via delihondro@gmail.com
ReplyDeletehttps://www.tokopedia.com/lapakbambu?nref=shpside
Deletehttps://www.tokopedia.com/lapakbambu/etalase/rpp-agama-kristen
ReplyDeleteShalom pak,boleh sy mnta RPP agama kristen edisi revisi 2017 K13 "Tuhan Penjagaku 1 & 2" utk kls 1 dan 2...makasi byk ats bntuannya ya pak seblmnya n klo blh dikirimkan ke alamat email sy ini maulinamaminyakimy@gmail.com
ReplyDeleteSyalom, mohon bantuannya untuk mengirimkan rpp sd k13 pendidikan agama kristen dan budi pekerti ke email poimaagry@gmail.com, terimakasih
ReplyDeleteSelamat siang pak, boleh Minta RPP pendidikan agama kristen dan budi pekerti kelas 1-6 refisi 2018 ke email saya
ReplyDeleteDincepakpahan5539@gmail.com terimakasih
syalom, slamat sore pak, mohon bantuan, boleh minta RPP SD K13 pendidikan agama kristen dan budi pekerti Kelas 1-6 refisi 2018 ke email saya kristinalidia79@yahoo.co.id terimakasih Tuhan Memberkati.
ReplyDeleteSyalom pak bisa kirim rpp k13 terbaru ke email Awetgakil12345@gmail.com, terima kasih
ReplyDeleteUntuk sd ya pak
ReplyDeleteKelas 1-6
DeleteSyalom pak, bisa kirim RPP k13 agama kristen kls 1-6 SD.
ReplyDeletekirim ke email ini ( yeijiro168@gmail.com ). Trima kasih sebelumnya. Tuhan Yesus Memberkati
Syalomm pak bisa kirim RPP k13 agama kristen kls 1-6 SD. kirim ke email korwanoko 11@gmail.com.trims.tuhan memberkati
ReplyDeleteTolong rpp silabus pendidikan agama kristen k.13.kls 4.5.6. Revisi 2018 .permendikbud no 37.
ReplyDeleteTrimakasih
Syalom pak..
ReplyDeleteBs kirim rpp k13 agam kristen kas 1-6 ke email posmasondang.sitio@yahoo.com
Trimakasih
Pak adakah rpp 1 lembar ..yang sekarang kls 1sampai 6 utk semester 2
ReplyDeleteSelamat pagi pak, boleh minta RPP pendidikan agama kristen dan budi pekerti kelas 1-6 semester 2 k13 ke email saya
ReplyDeletenovelapriyanti01@gmail.com.
Terimakasih sebelumnya
Syaloom pak
ReplyDeleteMohon bantuannya tolong pak kirim RPP kelas 1 sampai kelas 6 semester 1 dan 2 K13 ke alamat ini : merliapurba31@gmail.com
Syalomm pak bisa kirim RPP k13 agama kristen kls 1-6 SD. kirim ke email trifosaangrh@gmail.com.trims.tuhan memberkati
ReplyDelete
ReplyDeleteSyalomm pak bisa kirim RPP k13 agama kristen kls 1-6 SD. kirim ke email pintorsimamora@yahoo.com.trims.tuhan
shalom pak, maaf ganggu. bole minta tolong kirimkan RPP Agama Kristen Kelas 2 SD ke email saya sisnasukamtos@gmail.com. terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.
ReplyDeleteSHALOM PAK,MAAF,,,BISA MINTA RPP KELAS 1-3 SD AGAMA KRISTEN.KIRIM KE EMAIL SAYA sisnasukamtos@gmail.com.TERIMA KASIH,TUHAN YESUS MEMBERKATI.
ReplyDeleteSyalom..bisakah saya minya RPP K13 kelas 1-6 Agama Kristen... email sqya friskasilalahi81@gmail.com
ReplyDeleteShalom bisakah saya minta RPP nya k13 agama Kristen kelas 1-6? Kirim ke jefrismart86@gmail.com.. terimakasih
ReplyDeletesyalom pak., apakah bole minta tolong kirim Rpp Semester2 untuk SD kelas 1-6 ? eretmalelak166@gmail.com
ReplyDeleteSyalom pak, bolehkah saya minta rpp agama kristen kelas 1-6?
ReplyDeleteEmail saya: hendysipahutar@yahoo.com
Trimakasih
shalom, apakah boleh saya minta rpp kelas 1-6 ?
ReplyDeleteemail saya: todingallodaria@gmail.com
terimakasih
Syalom, apakah boleh saya minta RPP dan Silabus Terbaru Sekolah Dasar. Email saya sdn21manado@gmail.com
ReplyDeleteShallom, apakah sya boleh minta RPP, SILABUS SD dan soal agama Kristen, kelas 1-6,. Email sya stevanusrakinaung8@gmail.com
ReplyDeleteTrimah kasih sebelumnya 🙏
Syalom, bolehka saya minta dikirimkan silabus dan rpp pendidkkan agama kristen SD kelas 1-5. Dikirim ke email saya bindycantik25@gmail.com
ReplyDeleteSebelumya terima kasih
Shalom pak,boleh saya minta tolong dikirimkan rpp dan silabus kelas kelas 6 sd k 13 sudah revisi pendidikan agama Kristen pak?
ReplyDeleteDikirim ke email saya, enihayatisilaban123@gmail.com
Syalom, bolehka saya minta dikirimkan silabus dan rpp pendidkkan agama kristen SD kelas 6 Dikirim ke email saya enihayatisilaban123@gmail.com
ReplyDeleteSebelumya terima kasih
Syaloom pak, tolong kirim RPP dan Silabus K-13 ke @.mail Korwanoko 11@.mail.com.Terima kasih
ReplyDeleteSyalom Pak.mohon bantuanya.bisa kirim RPP dan silbus k13 pendidikan agama kristen dan budi pekerti Untuk SD kelas 1 - 6 di email saya.bainyahya3@gmai.com..makasi sebelumnya
ReplyDeletesyalom, boleh saya minta RPP k13 untuk kela 1-6 sd. Email surbaktisridarmayanti@gmail.com
ReplyDelete